Dampak Dari Desain Rupiah Baru

  • Whatsapp
sumber foto: bintang.com

Rupiah kini ganti design baru! Di samping semakin kece, pengaman untuk semakin sulit dipalsukan juga sudah memiliki banyak kemajuan dibanding cetakan yang sebelumnya.  Tapi nanti gimana sama uang yang kamu punya sekarang? Ada dampaknya nggak sih? Analis Pasar Uang PT Bank Mandiri Tbk, Rully Arya Wisnubroto, memperkirakan kebijakan ini tidak akan berpengaruh terhadap laju kurs rupiah. Analis Reny Eka Putri juga menyebutkan, inflasi masih terkontrol di level yang rendah (di bawah 4%), dan dampaknya ke market pun tidak terlalu signifikan. Walaupun tak akan ada pengaruh besar, Tapi tetep saja ada dampak-dampak yang luput dari perkiraan pemerintah. Misalnya seperti berikut:

Berburu Duit Baru

Read More

Begitu masyarakat tahu ada atm yang menegluarkan duit dengan desain baru, bisa dipastikan akan banyak orang yang memilih tarik tunai di sana. Mereka pun nggak akan ragu untuk mengantre panjang sampe ke parkiran. Kebayang deh kayak gimana. Kebiasaan warga Indonesia yang tidak mau ketinggalan hal-hal terkini, berburu duit baru ini seperti sudah menjadi agenda yang harus dilakukan. Nah, selain dari dampak berburu duit baru yang semakin ramai, kamu harus waspada terhadap tindak kejahatan yang berkesempatan melancarkan aksinya di sela-sela kesibukan kamu antre. Pada saat seperti ini, mereka biasanya akan bergerak diam-diam diantara kerumunan orang yang sedang sibuk ataupun menggunakan metode hipnotis. Tetap waspada, ya.

Viral di Sosial Media

Tidak hanya dicari, uang dengan desain terbaru juga menjadi incaran untuk diunggah ke sosial media. Biar hits. Nah, ini juga yang menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia jika sudah menyangkut memviralkan suatu hal ke sosial media. Bagi netizen yang aktif bersosial media, kegiatan update postingan ini menjadi kewajiban dan konsumsi sehari-hari. Jadi tidak heran, jika dalam hitungan jam setelah dikabarkan rupiah sudah bisa ditukar, netizen Indonesia berbondong-bondong untuk update ke akun media sosialnya.

Pamer Koleksi

Dikoleksi. Begitu juga hal nya yang terjadi dengan uang-uang lama? Bukan cuma sebagai alat kenangan, tapi juga bisa digunakan jika suatu saat ingin dijual. Konon, harga uang lama akan naik seiring dengan banyaknya uang dengan model dan desain baru. Biasanya, kolektor benda antik yang paling sering membeli uang lama ini. Ada yang udah pernah jual uang lama? Jika dikoleksi pun, uang ini tentunya akan memberikan kebanggan tersendiri, terutama jika kamu memang doyan pamer.

sumber foto: tribunnews.com

Menjamurnya Jasa Tukar Uang

Ada yang legal, ada juga yang ilegal. Pasti banyak juga bertebaran nih calo-calo penukar uang. Indonesia juga memiliki ciri khas dimana ada tempat ramai yang memakan waktu untuk antri, disitulah para calo-calo illegal ini beraksi. Memang sih memudahkan yang empunya urusan untuk menyelesaian urusannya, tapi tentu saja mereka ada bayarannya. Biasanya bayaran mereka jauh lebih mahal daripada biaya administrasi untuk menyelesaikan urusan kamu yang sebenarnya bisa kamu urus sendiri, hanya karena kamu tak terbiasa dengan budaya antri.

Mas Kawin Dengan Uang Baru

Namanya juga ingin beda dengan yang lain. Jadi nanti ketika frame-nya dipajang di ruang tamu, akan terlihat cantik. Begitu pun dengan unggahan di sosmed yang tentunya akan memberikan vibe sendiri untuk akun dan eksistensi di dunia maya. Semakin lama banyak pasangan yang semakin kreatif dan banyak pula para creator kerajinan tangan untuk membuat hal-hal seperti ini demi menarik minat pasar. Kalau yang satu ini sih jadi buat keuntungan bagi penjual, ya. Para pasangan calon pengantin pun akan semakin happy karena mas kawin mereka jadi lebih kece karena uang baru yang warnanya dan design-nya lebih kontras daripada yang sebelumnya.

Jadi Lebih Hemat

Bukan kebiasaan baru jika mendapat duit baru, pasti akan disayang-sayang untuk dibelanjakan.  Apalagi kalo masih kaku dan bentuknya bagus, makin sayang buat dibelanjain. Terlebih kamu pasti sayang banget menukar uang baru ini untuk bayar parkir. Mending uangnya kamu puas-puasin dulu untukkoleksi. Selain tukang parkir untuk belanja hal lain kamu juga lebih menahan diri untuk memberikannya dan malah lebih memilih menukarnya dengan uang lama. Nah, jadi bikin kamu hemat dalam berbelanja, kan?

Jokes Uang Baru

“Uang baru nggak ada gunanya kalo saldo cuma cukup untuk bayar administrasi transfer antar bank.”

“Uang baru biasa aja, nggak ada gambar kamunya, padahal kamu kan pahlawannya akoohhhh.”

Nah, jokes seperti di atas biasanya banyak dikeluarkan oleh netizen-netizen kreatif dalam merangkai kata untuk menyebarkannya di media sosial masing-masing. Ini juga tipikal orang Indonesia banget. Setiap ada hal baru, pasti langsung dibuat parodi. Selama hal ini menghibur dan tak melanggar hukum, masih sah sah saja kan? ***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *