Dame Diarnita Sianipar, Nikmatilah Setiap Kesempatan Yang Ada

  • Whatsapp

Dame Diarnita Sianipar

Dame Diarnita Sianipar adalah salah satu mahasiswa jurusan Sastra Inggris di Universitas Sumatera Utara (USU). Dame begitu panggilannya, wanita kelahiran 8 Juni 1994 ini merupakan salah satu mahasiswa USU yang terpilih sebagai XL Future Leader yang diadakan pada tahun 2014 lalu. Dame Diarnita Sianipar merupakan anak pertama dari pasangan H. Simanjuntak dan B. Sianipar. Dame Diarnita Sianipar saat ini bertempat tinggal di Jalan Pembangunan Helvetia, Medan bersama orangtua dan adik-adiknya. Lahir dari keluarga yang peduli dengan pendidikan mengantarkannya untuk menuntut ilmu hingga perguruan tinggi.

Read More

Meskipun tidak mendapatkan predikat cum luade, namun sejuta prestasi dan aktif dalam kegiatan sosial sudah menjadi pelengkap serta penghibur ketika melihat nilai di KHS (Kartu Hasil Semester) tidak sebaik yang dibayangkan. Dame merupakan salah satu mahasiswa yang terkenal dengan keaktifannya dalam kepanitian acara yang diadakan di USU. Selama Dame berkuliah dia tidak pernah membuang-buang waktu hanya untuk yang tidak jelas manfaatya. Memiliki prinsip hidup yang kuat dan tangguh adalah ciri khas dari seorang Dame Diarnita Sianipar.

Pada saat Dame berada di semester 4 bangku kuliah, Dame mencoba iseng-iseng medaftarkan siri sebagai peserta XL Future Leader yang diadakan oleh XL sebagai bentuk berbakti untuk Negeri. Dalam kegiatan ini, XL mencari para pemuda-pemudi yang memiliki kompetensi untuk membangun Negeri menjadi lebih baik lagi. Tanpa disangka, dengan hanya sekedar iseng ternyata membawa Dame untuk menjadi lebih membanggakan bagi kedua orangtua dan keluarganya. Dame terpilih masuk untuk mengikuti program XL Future Leader yang diadakan selama 2 tahun setelah ujian seleksi selesai.

Bakat dan prestasi dari Dame Diarnita Sianipar sudah terbentuk sejak dia menginjak di usia 3 tahun. Kemampuannya dalam berhitung dan menghafal abjad di usia 3 tahun dapat diacungi jempol. Prestasinya selama menginjak di SD juga tak kalah menakjubkan, Dame selalu meraih peringkat pertama selama dia menjalankan pendidikan di SD. Lanjut di SMP pun begitu, prestasi-prestasi di kelas juga dia ukir dengan baik. Ketika beranjak di SMA, Dame mulai ikut aktif dalam kegiatan organisasi di sekolahnya, namun tak menurunkan nilai-nilai yang diraihnya. Nilai-nilai Dame masih terukir indah di rapor meskipun dia telah aktif dalam kegiatan organisasi pemuda yang di ada di lingkungan rumah dan sekolah. Pada saat di SMA, Dame meraih juara dalam lomba pidato. Menginjak perguruan tinggi, Dame mulai berpikir bagaimana jika dia hanya sebagai mahasiswa yang hanya mengerti kuliah-pulang-kuliah-pulang, tanpa mengikuti kegiatan yang ada di kampus.

“Sebenarnya dari awal masuk kuliah aku berpikir aku di kuliah ini mau ngapain. Apa mau kuliah pulang kuliah pulang. Aku nggak bisa diam orangnya. Bagaimana ketika aku melamar kerja dan ditanya apa aja yang sudah aku kerjakan selama jadi mahasiswa. Terus aku nggak mungkin jawab cuma kuliah saja. Wah,  sepertinya nothing banget, ya. Dan kelihatan less experience gitu. Itulah yang membuat aku memilih aktif di berbagai kegiatan. Selagi kita masih ada yang mau dilakukan maka, lakukan saja,” ujar Dame Diarnita Sianipar.

Dari pola pikirnya yang ingin menjadi aktif membuat Dame mulai memasuki dunia organisasi yang ada di kampus USU ini. Dame mulai mengikuti UKM Debat USU dan aktif dalam kepanitian, seperti sebagai Volunteer IMTGT Indonesia Malaysia Thailand, Panitia Forum Rektor Indonesia, aktif dalam JWG (Join With Group Indonesia) Friend, IMSI, PEGAPE serta pernah menjadi volunteer mengajar di Sinabung.

Dame memiliki latar belakarng pendidikan di negeri terus- menerus. Mulai dari SD Negeri, SMP Negeri 18 Medan, SMA Negeri 12 Medan dan Universitas Sumatera Utara. Setelah menyelesaikan SMA, Dame berniat untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional (HI). Namun, karena jurusan HI ini hanya ada di luar kota. Orangtuanya tidak mengizinkannya untuk mengambil jurusan tersebut. Damepun tetap semangat dan memilih jurusan sastra Inggris, yang merupakan pelajaran yang sangat dicintainya sejak ia kecil. Do’a orangtua Dame pun diijabah. Akhirnya Dame diterima sebagai mahasiswa USU di jurusan Sastra Inggris melalui seleksi SNMPTN.

Dame merupakan angkatan (Batch) ke-3 yang terpilih dari 4 orang yang terpilih menjadi utusan dari Kota Medan ini untuk mengikuti program XL Future Leader. Di XL Fuure Leader, Dame memaparkan bahwa tidak hanya mendapatkan handphone dan pulsa dari XL. Dame dan ketiga finalis yang berasal dari berbagai kota juga mendapatkan banyak ilmu yang tidak akan didapatkan di kampus. 3 kompetensi yang diajarkan di program XL Future Leader ini, meliputi Management change, efective communication, dan tentang menjadi seorang leader yang baik. Program dan pelatihan dari XL ini dijalankannya selama 2 tahun. Pelatihan dari XL Future Leader ini diadakan setiap 2 bulan sekali. Inilah yang membawanya terbang ke luar Kota tanpa dikenakan biaya sedikitpun, tentunya semua ini berkat kerja keras dan sikap pantang menyerah dari Dame Diarnita Sianipar.

Selain mengukir prestasi sebagai XL Future Leader, Dame juga memiliki jejeran prestasi yang sangat membanggakan. Dari prestasi akademis yang dia ukir dari SD sampai SMA. Memenangkan lomba pidato bahasa inggris ketika di SMA, juara 3 lomba Debat  USU English Debate Competation, Penerima beasiswa Bidikmisi, pernah menjadi penyiar di Radio USU dan masih banyak lagi.

Saat ini, Dame tengah sibuk untuk menyiapkan projek yang dibuatnya bersama ketiga rekannya di XL Future Leader sebagai persyaratan kelulusan dari XL Future Leader pada November lalu. Dame bersama ketiga rekannya membentuk suatu proyek yang kelak akan mereka bentuk menjadi sebuah komunitas di Medan. Medan tanpa kotak, begitu mereka menyebut proyek yang mendapatkan apresiasi bagi para mentor mereka dan masyarakat Kota Medan.

Meskipun hanya dengan menaiki angkot, Dame tidak pernah menurunkan semangatnya dalam aktif di segala kegiatan yang dapat dilakukannya. Kepercayaan orangtua juga menjadi komponen penting baginya dalam melakukan setiap kegiatan yang ada di luar rumah.

“Nikmati intern dan shcoolarship yang ada ketika kamu jadi mahasiswa.  Nikmati saja semua kesempatan di kuliah. Kalau aku pribadi pengen banget kuliah lagi, pengen banget mengulang masa-masa di kuliah. Merasa kurang banget saat ini. Aku juga pernah ikut Indonesian Youth Forum dan aku gagal. Terus aku nyoba XL Future Leader dan syukurnya lulus. Nah, makanya aku bilang buat para mahasiswa yang masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif, ambil semua kesempatan karena itu akan berguna banget nantinya. Nikmatinlah jika kamu dipercayakan sebagai panitia apapun. Aktif itu nggak salah dan sangat mengasikkan dan mendapat teman yang luas dan jaringan yang luas. Aku juga sudah membuktikan bagaimana di dunia kerja mereka menanyakan apa yg udah dilakukaan selama kuliah, mereka bukan menanyakan IPK,” pesan Dame.

Nah, buat kamu yang ingin kenal lebih dekat dengan Dame Diarnita Sianipar bisa langsung menghubunginya lewat akun Instagramnya di Damediarnita.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *