IBX5A49C9BC313D6 Daftar Peristiwa Viral Kota Medan Sepanjang Tahun 2016 - Cerita Medan

Daftar Peristiwa Viral Kota Medan Sepanjang Tahun 2016

Daftar Peristiwa yang Viral Kota Medan Sepanjang Tahun 2016

Tak terasa kini kita telah berada di penghujung tahun, dalam hitungan jam yang terhitung jari akan membuka tahun yang baru. Masih tersimpan di memori beberapa kejadian – kejadian yang sempat viral di media yang kontroversial ataupun yang membanggakan khususnya dari kota kita tercinta, Medan. Beberapa peristiwa yang baik maupun buruk kerap kali menghiasi berbagai media cetak ataupun elektronik. Ada yang berakhir di penjara, ada pula yang berakhir bahagia hingga meraih prestasi yang membanggakan. Peristiwa – peristiwa ini pun dapat kita ambil hikmah dan pelajaran agar lebih waspada dan berhati – hati karena semakin banyaknya kasus – kasus kriminal yang terjadi. Apa saja yang terjadi selama tahun 2016 di Kota Medan? Yuk kita kilas balik.

Kontroversi Antar Organisasi Pemuda IPK dan PP

Aksi saling serang antara dua organisasi kepemudaan dari Pemuda Pancasila (PP) dan Ikatan Pemuda Karya (IPK) terjadi di Jalan Thamrin, Simpang Jalan Asia, Kecamatan Medan Area. Bentrokan itu terjadi saat konvoi kendaraan yang dilakukan salah satu Ormas di pusat kota Medan tiba-tiba menyerang Ormas lainnya. Kejadian yang terjadi pada Januari ini terjadi pada Sabtu sore sekira pukul 15.15 WIB di Jalan Thamrin-Medan sekitar 200 orang anggota Ormas IPK yang selesai melaksanakan pelantikan di Jalan Kayu Besi melewati Jalan M. H. Thamrin. Namun, secara tiba-tiba mereka menyerang Kantor MPW (Majelis Pimpinan Wilayah) Pemuda Pancasila Sumut yang berada di Jalan M. H. Thamrin dengan melempari batu dan membakar satu unit sepeda motor milik Ormas Pemuda Pancasila. Konflik ini pun berakhir panjang hingga adanya beberapa serangan balik yang berlangsung berhari-hari di Kota Medan ini pun diamankan petugas keamanan karena cukup meresahkan warga.

Siswa SMA Bentak Polwan dan Mengaku Anak Jenderal Saat ditilang

Masih teringat jelas di ingatan kita peristiwa menggelikan yang terjadi pada bulan April lalu di pinggir Jalan Sudirman Kota Medan, seorang siswa SMA yang sedang memeringati kelulusannya bersama teman-temannya tidak terima saat ditilang oleh Polwan. Gadis belia yang bernama Sonya Depar ini kemudian membentak dan mengaku – ngaku bahwa ia adalah anak dari Arman Depari yang merupakan pejabat BNN pada Polwan yang menilangnya. Sontak perlakuannya itu mendapat perhatian dari seorang pria yang sedang berada di sekitarnya hingga ahirnya Sonya mengatakan “Kutandai mukanya, Bu, ya, kutandai,” bentak Sonya sambil menunjuk-nunjuk Ipda Perida Panjaitan yang mencoba menghentikan omelan Sonya yang kini menjadi kalimat yang dijadikan lelucon oleh warga Kota Medan.

Pembunuhan Dosen oleh Mahasiwa UMSU

Sulitnya menempuh kelulusan di bangku kuliah kerap kali membuat beberapa mahasiswa yang gelap mata tega untuk menyakiti bahkan membunuh dosennya sendiri. Kejadian ini terjadi di UMSU pada bulan Mei lalu. Korban yang merupakan dosen yang disenangi dan kerap disapa bunda itu tewas ditikam pelaku saat sedang berwudhu di kamar mandi. Kasus ini diduga terjadi karena sang pelaku yang juga mahsiswa dari dosen tersebut tidak terima dan sakit hati karena nilai kuliahnya yang jelek sehingga menggelapkan hatinya untuk berencana membunuh sang dosen.

Banjir Bandang di Sibolangit Memakan Korban Jiwa

Banjir bandang menerjang lokasi wisata Air Terjun Dua Warna di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Korban selamat dalam insiden itu, salah satu pengunjung mengaku sebelumnya tidak ada tanda-tanda banjir akan terjadi. Sekira pukul 13.00 WIB Minggu kemarin, setelah hujan deras turun tiba-tiba datang air yang/ cukup deras dan langsung menghamtam belasan mahasiswa yang sedang berada di lokasi wisata Air Terjun Dua Warna. Hingga berita ini diturunkan Tim SAR, PMI, TNI, Polri bersama warga sekitar masih melakukan pencarian terhadap belasan korban yang hilang terbawa arus banjir bandang. Beberapa korban yang ditemukan meninggal dunia dengan kondisi tak berpakaian lengkap. Saat ini lokasi wisata air terjun dua warna pun resmi ditutup atas peristiwa ini untuk mengurangi resiko bencana.

Terbakarnya Pusat Perbelanjaan Aksara

Peristiwa yang terjadi pada bulan Juli ini kabarnya sengaja dibakar karena pasalnya kepemilikan gedung itu masih bersengketa. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir bernilai puluhan miliar rupiah. Indikasi terdapat faktor kesengajaan itu diungkapkan para pedagang, mereka berpendapat petugas lambat dan gedung ini sengaja dibakar untuk diremajakan. Bahkan seharusnya kebakaran itu dapat dipadamkan saat kondisi api masih kecil, namun entah kenapa api yang diduga berasal dari korsleting kulkas terus membesar, tanpa bisa dipadamkan. Akibat dari peristiwa ini, kini para pedagang hijrah ke badan jalan di depan gedung Aksara yang terbakar sehingga terkadang membuat arus lalu lintas menjadi kurang kondusif.

Bom Bunuh Diri di Gereja oleh Anak SMA

Pada Agustus lalu, warga Kota Medan dikejutkan dengan kabar seorang siswa SMA yang melakukan tindak kriminal bom bunuh diri di sebuah gereja yang terletak di Jalan Dr. Mansyur. Sialnya, remaja ini gagal menyukseskan rencananya untuk meledakkan bom di gereja tersebut. Petugas keamanan berhasil mendekap tersangka dan berhasil mengamankan bom yang dibawanya.

Mahasiswi UISU Memenangkan Kontes Miss Grand International 2016

Indonesia mulai menunjukkan kebolehannya di dunia internasional. Ariska Putri, mahasiswi UISU yang mengharumkan nama Indonesia khususnya Kota Medan berhasil membawa pulang Jawara Miss Grand Internasional 2016 sekaligus Best Costume pada ajang bergengsi tersebut mengalahkan dua orang saingannya dari Negara lain pada Oktober lalu. Dari kesungguhannya meniti talentanya di bidang modeling, dara cantik berambut panjang ini dapat membuktikan bahwa Indonesia mampu maju di mata dunia. Wah, bangganya.

Fenomena Supermoon

Fenomena alam yang langka ini terjadi di bulan November lalu. Banyak orang yang berlomba – lomba memantau munculnya sang supermoon untuk diabadikan lensa kamera dan diupload di sosial media masing – masing. Kejadian ini tak hanya menarik perhatian orang – orang biasa. Orang penting sekelas pejabat pun turut serta menunggu kehadiran sang supermoon hingga peristiwa ini menjadi trending topic dunia.

Aksi Bela Islam

Berawal dari video viral yang di upload oleh Buni Yani yang melibatkan Ahok sebagai orang yang didakwa melecehkan agama Islam saat sedang bertugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, kejadian ini menyakiti hati umat muslim se-Indonesia hingga akhirnya mengadakan Aksi Damai Bela Islam yang dihadiri oleh jutaan umat islam tumpah ruah ke jalanan Jakarta untuk menuntut Ahok dan menyuarakan persatuan Islam. Tak hanya Ormas Islam yang turut serta, pejabat daerah bahkan beberapa artis Ibukota yang juga muslim turun ke jalan untuk membela Islam. Hingga kini, kasus ini masih berjalan di persidangan.

Release Design Uang Baru

Bulan Desember ini, Bank Indonesia resmi mengeluarkan design Rupiah yang baru. Yang menarik perhatian adalah beberapa pahlawan nasional Indonesia yang mewarnai uang rupiah baru ini mengundang tanya beberapa masyarakat Indonesia dikarenakan pahlawan yang dipilih kebanyakan pahlawan yang tidak begitu dikenal masyarakat dibandingkan pahlawan nasional yang dikenal. Selain karena designnya, Bank Indonesia juga mengklaim uang Rupiah baru ini menggunakan pengamanan keuangan yang tercanggih hingga kini.

Fenomena Om Telolet Om

Fenomana viral yang satu ini adalah fenomena yang terjadi di akhir tahun yang mendunia. Bagaimana tidak, musikus atau DJ Internasional seperti Marshmellow, DJ Snake, dan yang lainnya turut serta membanjiri sosial medianya dengan peristiwa Om Telolet Om ini. Berawal dari kejadian sekelompok anak yang berkumpul di pinggir jalan untuk meminta bus – bus yang lewat untuk membunyikan klakson berbunyi telolet ini, membuat kebahagiaan tersendiri bagi mereka hingga diabadikan dalam bentuk video yang kemudian viral di masyarakat. Hingga saat ini, karya – karya seperti lagu dan kaos terus bermunculan sebagai bentuk kreativitas masyarakat untuk meramaikan fenomena ini. Wah, Indonesia memang kreatif untuk hal – hal viral.

Itulah beberapa kejadian yang sempat viral sepanjang tahun 2016. Peristiwa mana yang paling berkesan bagi kamu?***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

KOMENTAR

BACA JUGA