BEM UISU Kembangkan Minat dan Bakat Jurnalis Muda Medan

  • Whatsapp

BEM UISU Kembangkan Minat dan Bakat Jurnalis Muda Medan

Sebagai kelanjutan dari lomba yang diadakan oleh BEM UISU, pada hari Sabtu tanggal 3 Desember 2016 BEM UISU kembali mengadakan seminar Broadcast Class di Auditorium UISU. Peserta seminar Broadcast Class mencapai sekitar 400 orang yang berasal dari pelajar dan mahasiswa se-Kota Medan walaupun peserta pada seminar Broadcast Classs ini didominasi oleh mahasiswa UISU. Latar belakang dari seminar ini tidak jauh berbeda dengan latar belakang dari diadakannya lomba dengan tema yang sama pada tanggal 30 November-2 Desember 2016 lalu. Seminar yang bertajuk “Broadcast Class” ini juga dilatarbelakangi atas dasar keinginan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UISU untuk menciptakan minat dan bakat mahasiswa untuk mengikuti dunia pertelevisian hal ini berbanding lurus dengan pernyataan yang disampaikan oleh Wian Rivandra, selaku Ketua Panitia acara Broadcast Class. Selain itu, diadakannya seminar Broadcast Class ini untuk lebih memberikan pemahaman secara luas bagaimana profesi jurnalis yang sebenarnya.

Read More

Seminar Broadcast Class ini sudah dimulai sejak pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB adapun pada seminar Broadcast Class ini terbagi ke dalam 3 sesi dengan pembahasan yang berbeda.  Sesi pertama dibawakan oleh Syaiful Anwar, selaku wartawan senior MNC Media Biro iNews TV Medan yang membahas tentang Jurnalis TV, Presenter Reporter dan Produser. Sesi kedua Amirul Mukmin Nasution, S.S., Event Planner and Trainer Image Media Indonesia yang menyampaikan tentang materi Workshop Citizen Jurnalism. Amirul Mukmin Nasution, S.S. merupakan salah satu juri yang menilai para peserta lomba presenting dan reporting dalam  Broadcast Class. Dan  sesi terakhir, yaitu sesi ketiga dibawakan oleh Agus Sidarta, sebagai Net Citizen Journalism yang membahas tentang Communiucatrion Skill.

Chairman One, selaku Pimpinan iNews TV Medan yang ikut menyampaikan pengantar dari seminar ini juga membahas tentang kode etik jurnalis yang harus diketahui oleh semua orang yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik.  Setiap orang yang terjun langsung dalam dunia jurnalistik diharapkan dapat mengikuti kode etik yang ada dan tidak melanggarnya.

Melalui seminar ini, para peserta akan mengetahui secara langsung bagaimana kehidupan para jurnalis sebenarnya. Karena pada acara seminar ini, para pemateri akan membahas tuntas tentang kegiatan yang masih berkaitan dengan ilmu jurnalistik agar para peserta tidak lagi bertanya-tanya bagaiamana jurnalistik sebenarnya.  Jika pada lomba broadcasting kemarin mereka juga sudah menyampaikan secara singkat bagaimana sebagai pembawa acara di TV, pada kesempatan seminar kali ini para panitia berharap bahwa para peserta tidak hanya mengerti pada dunia reporting saja, tetapi meliputi semua bagian yang masih berkaitan dengan dunia jurnalistik.

BEM UISU Kembangkan Minat dan Bakat Jurnalis Muda Medan
BEM UISU Kembangkan Minat dan Bakat Jurnalis Muda Medan

Pada acara seminar Broadcast Class ini juga akan diumumkan keenam pemenang dalam lomba casting presenter dan reporter yang kelak akan dijembatani untuk menuju iNews TV Medan. Selain itu, para pemenang lomba Broadcast Class akan diberikan uang dan piagam penghargaan yang berguna bagi para pemenang. Bagi setiap peserta yang mengikuti Seminar Broadcast Class ini dikenakan biaya Rp. 50.000,- bagi mahasiswa selain mahasiswa UISU, Rp. 5.000,- bagi pelajar dan gratis bagi mahasiswa UISU yang ingin mengikuti seminar ini.

BEM UISU Kembangkan Minat dan Bakat Jurnalis Muda Medan
Keenam Pemenang Acara Broadcast Class BEM UISU Medan

“Harapannya semoga para peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar dapat diaplikasikan pada kehidupan. Dengan cara mengetahui kode etik jurnalis supaya presenter dan jurnalis di Indonesia ini semakin baik daripada sebelumnya,” ujar Wian Rivandra selaku ketua panitia dalam acara seminar Broadcast Class ini.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *