Beberapa Acara Akhir Tahun Yang Biasa Digelar di Medan

  • Whatsapp
sumber foto: uinsu

Tahun baru menjadi momentum kegembiraan bagi banyak orang. Di saat itulah, orang-orang biasanya berkumpul dan merefleksi diri di akhir tahun dan bergembira menyambut tahun baru dengan beragam resolusi yag lebih baik dari tahun sebelumnya. Tiap orang pun memiliki pilihan aktifitas yang berbeda-beda dalam menyambut datangnya tahun baru. Namun bagi umat Nasrani, perayaan tahun baru yang berdekatan dengan perayaan Natal kerap kali dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga menikmati dua momen sekaligus yang biasanya juga dibarengi dengan libur panjang.

Untuk Kota Medan sendiri, perayaan tahun baru selalu punya cerita yang seru. Sebagian orang menyikapinya dengan bijak, namun ada pula yang menimbulkan efek negatif dalam berbagai perayaan tahun baru, tergantung dari bagaimana individu menyikapi perayaan sejuta umat ini. Apa saja sih yang biasanya dilakukan masyarakat Kota Medan saat malam tahun baru?

Read More

Pesta Kembang Api di Merdeka Walk

Merdeka Walk selalu menjadi pusat hiburan masyarakat Kota Medan. Menjelang tahun baru, akan banyak rentetan acara yang digelar di pusat kota ini. Hampir semua masyarakat berbondong menuju lokasi ini sampai rela melalui macetnya jalur lalu lintas dari segala arah karena akan adanya pesta kembang api menjelang pukul 00.00 WIB. Beragam pasangan muda-mudi memenuhi lokasi, para ibu dan bapak yang memiliki anak-anak kecil juga memadati kawasan ini untuk menikmati keindahan pesta kembang api. Iringan musik yang riuh juga kerap kali menambah semangat masyarakat, disambut dengan suara-suara terompet khas tahun baru yang terdengar ke seluruh jalan.

Pesta Pantai di Pantai Cermin

Pantai yang merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan ini juga memiliki ritual sendiri dalam merayakan tahun baru. Biasanya, di area tepi pantai ini diselenggarakan festival musik dari beragam genre yang digelar namun didominasi oleh beberapa DJ lokal yang meramaikan tahun baru. Mayoritas peserta di kawasan pantai ini adalah muda-mudi Kota Medan yang senang dengan adanya acara music ditambah suasana pantai yang menyegarkan.

Zikir Akbar oleh Pemko Medan

Tak hanya acara hiburan, bagi umat muslim kota medan momentum tahun baru ini juga dimanfaatkan sebagai sarana merefleksi diri atas bentuk syukur terhadap tahun-tahun yang sudah dilewati dan menyambut tahun baru dengan doa dan harapan yang baik melalui kegiatan zikir akbar yang biasanya dipandu oleh ulama-ulama kenamaan negeri. Momen tahun baru ini juga dinilai hari yang baik untuk mengumpulkan masyarakat untuk mendekatkan diri pada Tuhan YME. Tak hanya dihadiri oleh para orangtua, tak jarang muda-mudi juga memadati acara zikir akbar yang biasanya juga diselenggarakan di lokasi Merdeka Walk. Nah, ini salah satu bentuk perayaan yang positif dan baik untuk dicontoh.

sumber foto: rimanews.com

Ajang Reuni di Kafe-Kafe

momen tahun baru juga dimanfaatkan sebagai ajang reuni bagi teman-teman yang sudah lama tak bersua. Di sela-sela kesibukan yang padat setiap harinya, pentingnya silaturahmi yang terjaga baik hanya sekedar teman ataupun kolega dan rekan kerja juga kerap dilakukan di kafe-kafe favorit sebagai alternatif acara bagi kamu yang lebih senang menikmati suasana yang tidak ramai dan riuh.

BBQ dan Kerang Party di Rumah

Kemacetan kota yang padat lalu lalang kendaraan kerap kali membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk keluar rumah. Mereka lebih memilih quality time di rumah bersama teman atau keluarga dengan mengadakan acara seperti pesta kuliner dengan memasak BBQ atau pesta kerang. Cara ini dianggap lebih memiliki keintiman daripada mengikuti kegiatan diluar rumah yang lebih beresiko.

Berwisata Ke Luar Negeri

Untuk kalangan menengah keatas, berwisata ke luar negeri adalah pilihan yang menarik untuk dilakukan di akhir tahun atas perayaan dari prestasi yang telah diraih selama setahun penuh. Terutama bagi yang sudah berkeluarga, tentunya hal ini menjadi agenda khusus di akhir tahun. Selain menikmati wisatanya, kegiatan berbelanja juga kerap dilakukan untuk berburu oleh-oleh khas Negara yang dikunjungi. Untuk hal yang satu ini, anggaran khusus dari tabungan selama setahun juga dikhususkan untuk digunakan demi menikmati momen tahun baru yang berbeda dari biasanya. ***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *