IBX5A49C9BC313D6 Aliansi Lintas Komunitas Medan Gencarkan Aksi Satu Cinta untuk Rohingya - Cerita Medan

Aliansi Lintas Komunitas Medan Gencarkan Aksi Satu Cinta untuk Rohingya

Aliansi Lintas Komunitas Gencarkan Aksi Satu Cinta untuk Rohingya

Aliansi lintas komunitas yang ada di Medan menggalang aksi penggalangan dana untuk etnis Rohingya yang ada di Myanmar pada hari Senin tanggal 5 Desember 2016 di sekitaran Bundaran SIB atau lebih tepatnya di Jalan Gatot Subroto Medan. Aksi penggalangan dana ini dimulai sejak pukul 16.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Dalam kegiatan aksi penggalangan dana untuk Rohingya ini diikui sekitar 25 komunitas yang ada di Medan, meliputi Pejuang Subuh Medan, ODOJ Medan, Klinik Nikah Medan, Gema 165 Sumut, Fosma 165 Sumut, Apheresis, Andalusia Foundation, Muslimah Youth Generation, Yayasan Amal Mulia Sumut, Laskar Sedekah Medan, Sahabat Yusuf Mansyur, Hijabers Community Medan, Dompet Duafa Volunter, Dompet Duafa Waspada, PKPU, HB Foundation, Hijabers Mom Community, Sahabat Hijrahku, Binjai Sedekah Bersama, Syam Organizer, Sahabat Syam Binjai, C4Ummah, Relawan Rumah Zakat Medan, Formula dan Remaja Mesjid Agung Medan.

Aksi penggalangan dana ini dilakukan selama 3 hari ke depan, dari tanggal 5-8 Desember 2016. Penggalangan dana ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan oleh aliansi lintas komunitas Medan untuk Muslim Rohingya. Puncak acara dari kegiatan dengan tema Satu Cinta untuk Rohingya  ini akan diadakan pada hari Sabtu, tepat pada tanggal 10 Desember 2016 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB menjelang pukul 12.00 WIB di Masjid Agung Jalan Diponegoro Medan.

Dilakukannya aksi penggalangan dana untuk Rohingya ini didasari atas kabar Muslim Rohingya yang kembali membara. Api kembali menyapa rumah-rumah penduduk Muslim Rohingya. Sampai sejauh ini 70 orang tewas, 400 orang ditangkap  Militer Myanmar dan 1250 bangunan rumah, sekolah serta masjid telah hancur tak bersisa. PBB juga menganggap bahwa Rohingya sebagai etnis minoritas paling teraniaya di dunia. Atas latar belakang inilah berbagai aksi kemanusian digaungkan oleh komunitas-komunitas yang bergerak dari berbagai kalangan di Medan bersatu dalam mengumpulkan dana yang kelak akan disalurkan untuk membantu kehidupan para korban di Rohingya.

Tabligh Akbar Satu Cinta Untuk Rohingya juga diadakan sebagai tempat untuk mengumpulkan bantuan dana untuk Rohingya. Tabligh Akbar ini diadakan sebagai kegiatan pembuka dan penutup kegiatan Satu Cinta Untuk Rohingya. Pada acara Tabligh Akbar ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara dan beberapa ustadz yang sengaja diundang untuk mengisi acara Tabligh Akbar yang diadakan oleh aliansi lintas komunitas Medan di Masjid Agung Medan. Selain itu, pada acara Tabligh Akbar ini juga akan dibuka untuk orang-orang yang ingin berdonasi membantu Rohingya.

“Bantuan dana yang diperoleh akan kita kirimkan dalam bentuk paket makanan, paket kesehatan dan pakaian ataupun sesuai kebutuhan yang diperlukan warga Rohingya,” tegas Panji Yudha Nugraha, selaku Koordinator Lapangan Aksi Satu Cinta untuk Rohingya di Bundaran SIB Jalan Gatot Subroto. Bantuan ini akan dikumpulkan dan akan disalurkan oleh lembaga-lembaga yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa Waspada Medan dan PKPU Medan yang sebelumnya mereka juga sudah memiliki pengalaman dalam bidang penyaluran bantuan ke Palestina dan Rohingya. Pada aksi penggalangan di hari pertama ini adalah Rp. 3.000.100,-.

Aliansi Lintas Komunitas Gencarkan Aksi Satu Cinta untuk Rohingya
Aksi Satu Cinta untuk Rohingya di Bundaran SIB Jalan Gatot Subroto

Melalui aksi penggalangan dana oleh Aliansi lintas komunitas Medan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap  sesama muslim yang hatinya tergerak untuk membantu orang lain yang sedang berada dalam kesusahan. “Bukan hasil yang kita cari, tapi proses yang mudah-mudahan dapat menjadikan kita cinta pada sesama muslim dan alasan Allah untuk menguatkan iman kita. Aamiin,” tutup salah satu peserta Aksi Satu Cinta untuk Rohingya.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA