7 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Pulang Kantor

  • Whatsapp

7 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Pulang Kantor

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menyambut datangnya jam pulang setelah selesai bekerja seharian. Bagi yang sudah berkeluarga, mereka ingin segera pulang untuk bertemu dengan anak dan pasangan mereka, bagi para anak pun ingin kembali ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga. Pra pekerja ini pun memiliki tipe – tipe yang berbeda ketika akan kembali ke rumah. Ada yang bermain ponsel sambil menunggu waktu pulang atau menunggu jemputan, ada yang santai berselancar di dunia maya atau menonton video dari platform Youtube, dan lainnya. Meski kelihatannya sepele, pekerja disarankan untuk memergunakan momen sebelum pulang kantor sebaik – bainya. Menurut ahli karier, akhir jam kerja bisa memengaruhi hubungan personal, tingkat kebahagian, dan kualitas istirahat. Maka dari itu, membiasakan diri untuk melakukan hal yang positif sebelum pulang kerja akan melatih kita menajdi orang yang lebih maju seperti beberapa hal di bawah ini.

Read More

  1. Cek to-do List

Orang – orang sukses biasanya punya to – do list atau daftar pekerjaan yang sering berubah- ubah. Sebelum meninggalkan kantor, mereka sering memeriksa daftar tersebut untuk memastikan tidak ada tugas yang terlewat. Selain mengecek, kamu juga bisa sekaligus memperbaharui to-do list untuk hari berikutnya. To-do list ini akan membantu kamu untuk lebih mengingat hal – hal kecil agar tak lupa kamu kerjakan di sela – sela kesibukan yang lebih kamu prioritaskan.

  1. Bereskan Meja dan Desktop

Berdasarkan penelitian, orang-orang sukses punya meja yang terorganisir walau tidak selalu bersih dan rapi. Untuk itu, coba bereskan barang-barang yang berserakan di meja. Jika bisa, bersihkan pula dekstop laptop atau komputer kamu dari file-file yang berantakan kemudian simpan di folder bila masih dibutuhkan. “Punya desktop dan meja yang rapi akan membuat kamu berpikir lebih jernih dan memprioritaskan lebih efektif. Itu juga akan membantumu menemukan dokumen secara cepat ketika dibutuhkan,” kata penulis dan ahli karier Lynn Taylor kepada Business Insider.

  1. Mengulas Prestasi

Sebaiknya sempatkan waktu pula untuk melakukan kilas balik tentang apa yang sudah dikerjakan. Jika perlu tulis semua prestasi dan pencapaian yang telah dilakukan hari itu. Berdasarkan riset, cara tersebut bisa membuat kamu merasa sukses sehingga mendorong tingkat kebahagiaan. Analisa pula performa kerja kamu agar lebih baik keesokan harinya. Dengan ini juga kamu akan lebih mudah menemukan kesalahan – kesalahan yang kamu buat untuk lebih hati – hati dalam bekerja agar pekerjaan kamu lebih baik lagi pada esok hari.

  1. Tetap Fokus

Saat sore menjelang biasanya pikiran dan fisik sudah tak terlalu prima. Wajar jika kamu mulai kurang konsentrasi dan jadi menunda pekerjaan. Meski begitu, hindari hal tersebut dan tetaplah produktif agar bisa pulang kerja tepat waktu. Karenanya, hindari terlalu banyak membuang waktu atau makan asupan yang buat mengantuk.

  1. Periksa Jadwal Besok

Sebelum pulang, coba lihat kembali jadwal dan pekerjaan untuk esok hari. Jangan sampai kamu melupakan sebuah meeting atau tugas penting. Cara ini juga akan memudahkan pekerjaan Anda agar tidak terlalu tergesa-gesa di pagi hari. Memeriksa jadwal esok hari juga akan membuat kamu lebih disiplin dalam mengatur waktu menjadi lebih efiesien dengan tidak membuang waktu sia – sia.  

  1. Mengucapkan Terima Kasih atau Berpamitan

berpamitan dengan rekan dan atasan mungkin terdengar tidak terlalu penting. Namun hal tersebut baik untuk membangun hubungan dengan sesama anggota tim. “Itu bisa mengingatkan atasan dan timmu bahwa kamu adalah orang yang baik bukan hanya kolega,” kata Taylor. Jika kamu dan tim kamu kompak, bukankah pencpaian yang jauh lebih baik akan lebih mudah diraih?

  1. Langsung Pulang

Setelah pekerjaan benar-benar selesai sebaiknya langsung pulang saja. Hindari terlalu mengobrol, menjelajah internet atau hal lain yang sebenarnya bisa dilakukan di esok hari. Hal tersebut penting dilakukan agar Anda masih punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan punya waktu cukup untuk beristirahat. Keluargamu menanti di rumah. Ini juga penting untuk menyeimbangkan kehidupan sosial kamu.

Itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan sehat yang seharusna dilakukan saat pekerjaan telah selesai. Semoga kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dijadikan referensi, ya.***(K-02/Adenovina Dalmunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *