Yuk Ketahui Fenomena Mamak-Mamak Naik Sepeda Motor

  • Whatsapp

fenomena-mamak-mamak-naik-sepeda-motor

Kita pasti sering menjumpai mamak-mamak yang mengendarai sepeda motor saat berada di jalan raya. Ada beberapa mamak-mamak yang mengendari dengan wajar namun banyak pula mamak-mamak yang dengan semberono mengendari kendaraanya di jalan raya. Beberapa waktu yang lalu femonema ini sangat booming dan sering dibicarakan di media-media sosial dan banyak juga meme comic yang menyinggung tentang tingkah laku mamak-mamak saat mengendarai sepeda motor. Disini kami akan menjelaskan apa saja tingkah laku yang membuat pengendara lain kesal yang sering dilakukan oleh mamak-mamak pengendara motor ini.

 

Dianggap Predator Jalanan

Dikarenakan beberapa waktu yang lalu sering kita dengar tentang mamak-mamak sang predator jalanan. Ternyata ini bukan sekedar kiasan belaka sebab dalam kenyataannya mamak-mamak memang selalu menguasai jalan yang dilaluinya tanpa menghiraukan apa yang ada di depan maupun yang berada di belakangnya. Hal seperti ini memang sangat membuat kita merasa jengkel sebab mamak-mamak ini sama sekali tidak peduli dengan keadaan sekelilingnya layaknya seperti predator yang ingin melahap dan menguasai suatu daerah yang dia tempati.

Selain itu, saat mamak-mamak mengendarai motornya mereka juga sering mengabaikan peraturan-peraturan lalu lintas. Contohnya seperti sering melawan arah arus lalu lintas, tidak menggunakan helm dan tidak memerhatikan keselamatan orang yang dibonceng oleh mamak-mamak tersebut. Ada beberapa hal yang lebih menjengkelkan lagi dari mamak-mamak naik motor ini, yaitu tidak mau menepi walaupun kita sudah memberikan lampu tanda. Bahkan dengan klakson pun mereka enggan untuk menepi mereka tetap melaju lamban seperti tidak terjadi apa-apa.

Hal lainnya yang sering dilakukan oleh mamak-mamak saat naik motor adalah penggunaan lampu sein yang salah seperti sein kiri hidup tapi dia malah belok ke kanan. Ada juga yang sama sekali tidak menghidupkan lampu seinnya saat hendak belok. Herannya lagi, saat ada pengendara lain yang menegurnya, namun mamak-mamak tersebut malah balik marah bahkan ada yang sampai memaki pengendara lainnya.

 

ABG Labil vs Mamak-Mamak

Selain dianggap sebagai predator di jalanan, fenomena mamak-mamak naik motor ini juga sering dikait-kaitkan dengan ABG Labil sebab mereka sama-sama punya sifat yang labil. Hal ini terbukti saat kita melihat  mamak-mamak yang sedang mengendarai motor di jalan. Kadang mereka ragu untuk belok ke kanan kadang terlebih dahulu mereka belok ke kiri dahulu untuk menepi bila mereka merasa sudah aman baru mereka menyebrangi jalan tersebut.

Hal lainnya bisa kita lihat saat mereka melaju dengan lambatnya di jalanan kemudian mereka bingung saat ada pengendara lain yang mengklakson mereka. Hal itu membuat mereka gamang saat mengendarai motor dan sering juga bingung apakah harus menepi atau bahkan mereka  malah berhenti mendadak di tengah jalan.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa selabil-labilnya ABG di jalan lebih labil lagi mamak-mamak yang sedang naik motor. Ini merupakan ungkapan yang tepat dikarenakan beberapa kejadian yang sudah disebutkan sebelumnya yang memebuat mamak-mamak ini sangat berbahaya baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang berada disekitarnya.

Itulah fakta-fakta seputar mamak-mamak naik motor yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi, terutama di social media karena tingkah para mamak-mamak ini sangat berbahaya dan dan tidak patut untuk ditiru untuk generasi-generasi muda yang nantinya juga akan menjadi seorang mamak. Semoga dari apa yang terjadi di jalanan dapat menjadi contoh yang tidak layak untuk ditiru. Tetap berhati-hati saat berkendara, ya.***(CM/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *