Yafsi Gali Potensi Anak Melalui Pesona Pekan Kreativitas II

  • Whatsapp

Yafsi Gali Potensi Anak Melalui Pesona Pekan Kreativitas II

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (Yafsi) mengadakan acara Pesona Kreativitas II pada hari Sabtu, 19 November 2016 di Taman Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangaraja Medan. Acara ini merupakan acara dalam memeringati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November lalu. Acara dimulai sejak pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIB.

Read More

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia merupakan salah satu yayasan yang digagas oleh Badriyah. Yafsi adalah yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan keagaman. Beberapa programnya antara lain mendukung pemerintah dalam pembangunan pada bidang sosial dan pendidikan guna mewujud­kan visi Yafsi yaitu terwujudnya ma­syarakat yang sejahtera. Secara legalitas, Yafsi secara resmi sudah berusia 2 tahun sejak didirikannya.

Pesona Pekan Kreativitas ini merupakan agenda rutin dari Yafsi yang wajib diadakan 2 kali dalam setahun. Kegiatan Pesona Kreativitas ini mempunyai 2 rangkaian kegiatan, yaitu ajang kreativitas anak dan seminar parenting. Untuk ajang kreativitas ada lomba susun puzzle kategori TK & SD dengan batasan umur 5-8 tahun serta lomba pembacaaan puisi perjuangan tingkat SD. Pesona Pekan Kreativitas sengaja dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Jalan Si­singa­mangaraja Medan dengan alasan untuk menanam­kan jiwa patriotisme semenjak dini kepada anak-anak.

Yafsi Gali Potensi Anak Melalui Pesona Pekan Kreativitas II

“Kegiatan di­lak­sanakan di Taman Makam Pah­lawan sehingga anak-anak dapat me­ngetahui dan melihat secara lang­sung situs sejarah yang memiliki makna perjuangan para pahlawan,” ucap Badriyah.

Adapun seminar parenting mengangkat tajuk parenting literasi dan pendidikan dalam keluarga diisi dengan 2 pemateri, yaitu Masrul Badri, yang berasal dari Dinas Pendidikan Kota Medan dan Agus Marwan, yang mana beliau merupakan koordinator Provinsi USAID Prioritas Sumatera Utara.

Badriyah, selaku penggagas dari berdirinya Yafsi memaparkan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah selain sebagai ajang kreativitas anak dalam menunjukkan potensi yang dia miliki dan sebagai momentum untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur  demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dengan membangun keyakinan dan optimisme sebagai landasan revolusi karakter bangsa yang maju dan bermartabat. Selain itu, lewat acara ini kita juga dapat merefleksikan pengorbanan, keteladanan dan keteguhan hati pahlawan dalam menggapai harapan masa depan bangsa dan mewujudkan generasi muda yang patriotik.

Melalui acara Pesona Pekan Kreativitas II, panitia juga membimbing dan mengarahkan untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis bagi pendamping/ orangtua khususnya dalam mendidik anak untuk mewujudkan gerakan sadar literasi dalam kehidupan bermasyarakat. Bukan hanya dapat membuat wacana tulisan yang baik, setidaknya para orangtua juga dapat memberikan aksi nyata bagaimana seharusnya cara mendidik anak yang baik.

Sedangkan seminar parenting bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi orangtua/ pendamping anak tentang pembelajaran kreatif yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak dalam mengembangkan potensi anak.

Selain dimeriahkan dengan rangkaian lomba dan seminar, peserta acara Pesona Kreativitas ini juga ikut dihibur dengan kehadiran dari anggota Kampung Dongeng Medan dan magician Jack Blee yang ikut memeriahkan acara yang diselenggaraklan oleh Yafsi. Dan acara Pesona Pekan Kreativitas Anak juga diisi oleh partisipan kegiatan berupa donor darah yang diadakan oleh Apheresis.

“Harapannya semoga kreativitas dan karakter anak semakin meningkat, anak sebagai penerus bangsa menjadi generasi yang patriotik, aktif dan kreatif. Semakin meningkatnya budaya literasi sebagai wujud kepedulian akan kemajuan bangsa dan semakin meningkatnya kemampuan dan pengetahuan orangtua dalam mewujudkan anak bangsa yang maju dan bermartabat,” tutup Badriyah.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *