Tugu KB Krakatau Jadi “Tempat Sampah”

  • Whatsapp
Tugu KB Krakatau Medan
Tugu KB Krakatau Medan

Tugu KB adalah tugu yang berada di Jalan Sutomo Ujung atau lebih tepatnya berada diantara perbatasan Jalan Krakatau dan Jalan Sutomo Ujung. Tugu ini merupakan gambaran dari keluarga berencana yang terlihat dari tugu yang berbentuk sepasang suami istri dengan dua anak.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, tugu KB merupakan singkatan dari Keluarga Berencana. Nah, mengapa kenyataan di lokasi saat ini menjadi sangat berbalik 90 derajat?

Read More

Kenyataan yang terlihat di lokasi tidak sesuai dengan nama tugu ini. Kalau biasanya tugu-tugu di Medan ini selalu terlihat bersih dan terjaga sekitaran lokasinya. Berbeda dengan tugu yang satu ini, selain jarang diekspos, tugu KB ini kini menjadi tempat pengumpulan sampah.

Nelsen, selaku asisten mandor yang mengawasi proses kebersihan di tugu ini memaparkan bahwa di pinggiran tugu KB ini merupakan tempat untuk pengumpulan sampah yang telah dikutip oleh dinas kebersihan yang bertugas mengumpulkan sampah dari beberapa kelurahan yang ada di sekitar tugu KB ini.

“Tugu KB ini bukan tempat pembuangan akhir, tetapi tugu KB ini merupakan tempat pembuangan sampah sementara,” ujar Nelsen.

Jormadi Gurusinga, selaku petugas kebersihan yang ikut andil dalam membersihkan sekitaran tugu KB ini mengakui bahwa tempat ini dijadikan sebagai tempat pengumpulan sampah karena tempatnya yang strategis.

Melalui surat tugas yang diberikan pada Nelsen, Tugu KB inilah yang menjadi tempat dimana beliau harus bertugas untuk mengawasi para pekerja dinas kebersihan yang mengumpulkan sampah-sampahnya di tugu KB ini. Beliau juga memaparkan bahwa tempat ini juga sering dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan meskipun sudah digantungkan spanduk himbauan untuk tidak membuang sampah di tempat ini.

Pada awal tempat ini dijadikan sebagai tempat pengumpulan samapah sementara, para dinas kebersihan mendapat keluhan dari warga yang bertempat tinggal di sekitar tugu KB ini. Namun, tidak berlangsung lama mereka mengerti dengan keadaan Medan yang sangat membutuhkan tempat yang dijadikan sebagai tempat pengumpulan sampah seblum sampah-sampah ini diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Jalan Palu Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Tugu KB Krakatau MedanTugu KB ini menjadi tempat pembuangan sementara bagi 14 gerobak sampah yang mengumpulkan sampah dari berbagai tempat yang berada berdekatan dengan tugu KB ini. Jika dilihat, di sekitar tugu KB ini tidak ada pedagang penjual makanan yang menjajakan makanannya disini. Di sekitar tugu KB ini hanya terlihat pedagang koran dan tukang tambal ban. Kedua pedagang inipun berbeda sisi dengan tempat pengumpulan sampah yang dilakukan oleh dinas kebersihan kota Medan. Jika para pedagang berjualan di sisi kiri tugu, maka tempat pengumpulan sampah ini berada di sisi kanan tugu KB ini.

Rumah-rumah yang berada di sekitar lokasi tugu KB ini selalu menutup pintu rumah rapat-rapat tanpa memberikan celah sedikitpun terhadap bau menyengat yang ada di depan rumah mereka. Mereka hanya membuka pintu ketika hendak keluar dari rumah saja. Selebihnya mereka tidak pernah terlihat membuka rumah mereka yang berbentuk ruko yang berada tepat di depan tempat pengumpulan sampah ini.

Meskipun sebagai tempat pengumpulan sampah, namuntidak seharusnya para warga membuang sampah sembarangan di lokasi ini. Menurut keterangan dari Nelsen, sekitaran tugu ini juga dijadikan sebagai bulan-bulanan tempat pembuangan sampah sembarangan yang berasal dari berbagai daerah. Hal ini dibuktikan dengan adanya sampah yang terlihat menumpuk di pagi hari sebelum mereka melakukan kegiatan pengumpulan sampah di tempat ini.

“Tugu KB ini akan kami sterilisasikan setelah kami selesai melakukan pengumpulan sampah,” ujar Nelsen.

Sebenarnya pemerintahan kota Medan juga sudah berulang kali berniat untuk memindahkan tempat pengumpulan sampah dari tugu KB ini, namun sampai saat ini belum ada warga yang mau untuk menghibahkan tanahnya sebagai tempat pengumpulan sampah. Dengan alasan tidak ingin jika tempatnya menjadi sumber penyakit nanatinya.

Maka, tugu KB inilah menjadi satu-satunya tempat yang paling strategis dan warga yang bertempat tinggal di sekitar tugu KB ini juga merupakan warga yang baik yang mengizinkan dinas kebersihan kota Medan untuk melakukan operasi pengumpulan tempat sampah disini.

dilarang-buang-sampah-disini

“Harapannya agar setiap warga Medan ini sadar agar tidak membuang sampah sembarangan lagi. Apalagi kami juga sudah membuat spanduk sebagai himbauan agar tidak membuang sampah di tempat ini. Namun tidak digubris dan tetap membuang sampah di tempat ini,” tutup Nelsen (Cm-05/ Dwi Andraini Lestari)

 

Tanggapan beragam hadir dalam rangkum komentar-komentar dari akun Instagram @ceritamedancom

  • putriawendah : Caranya ya kurangi pemakaian plastik atau apapun yg ga bisa didaur ulang utk mengurangi sampah itu sendiri. Mau di kemana kan pun sampah itu kalo di kita nya terus produksi sampah sama aja 😀
  • tsepni : Medan medan, andai ada sosok ridwan kamil @ridwankamil sosok ibuk risma sini pasti medan bisa cantik. Pak jokowi liat la medan ini pak.. Agak tegur napa pemimpin nya..
  • michael.polii : Jangan tunggu siapa yg datang ke Medan lah !!! Jangan manja kali lah kita lae kuu !!! Kalau memang Kita warga Medan mari kita bersihkan sama2 jangan nunggu super hero datang !!! Buat laa satu kegiatan@ceritamedancom min, biar kita rameramekan kesana. Masih pada muda muda kok. MALU ?? Kalau malu cabot laa dari medan!!!
  • berkat_gowasa : Sampah dikelola oleh pemimpin yang benar-benar tegas. Dan juga harus disediakan tong sampah yang memadan dan juga truk pengangkut sampah 3 kali sehari dalam menyangkut sampah.
  • aifatong_88 : Keren.sekalian aja di buat tempat pembuangan sampah kecamatan
  • bayuamru : Mental2 masyarakatnya yg harus di perbaiki terlebih dahulu. Harus punya prinsip “Sampahku Tanggung Jawabku”.
  • salimmyr : Kok bisa lah pulak bukak lapak di situ, yg sampe hati kali lah orang2 tu
  • octaviandi17 : Tumben pinter ko dek 😂😂@putriawendah
  • octaviandi17 : Kita bersihkan minn sakk orang2 nya 😂😂😂
  • rizkylogia : Tugu sampah lah jadinya
  • tiurlansaulina : Medan oh medan, terkenal semraut, kurang kesadaran dari masyarakatnya, ayo peduli lingkungan dari diri sendiri dan aparat wilayah.
  • pinaga80 : Mantap sebentar lagi kota medan jadi kota sampah.kota medan seperti gak ada pemerintahnya.semuanya gak ada aturan lagi.
  • xgoyx : Sebetolnya kembali ke diri sendiri, kalok gakmau bersihin dan ngutip sampah, paling gak jangan nyampah
  • xgoyx : Jangan nyalahin pemerintah, ssmua harus balance. Urus aja moralmu
  • downloadmedan : udah hitungan banyak tahun tugu kb jadi tmpt tukang sampah ngumpul.
  • wanda_ilyas : Dikota banyak sampah, yg disalahin pemerintah.. Sedangkan warganya masih aja buang sampah sembarangan.. Situ waras ?
  • rereassss : Giniloh, terkadang suka miris liatnya. Ya masa sebuah tugu dijadiin tempat sampah gt. Itu tuguloh, tugu. Bukan tempat sampah. Seharusnya, orang orang sekitar atau setiap masyarakat punya pemikiran kan. Y x tugu di buat tempat pembuangan sampah gt. Malu iiiii klo di liat org besar gmana:( intinya kesadaran manusianya aja deh:) you know “kebersihan sebagian dari iman” nah jadi buat org org beriman, gamungkin buang sampah disitu👅
  • machtprisiahaan : Medan perlu pasukan orange seperti di Jakarta min. Medan perlu memperbanyak pasukan orange dengan gaji yang layak agar kinerja maksimal. Horas

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *