Trik Mengelola Uang Agar Kamu Selamat Saat Tanggal Tua

  • Whatsapp

Trik Mengelola Uang Agar Kamu Selamat Saat Tanggal Tua

Memiliki penghasilan sendiri memang menyenangkan. Menikmati gaji saat awal bulan dari hasil keringat sendiri tentu membawa euphoria sendiri bagi setiap orang. Disamping itu, jangan terlalu terbuai dengan euphoria gajian, karena masih banyak deretan keperluan pribadi hingga kebutuhan lainnya yang akan digunakan dari uang yang kamu hasilkan. Banyak orang yang dapat menghasilkan uang namun tetap sedikit orang yang dapat menyimpan uang dengan baik. Bukan bermaksud pelit dengan diri sendiri, namun menabung juga penting untuk saat – saat mendadak dalam hidup kamu. Beberapa kebiasaan kamu seperti hobi ngemil ataupun terlalu boros dalam hal – hal yang kurang penting juga dapat menjadikan kamu uring – uringan saat akhir bulan. Untuk itu, ceritamedan.com akan bagikan triknya agar kamu tak lagi galau saat tangga tua.

Read More

  1. Sisihkan Uangmu untuk Kebutuhan Primer

Saat telah gajian, abaikan euphoria gajian kamu di hari pertama. Segera berikan list kebutuhan primer kamu seperti makan, pulsa, ongkos transportasi, dan kebutuan utama lainnya. Baiknya, 50 % dari gaji kamu sisihkan untuk hal yang satu ini, dengan ini saat tanggal tua kamu tak akan cemas kebutuhan primer kamu tak bisa ditanggulangi.

  1. Atur Hobi Jajan dengan Sistem Subsidi

 Kaum hawa adalah kaum yang mayoritas sangat suka ngemil dan jajan di saat saat genting setelah makan siang. Walaupun jajanan yang kamu beli tak mahal yang hanya gorengan, keripik atau kerupuk namun kalau dilakukan setiap hari dapat menguras kantong juga. Nah, biar hobi jajanmu nggak buat kantong bolong, terapkan sistem subsidi silang. Maksudnya begini, kalau kamu sudah jajan camilan yang cukup banyak hari ini, maka menu makan siang atau malammu harus lebih murah dari biasanya, misalnya dengan sayuran plus tempe atau tahu saja. Nah, besoknya porsi jajanmu dikurangi, biar bisa beli lauk ayam atau daging untuk menu makan siang atau malam. Jajan tetap jalan dan keuangan tetap aman sampai akhir bulan.

  1. Anggarkan Biaya Kebutuhan Sosialmu

Sebagai makhluk sosial tentu kamu juga butuh refreshing dengan teman ataupun sosialisasi dengan orang baru untuk mengupgrade koneksimu. Karena hal ini tak jarang kamu akan membuat janji pertemuan di cafe atau tempat – tempat lainnya yang juga akan mengurangi anggaran gaji kamu. Tetapkan budget Rp. 50.000,- – Rp. 100.000,- sekali hangout. Budget segitu sudah cukup untuk sekadar makan bareng atau karaoke. Biar tidak membuat kantong bolong, sesekali coba untuk kumpul dengan teman di warung tenda pinggir jalan, biar lebih murah. Tidak kalah asyiknya dengan nongkrong di mall atau kafe. Yang penting ‘kan ngumpulnya, bukan tempatnya.

  1. Anggarkan Biaya Terjadwal Kamu

Bagi anak muda terutama kaum hawa, penampilan adalah kebutuhan. Jadi, wajar kalau kamu menganggarkan untuk beli baju dan make up. Boleh saja kamu membeli baju, hijab, sepatu, atau make up. Hanya saja waktunya harus direncanakan, jangan mendadak. Kalau diskonnya menggiurkan, tetap harus diselaraskan dengan pengeluaranmu yang lain. Baiknya rencanakan untuk beli baju sebulan sebelumnya. Termasuk juga make up seperti lipstick dan bedak. Jadi, kalau bulan ini kamu sudah beli baju, maka keinginan untuk beli make up tunda bulan depannya.

  1. Hindari Transaksi Non-tunai Agar Kamu Sadar Atas Pengeluaran Kamu

 Menggunakan transaksi non-tunai seperti kartu kredit kerap kali membuat kamu terlena dan tak sadar telah menggunakan banyak uang untuk berbelanja baran yang sering kali tidak terlalu kamu butuhkan hanya karena sedang diskon besar – besaran. Bawalah uang tunai yang kamu sudah anggarkan ketika berbelanja atau hangout bareng teman. Cara ini mungkin terdengar sederhana tapi efektif untuk menjaga biar anggaran tak gampang jebol. Terutama di era serba digital dan mobile ini, godaan mengeluarkan uang makin banyak dan tambah dipermudah. Dari gerai-gerai ATM yang tambah menjamur, memudahkan menarik uang tunai dimana saja. Toko-toko kecil pun sudah memberikan layanan pembelian via kartu debet maupun kredit. Apalagi situs belanja atau aplikasi online dimana pembelianmu akan selesai hanya dengan satu pencetan tombol.

  1. Investasi

Investasi tak harus mahal. Dengan uang kurang dari satu juta kamu bisa menginvestasikan emas misalnya untuk tabungan kamu di masa depan berhubung emas setiap tahun harganya akan naik jadi tabungan kamu juga tak akan berdiam saja di rekening bank. Kamu juga bisa mulai lebih banyak lagi belajar tentang pasar saham jika tertarik untuk investasi saham.

Gunakan gaji yang kamu dapat dari hasil kerja keras dengan sebijak mungkin. Ingat, jangan mudah terbawa euforia gajian di awal bulan. Supaya keuanganmu selamat hingga akhir bulan dan kalau bisa berkembang.***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *