Tidak Selamanya Menangis Pertanda Sebagai Pribadi Lemah

  • Whatsapp

Tidak Selamanya Menangis Pertanda Sebagai Pribadi Lemah

Wanita memang lebih mudah menangis dibandingkan pria. Wanita lebih memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan dengan para pria. Inilah yang menyebabkan wanita lebih mudah merasa lebih sensitif dan lebih mudah terharu terhadap hal-hal yang berkaitan dengan perasaan. Namun, bukan berarti wanita itu lemah dan rapuh. Beberapa ahli psikolog malah berpendapat bahwa orang yang cengeng dan sering menangis ketika dia mempunyai masalah itu adalah orang yang berani dan kuat. Karena mereka dianggap berani untuk menghadapi masalahnya tanpa lari dari masalah yang ada. Selain itu, lewat menangis juga mereka dapat lebih mudah mengungkapkan apa yang menjadi kesalahan dan kekesalan mereka. Nah, dengan menangis akan membuat perasaanmu lebih lega untuk mengungkapkan apa yang tengah menjadi masalah yang membebanimu.

Read More

Menangis merupakan hal yang manusiawi. Semua orang berhak menangis. Menangis bukanlah pertanda kalau kamu sedang bersedih, menangis juga dapat dijadikan pertanda kalau kamu terharu bahkan tengah berbahagia dengan suatu keadaan. Menangis umumnya diketahui sebagai luapan dari perasaan yang tengah dirasakan seseorang yang ditandai dengan keluarnya air mata dari mata orang tersebut.

Ternyata air mata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kita. Salah satunya adalah membantu tubuh mengeluargkan energi negatif dan mengatasi agar diri tidak merasa tertekan dan takut. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang kamu dapat ketika kamu menangis. Berikut akan kami rangkum untuk kamu.

  1. Menurunkan Tingkat Stress

Orang yang sedang mengalami stress akan mengaku merasa lega setelah mengeluarkan air mata atau menangis. Ketika menangis, tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan hormon yang membuat tubuh tertekan selama stress. Jadi, jangan menahan tangismu ketika kamu sedang merasa sedih. Karena itu akan berefek kepada tekanan darah dan jantung jika tingkat stress Anda terus meningkat tanpa mengeluarkannya lewat tangisan.

  1. Bermanfaat bagi Pikiran

Ketika kamu menangis, air mata akan membantu tubuh memproduksi hormon endoktrin, hormon bahagia yang bertugas untuk menstabilkan pikiran, mood dan keseimbangan emosi.

Dengan situasi ini, akan membantu kita untuk menstabilkan pikiran kita. Dan membantu kita untuk menjadi pribadi yang kuat dengan menghadapi situasi sulit sekalipun. Dengan menangis akan membantu beban meringankan beban yang selama ini memenuhi pikiran kita.

  1. Mencegah Pilek dan Flu

Air mata mengandung zat lisozim yang membantu membunuh 95% bakteri yang ada pada tubuh. Jadi, air mata juga memiliki fungsi untuk menjaga tubuh terhindar dari penyakit. Dengan menangis, akan membantu dan mencegah kita agar terhindar dari pilek dan flu. Dalam hitungan menit, seluruh bakteri yang ada pada tubuh akan dibunuh oleh zat lisozim yang keluar ketika kamu menangis.

  1. Detox

Detox merupakan proses pengeluaran zat beracun yang ada pada tubuh. Salah satu proses detox adalah menangis. Para ahli berpendapat bahwa menangis terjadi karena air mata keluar karena faktor emosional seperti kesedihan akan membantu tubuh mengeluarkan zat beracun yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Pelumasan

Fungsi utama air mata adalah untuk melumasi bola mata agar bisa melihat. Air mata membantu bola mata untuk tetap terjaga kelembapannya sehingga membuat kita bisa tetap melihat dengan baik. Oleh karena itu, jangan takut untuk mengeluarkan air mata ketika sedih menghampirimu, ya, guys. Karena air mata itu pertanda kalau kamu memiliki mental yang kuat dalam menghadapi masalah yang sedang menghampiri. Jangan sekalipun mencoba menahan air mata yang ingin keluar. Karena ini akan berimbas kepada perasaanmu yang semakin tertekan karena tidak adanya ekspresi dari apa yang sedang kamu alami. Jadi, bukan hanya tertawa yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Menangis juga memiliki banyak manfaat yang menjanjikan bagi tubuh kita. Ketika kamu ingin menangis karena tertimpa masalah maka, menangislah sekuatnya agar kamu dapat merasa lega setelah melakukannya dan bebanmupun seketika terkurangi.

Itulah beberapa manfaat menangis yang kami rangkum untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *