Tanda Tangan Digital, Trobosan Kominfo Menuju Masyarakat Cerdas Berbasis Teknologi

  • Whatsapp

Tanda Tangan Digital, Trobosan Kominfo Menuju Masyarakat Cerdas Berbasis Teknologi

Perkembangan teknologi di era global sangat pesat, bahkan kecepatan evolusinya sulit untuk kita ikuti. Jika masyarakat Indonesia tidak pandai berkompromi dengan perkembangan tersebut, maka nasib Indonesia sebagai negara berkembang tidak akan naik level. Disini lah peran pemerintah sangat diperlukan, yakni melakukan trobosan-trobosan teknologi terhadap masyarakat menuju masyarakat berbasis teknologi. Trobosan yang digencarkan oleh pemerintah pun tak ada gunanya jika masyarakat tidak ikut berperan untuk menerapkannya.

Read More

Kementerian Komunikasi dan Informasi menggelar seminar terbuka di Grand Serela Hotel, Jalan Gatot Subroto, Medan pada Kamis (24/11/2016) terkait penjelasan “Pemanfaatan Tanda Tangan Digital”. Acara ini dihadiri oleh staf-staf pemerintahan dan juga mahasiswa, pemaparan manfaat tanda tangan digital guna menuju ekologi masyarakat berbasis teknologi, khususnya Kota Medan.

Samuel Abrijani Pangerapan selaku Dirjen Aplikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bertutur bahwa semua masyarakat menggunakan internet dimulai dari anak-anak usia 5 tahun sampai dewasa. Hal ini yang kemudian akan dibentuk sebagai jaringan masyarakat yang tetap bisa menjaga budaya, nusa terampil dan keamanan. “Masuknya internet telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat dan dunia usaha, namun begitu banyak juga kompleksitas permasalahan yang ditimbulkan, baik dari segi teknis, penyebaran pembangunan, ekonomi, legal dan  sosial budaya. Untuk itu perlu dirumuskan suatu bentuk tata kelola yang dimenyebabkan sebuah pemangku kepentingan untuk merapikan perkembangan ekonomi sesuai dengan arah dan tujuan, jangan sampai teknologi malah memecah belah kita,” tutur Samuel.

Melihat hal tersebut, Indonesia sudah mulai tampak sebagai negara yang akan bertumpu pada teknologi, salah satunya yaitu tanda tangan digital. Tanda tangan digital merupakan tanda tangan elektronik yang dapat membuktikan keaslian identitas pengirim suatu data tanpa adanya perubahan dalam data tersebut. Tanda tangan digital mudah dipindahkan serta tersedia aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat menggunakan password sehingga tidak dapat ditiru oleh siapapun, hal ini menghindarkan terjadinya tindak kriminal.

Tanda Tangan Digital, Trobosan Kominfo Menuju Masyarakat Cerdas Berbasis Teknologi

“Namun dalam melakukan beberapa trobosan perlu diperhatikan beberapa hal yaitu memastikan bahwa trobosan-trobosan yang dilakukan akan mencapai tujuan sesuai UUD 1945, memastikan bahwa kehadiran kita dengan berbagai produk unggulan akan menghasilkan integritas sosial, mumungkinkan kecerdasan bangsa, dan yang terakhir adalah memastikan bahwa kehadiran kita akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan, inovasi dan kreatifitas,” tambah Samuel.

Tanda tangan digital selain memudahkan transaksi elektronik juga akan mendorong penggunaan data tanpa menggunakan kertas. Hal ini dapat diartikan kita juga sudah tidak ketergantungan dengan kertas dan telah melindungi lingkungan serta menghemat sumber daya energi bumi. Dalam 5 tahun terakhir, mulai tahun 2010 sampai 2016, terjadi peningkatan 3 kali lipat jumlah pengguna internet di Indonesia. Saat ini sudah ada lebih dari 130 juta pengguna di Indonesia. Pertumbuhan tersebut meningkat berdasarkan keberagaman pengguna usia, ekonomi, pendidikan, budaya.

Hal ini akan berjalan maju sejalan dengan pengenalan tanda tangan digital terhadap masyarakat Indonesia. Samuel Abrijani Pangerapan menjelaskan bagaimana caranya serta manfaatnya dapat dirasakan oleh instansi pemerintahaan, pebisnis serta masyarakat umum secara tepat dan aman. Hal ini juga terkait peran media, bagaimana media berperan dalam melakukan edukasi.

Nantinya diharapkan semua pengguna internet mempunyai tanda tangan digital. Saat ini sudah sekitar 10.000 masyarakat yang menggunakan. Tanda tangan digital cenderung digunakan oleh orang-orang dengan pengetahuan lebih mengenai keamanan, seminar ini juga bertujuan ratanya pengetahuan serta manfaat yang akan dirasakan masyarakat guna kemajuan Indonesia khusus dalam hal ekonomi untuk menuju Sumatera Utara sebagai Provinsi Cerdas Berbasis Teknologi.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *