IBX5A49C9BC313D6 Sering Gemetaran? Baca Tulisan Ini - Cerita Medan

Sering Gemetaran? Baca Tulisan Ini

Tremor Gemetaran

Terdengar aneh bagi sebagian orang, namun faktanya penyakit atau sindrom yang selalu gemetaran ada di derita oleh manusia. Penderitanya cenderung sering mengalami tangan atau jari-jari tangan yang bergetar dengan sendirinya. Bukan karena takut atau kalut, hal itu sesekali terjadi, namun ada yang penderitanya mengalami kejadian demikian setiap waktu.

Nama lain dari penyakit dan sindrom ini yaitu Parkinson.Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran. Tremor sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Tremor Fisiologis, ini terjadi pada semua jenis otot di dalam tubuh dalam keadaan sadar maupun saat dalam keadaan tidur dalam frekuensi tertentu.Yang kedua yaitu jenis tremor patologis, mengindikasikan adanya masalah pada beberapa organ di dalam tubuh Anda. Pada jenis tremor ini biasanya akan sangat dapat dirasakan pada bagian tangan, jari, kaki, telapak tangan dan kaki, bibir, lidah, kelopak mata, rahang, kepala dan bagian seluruh tubuh.

 

Gejala Awal

 

Hilangnya Indera Penciuman

Hilangnya bau kerap diikuti dengan hilangnya rasa. Dopamin adalah pengantar kimia yang membawa sinyal antara otak dan otot dan saraf di seluruh tubuh. Seperti yang memproduksi dopamin sel mati, indera penciuman menjadi terganggu, dan pesan seperti isyarat bau tidak sampai.

 

Sulit Tidur

Ahli saraf tetap waspada terhadap kondisi tidur cepat yang dikenal sebagai rapid eye-movement behavior disorder (RBD). Orang dengan RBD mungkin berteriak, menendang, atau menggemeretakkan gigi mereka. Mereka bahkan dapat menyerang pasangan tidur mereka. Sebanyak 40 persen orang dengan RBD akhirnya mengembangkan Parkinson paling tidak 10 tahun kemudian.Dua masalah tidur lainnya yang umumnya berkaitan dengan Parkinson adalah sindrom kaki gelisah (kesemutan atau rasa tusukan di kaki dan perasaan bahwa harus memindahkan mereka) dan tiba-tiba berhenti bernapas sejenak saat tidur (sleep apnea).

 

Mengalami Sembelit

Salah satu tanda awal yang paling umum dari Parkinson dan yang paling diabaikan karena ada banyak kemungkinan penyebab adalah sembelit dan kentut. Ini hasil dari penyakit Parkinson yang mulai mempengaruhi sistem saraf otonom, yang mengatur aktivitas otot halus seperti yang bekerja perut dan kandung kemih. Usus dan kandung kemih dapat menjadi kurang sensitif dan memperlambat proses pencernaan keseluruhan.Salah satu cara untuk mengenali perbedaan antara sembelit biasa dan sembelit disebabkan oleh Parkinson adalah bahwa yang terakhir sering disertai dengan perasaan kenyang, bahkan setelah makan sangat sedikit.

 

Berkeringat Secara Berlebihan

Ketika Parkinson mempengaruhi sistem saraf otonom, ia kehilangan kemampuannya untuk mengatur tubuh, yang dapat menyebabkan perubahan pada kulit dan kelenjar keringat. Beberapa orang menemukan diri mereka berkeringat secara tak terkendali ketika tidak ada alasan yang jelas, seperti panas atau kecemasan. Bagi seorang wanita, serangan ini kabur dengan gejala menopause. Istilah resmi untuk gejala ini adalah hiperhidrosis.

 

Perubahan Suasana Hati dan Kepribadian

Ada berbagai perubahan kepribadian terkait yang datang dengan Parkinson, termasuk kecemasan diucapkan dalam situasi baru, penarikan sosial, dan depresi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa depresi pada seseorang yang sebelumnya tidak mengalaminya adalah tanda pertama pada kebanyakan pasien Parkinson.Setelah sebagian besar gejala awal di atas, maka akan muncul gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit Parkinson. Dimana Tremor makin parah dan menyebar, yaitu semakin seringnya tangan dan kaki gemetaran, otot terasa kaku dan tidak fleksibel, pergerakan menjadi lambat, berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

 

Diagnosis

Jika kamu mengalami tangan bergetar sendiri, bisa jadi merupakan gejala Tremor atau Parkinson seperti yang telah di utarakan di atas, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ahli. Hal ini sangat penting dilakukan karena Tremor atau bagian tubuh bergetar sendiri bisa menjadi salah satu indikasi terjadinya sebuah kelainan atau gangguan di dalam tubuh.

 

Pengobatan

Cara mengobati Tremor yang berujung pada Parkinson ini sebenarnya tergantung dari penyebab Tremor itu sendiri. Untuk jenis Tremor Fisiologis yang terjadi karena tubuh kelelahan maka pengobatan terbaik adalah dengan melakukan istirahat yang cukup, hindari kebiasaan merokok serta mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Namun Tremor yang bersifat Patologis, sebaiknya penderita segera melakukan diagnosa jenis penyakit apa yang dideritanya untuk kemudian dapat menemukan cara pengobatan yang terbaik sesuai dengan jenis penyakitnya.***(CM-Ist/Tiara Dalimunthe)

KOMENTAR

BACA JUGA