Sejuta Manfaat dari si Cantik, Kiwi

  • Whatsapp

Sejuta Manfaat dari si Cantik, Kiwi

Buah memang salah satu makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah dapat menunjang kesehatan Anda. Kandungan vitamin C yang paling banyak di dalam buah bahkan dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Serat yang juga terkandung dalam buah dapat melancarkan pencernaan Anda. Salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan serat, serta sangat baik dikonsumsi adalah buah kiwi. Kiwi bahkan memiliki kandungan serat lebih tinggi dibanding pepaya. Selain itu, buah kiwi juga diketahui mengandung enzim actinidin yang memiliki efek melunakkan daging. Dengan kandungan serat yang tinggi di dalam buah kiwi, membuat Anda jadi tidak mudah lapar, sehingga cocok untuk menemani diet sehat Anda.

Read More

Buah kiwi juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan sehari-hari. Buah kiwi bahkan sangat kaya vitamin C, yaitu hingga 3 kali lipat dibanding vitamin C dalam buah jeruk. Buah kiwi juga memiliki 10 kali lipat dari nutrisi yang terdapat di dalam 1 buah apel. Dengan tingginya vitamin C dan nutrisi, buah kiwi dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit agar Anda dan keluarga tetap sehat dan fit.

Mengonsumsi buah kiwi sebanyak 2 buah setiap harinya, bisa mengurangi mood yang buruk, mengatasi kelelahan, depresi, dan meningkatkan semangat Anda sehari-hari. Riset yang diikuti oleh responden berusia 18-35 tahun ini juga mengungkap bahwa kelompok yang mengonsumsi buah kiwi yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah dalam sehari terbukti mengalami penurunan gangguan mood atau suasana hati. Selain itu, konsumsi rutin buah kiwi juga membuat kelompok ini merasakan kelelahan mereka berkurang hingga 33 persen. Sementara itu, depresi mereka terbukti berkurang sebanyak 34 persen, dan semangat mereka meningkat hingga 31 persen.

Buah kiwi juga baik bagi anak untuk menjaga mood-nya yang sering berubah-ubah dan tidak uring-uringan. Tekstur buah kiwi yang lebih manis dan lunak dengan kandungan air yang menyegarkan membuat buah ini sangat mudah dikonsumsi anak-anak. Berikut akan kami rangkum berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah bertekstur cantik ini.

  1. Membantu Pencernaan dengan Enzim

Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan mirip dengan papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas.

  1. Membantu Mengelola Tekanan Darah

Buah kiwi tinggi tingkat kalium membantu menjaga elektrolit dalam keseimbangan dengan menangkal efek natrium.

  1. Melindungi Kerusakan DNA dan Meningkatkan Imun

Kombinasi unik dari antioksidan dalam buah kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker. Buah kiwi tinggi konten vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Untuk Berat Badan

Buah Kiwi rendah indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan terburu-buru membuat insulin yang kuat seperti buah lain dengan isi gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak.

  1. Membantu Memerangi Penyakit Jantung

Makan 2-3 buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 15%. Banyak orang mengambil aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi hal ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Buah kiwi memiliki manfaat anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, manfaat kesehatan hanya tambahan saja.

  1. Cocok Untuk Penderita Diabetes

Kiwi adalah tergolong dalam kategori ‘rendah’ untuk indeks glikemik, yang berarti itu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik dari 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.

  1. Melindungi terhadap Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah atau lebih per hari mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%. Hal ini diduga terkait dengan tingkat tinggi kiwi yang lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran yang diteliti, efek yang sama ini tidak ditampilkan untuk sayuran.

  1. Untuk Keseimbangan Alkaline

Kiwi adalah termasuk dalam kategori paling basa untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan asam, kebanyakan orang mengkonsumsi buah kiwi. Beberapa manfaat dari tubuh asam/ basa yang seimbang untuk kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik berlimpah, mencegah pilek, mengurangi arthritis, dan mengurangi osteoporosis.

  1. Rasa yang eksotis

Kiwi memiliki tampilan dan rasa enak. Anak-anak sering mensukai mereka karena mereka begitu berbeda dari kebanyakan buah-buahan lainnya. Untuk keseimbangan gizi itu selalu baik, daripada berbagai makanan. Setiap makanan memiliki kualitas sendiri yang unik dan kekuatan. Masalahnya dengan diet kebanyakan orang adalah bahwa kita makan seperti sejumlah makanan. Hal ini meningkatkan kemungkinan kita tidak mendapatkan cukup nutrisi penting.

Buah kiwi adalah daftar makanan yang pada umumnya aman dari banyak residu pestisida. Sementara itu baik untuk mendukung bila organik, itu juga baik untuk mengetahui apakah ada bahaya besar, jika organik tidak tersedia atau layak untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.***(E-01/Muhammad Rizky Ananda)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *