Rifal Jaelani, Creator Sticker LINE Asal Medan

  • Whatsapp
Rifal Jaelani
Rifal Jaelani

Setiap orang hidup di dunia ini mencintai seni dan memiliki jiwa seni. Tentunya jiwa seni yang ada pada setiap orang memiliki kriteria yang berbeda satu sama lainnya. Hal itu membuat setiap orang mempunyai kemampuan berbeda-beda dalam melihat kesenian. Menurut Padmapusphita, setiap seni, asal katanya adalah genie dalam bahasa Belanda dan genius dalam bahasa latin. Arti keduanya adalah kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Nah, berarti dapat kita simpulkan kalau orang yang memiliki jiwa seni itu orang yang memiliki kemampuan luar biasa.

Bahkan Ki Hajar Dewantara, menyatakan bahwa  seni sebagai hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan karena melihatnya. Oleh karena itu, perbuatan manusia bisa memengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah, itulah yang dinamakan seni.

Read More

Salah satu seni yang sedang booming di era global ini adalah seni menggambar. Seni menggambar bukanlah hal yang mudah. Namun, tidak jarang juga kita temukan orang yang mahir dalam menggambar. Bahkan banyak orang yang menyalurkan hobinya itu untuk memperoleh uang, contohnya membuat sticker di aplikasi LINE. Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu creator sticker LINE, Rifal Jaelani. Rifal Jaelani, seorang lelaki kelahiran Subang, 5 Juni 1993, merupakan seorang ilustrator yang yang meraih dunia kesuksean melalui bakat yang dimilikinya.

Di era global ini, setiap orang pasti memiliki akun LINE, aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain. LINE bisa digunakan pada berbagai platform seperti tablet, smartphone maupun notebook/ komputer. LINE merupakan salah satu aplikasi chatting yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi meskipun berada di dua tempat yang berbeda. Bicara soal LINE ini, pasti tahu juga dengan sticker yang ada di LINE store ? Nah, kali ini kita akan kupas tuntas tentang salah satu creator LINE yang berasal dari Medan, Rifal Jaelani.

Rifal Jaelani merupakan salah satu alumni dari Jurusan Sastra Cina USU. Rifal Jaelani mengawali kariernya lewat design t-shirt. Namun karena merasa kurang puas dengan pekerjaannya, Rifal mencoba mencari tahu dari tema-teman ilustrator yang kemudian mengantarkannya menjadi creator sticker LINE. Sticker LINE karya Rifal Jaelani, diantaranya Doodle, Georgeous Girl, Mahasiswa, Cowok Mainstream, Mang Odong, Kekinian, Kedan Medan, Si Alan, Anak Yimyam, Preman Varokah dan banyak lagi. Sticker Kedan Medan merupakan sticker pertama yang dibuat oleh Rifal Jaelani di LINE dan yang pernah masuk ke dalam top rank.

Rifal Jaelani, Creator Sticker LINE Asal Medan
Rifal Jaelani, Creator Sticker LINE Asal Medan

Berawal dari mengawali karirnya dalam dunia ilustrator t-shirt di berbagai toko baju yang ada di Medan, seperti Medan Bah dan Tauko Medan. Rifal merasa jika penghasilan yang didapatnya jauh dari target yang diinginkannya.

“Nah, karena pendapatan kurang, makanya saya mencoba mencari usaha lain yang lebih menguntungkan,” ujar Rifal Jaelani kepada reporter Cerita Medan.

Karena keinginan dan tekad yang kuat dari seorang Rifal Jaelani, membawa dia benar-benar menyelami dunia ilustrasi. Pada awal pengambilan keputusan untuk melepas pekerjaannya sebagai ilustrator design t-shirt, Rifal mengikuti workshop ilustrasi yang ada di Bandung. Pada awal menjajakkan kariernya di dunia ilustrasi creator LINE, Rifal sempat merasakan tidak mendapatkan apapun dari apa yang ditelah dibuatnya. Namun, lama-kelamaan Rifal memeroleh buah manis dari jerih payahnya.

Saat ini, cowok berdarah sunda ini hanya fokus menjajaki dunia ilustrasi sticker di LINE dan messenger saja. Hanya dengan bermodalkan bakat yang telah dimiliki sejak kecil, Rifal Jaelani dapat menggantungkan hidupnya dari penghasilannya lewat karyanya di LINE. Bahkan omset yang didapat Rifal Jaelani itu lumayan besar. Nah, kalau aktif terus berkisar 100-200 juta/bulannya. “Saya cuma duduk tenang di rumah dan mendapatkan royalty dari stickersticker yang saya buat,” ucap Rifal.

Komitmen dan kegigihan seorang Rifal Jaelanilah yang mengantarkannya menjadi seorang creator sticker LINE ternama. Banyak juga karyanya dalam bidang ilustrasi. Bahkan 4 dari sticker yang dia buat pernah masuk ke dalam jajaran 10 sticker terbaik di LINE.

Kesuksesan yang dicapai Rifal Jaelani bukanlah hal yang didapat secara instan. Banyak proses dan perjalanan yang harus dijalani. Kesabaran adalah modal utama dalam menerima segala bentuk buah manis dari apa yang kita perjuangkan.

rifal-jaelai

Illustrator itu pekerjaan yang lebih membutuhkan portfolio dan skill, pasti ada kerja keras lebih buat mencapai sesuatu yg kita inginkan dari passion kita. Kalau memang ilustrasi itu passion kita, jalani, tekuni dan jangan cepat puas. Di zaman digital kek gini banyak kali peluang yang bisa kita dapatkan asal ada kemauan dan siap. Jadi yang baru mau terjun di bidang ilustrasi baiknya fokus pada pengembangan skill dulu. Karena hasil yang kita capai itu buah dari proses yang kita jalani,” pesan Rifal.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *