IBX5A49C9BC313D6 Perguruan Tinggi Cendana Medan, Patient dan Persistance adalah Kuncinya - Cerita Medan

Perguruan Tinggi Cendana Medan, Patient dan Persistance Adalah Kuncinya

Perguruan Tinggi Cendana Medan, Patient dan Persistance adalah Kuncinya
Perguruan Tinggi Cendana

Creatting Better Generation, itulah tagline dari Cendana, sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Medan yang sudah berkiprah dalam dunia pendidikan sejak tahun 2003. Terhitung sejak berdirinya, Cendana sudah 13 tahun menciptakan generasi yang lebih baik di setiap tahun kelulusan mahasiswanya.

Mengadopsi sistem pembelajaran berbeda dari institut ataupun perguruan tinggi lainnya, Cendana memotivasi para mahasiswanya untuk menghasilkan segudang prestasi. Menerapkan banyak program guna menunjang tercapainya cita-cita mahasiwanya, diantaranya program “Challenge 365 days”. Program tersebut merupakan program dimana mahasiswa dipaksa untuk mendapatkan pekerjaan selama 365 hari di tahun pertama pendidikannya di Cendana. Hal ini tentu menjadi tekanan bagi para mahasiswa Cendana sekaligus sebagai motivasi agar mereka giat menacari pekerjaan. Setelah pekerjaan telah tercapai, maka tahap sleanjutnya adalah melakukan ketentuan lainnya yakni “Membayar 75% uang kuliah dengan gaji sendiri” dikikuti dengan “Menghargai orang tua”. Program ini tidak terkecuali untuk siapapun, semua mahasiswa wajib melakukan program ini termasuk mahasiswa dengan kehidupan berkecukupan. Bukan hanya itu, pelatihan dan penerapan sikap yang baik juga menjadi salah satu tombak terciptanya generasi yang lebih baik.

Program-program yang gencar digalakkan oleh Cendana terbukti melahirkan banyak prestasi. Tidak hanya prestasi yang menguntungkan Cendana, namun prestasi oleh mahasiswa yang juga mengangkat nama Cendana sebagai salah satu perguruan tinggi berkualitas.

Young Leader” juga merupakan salah satu program unggulan Cendana dalam memotivasi para mahasiswa agar menjadi pemimpin muda. Nantinya para mahasiswa yang telah berhasil mencapai gelar Young Leader akan dikumpulkan dalam satu  acara khusus bagi para alumni sukses Cendana tidak terkecuali bagi Young Leader yang masih aktif sebagai mahasiswa. Diadakannya acara tersebut sebagai penghargaan karena telah berhasil menjadi Young Leader, acara tersebut tentunya dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan alumni Cendana beserta Dinas Pendidikan terkait. Sampai saat ini Cendana sudah berhasil mencetak 328 Cendana Young Leader.

Albert Masli merupakan satu dari sekian banyak mahasiswa berprestasi yang berhasil menjadi Cendana Young Leader. Albert Masli dianugerahkan Rekor Muri sebagai Motivator Termuda No.1 di Indonesia, di usia yang masih 21 tahun. Kala itu, Albert Masli masih aktif sebagai mahasiswa Cendana dan sudah mendapat Rekor Muri.

“Program  Cendana  Young Leader  ini  merupakan  inovasi  baru,  dan hanya  ada  di  kampus  Cendana.  Dan Cendana  sudah  berhasil  melahirkan  328  Cendana  Young Leader  yang  telah tersebar di berbagai kota bahkan di beberapa Negara,” ujar Devina A. Md, S.E. sebagai salah satu penerima Cendana Young Leader dan penghargaan lainnya. Di usianya yang ke-21 tahun, Devina sudah berpenghasilan 3 kali lipat dari UMK (Upah Minimum Kota). Di usia yang terbilang muda, itu merupakan pencapaian luar biasa. Devina bukanlah anak orang kaya, namun Devina mampu melewati segala keterbatasannya. “Patient and Persistance,” begitu ujar Nugroho, selaku Rektor Cendana. Sabar dan tekun dalam melakukan usaha, hanya itu kuncinya.

Penandatanganan MOU dengan Ist Clements Institude
Penandatanganan MOU dengan Ist Clements Institude

Banyaknya prestasi yang dikumpulkan Cendana tak serta-merta membuat Cendana merasa bangga. Cendana baru-baru ini melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan St. Clements Institude, Phnom Phen, Cambodia. Kerjasama ini merupakan jalan baru bagi Cendana untuk bertukar informasi di luar Indonesia. Melalui penandatanganan MoU ini, diyakini mampu membawa perubahan yang lebih signifikan untuk Cendana.

Program-program yang terbilang aneh dan tidak ditemukan di perguruan tinggi manapun ternyata mencatat Cendana sebagai “Kampus Inovatif Sumatera Utara”. Suatu pencapaian membanggakan dan bergengsi untuk seluruh jajaran staf, dosen dan mahasiswa Cendana. Tercatat bahwa Cendana juga sebagai peraih peringkat ke-29 diantara 264 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara. Hal ini membuktikan bahwa Cendana serius menjalankan komitmen untuk menciptakan generasi yang lebih baik.***(CM-05/Chairunnisa)

KOMENTAR

BACA JUGA