Muslim Youth Club Binjai, dari Pemuda Muslim untuk Indonesia

  • Whatsapp
Muslim Youth Club Binjai
Muslim Youth Club Binjai

Muslim Youth Club atau yang kerap disebut dengan nama MY Club adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang merupakan wujud nyata kepedulian pemuda Kota Binjai yang concern pada masalah pelajar dan generasi muda. Hal ini dilatarbelakangi bahwa pelajar dan generasi muda merupakan sebuah aset yang strategis dalam membangun sebuah peradaban. Kondisi pelajar yang sangat strategis dalam piramida sosial masyarakat menuntut perhatian yang tidak sedikit, mengingat saat ini pelajar berada dalam keadaan yang sangat menyedihkan. Pelajar merupakan sasaran yang sangat menjanjikan bagi pengedar narkoba, terjebak dalam aktivitas yang mengarah pada vandalisme, seks bebas, tawuran dan berbagai kerusakan yang mewarnai kehidupannya. Sementara itu, pelajarlah yang kita harapkan untuk melanjutkan peradaban ini.

Dalam keadaan seperti itulah, maka MY Club memberikan sebuah tawaran solusi penyelamatan generasi muda khususnya Kota Binjai. MY Club hadir dalam program-program yang bersifat pembentukan karakter sebuah generasi yang produktif dan intelektual religius. Sesuai dengan namanya MY Club (Muslim Youth Club) concern dalam pelestarian dan penanaman nilai-nilai Islam dalam setiap sisi kehidupan. Hal ini disadari oleh karena Islam dan kehidupan di alam ini sangat memiliki keterkaitan yang merupakan satu kesatuan ciptaan Allah SWT, sehingga tidak ada alternatif yang terbaik untuk tidak menggunakan Islam sebagai sumber referensi.

Read More

Muslim Youth Club Binjai
Muslim Youth Club Binjai

Sejarah terbentuknya Muslim Youth Club berawal dari tujuh orang pegiat dakwah kampus dan sekolah di Medan pada tahun 2004. Berawal dari Kota Medan, MY Club hadir menjadi instruktur di setiap kegiatan keislaman maupun keorganisasian sekolah. Lambat laun, berita baik ini terdengar baik oleh pegiat dakwah kampus lainnya. MY Club semakin merambat ke berbagai daerah. Hingga kini, MY Club hadir di kota-kota yang memiliki pemuda semangat juang meluruskan generasi masa depan. Medan, Binjai, Tebing, Langkat, Asahan, Batubara, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Sibolga, Humbahas, dan daerah lainnya. MY Club berbagai kota tersebut bersinergi mewujudkan visi misi yang selaras, mereka berkumpul dalam satu wadah yang bernama APTB (Aktivis Pembinaan Tunas Bangsa) yang diketuai oleh Andi Pranata, S. Si.

Visi misi yang dimiliki MY Club Kota Binjai sama halnya seperti visi misi yang dimiliki MY Club kota lain. Secara garis besar, visi MY Club Kota Binjai yaitu mencetak generasi muda sebagai pelaku perubahan dalam menciptakan peradaban yang lebih baik. Untuk mencapai visi misi tersebut, dibentuklah  kepengurusan MY Club Kota Binjai yang aktif dan saling bersinergi antar divisi. Adapun  beberapa divisi yang dimiliki oleh MY Club Kota Binjai diantaranya, Divisi Kaderisasi diketuai oleh Hakim Muttaqin, Divisi Hubungan Masyarakat diketuai oleh Muhammad Rizky Ananda, Divisi Bakat Seni dan Kreativitas diketuai oleh Zulham Efendy Harahap, dan Divisi Fundrasing diketuai oleh Nur Diana Matondang. Muhammad Yusuf Fadli, S. Si, Ketua Umum MY Club Kota Binjai yang sebelumnya adalah aktivis dakwah KAMMI Universitas Negeri Medan, kini menjadi orang yang bertanggung jawab atas moral pelajar muslim Kota Binjai.

Muslim Youth Club Binjai

Program-program kerja yang direalisasikan MY Club Binjai berhubungan erat dengan pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kota Binjai. Adapun beberapa program kerja handalan yang menjadi idola bagi para pelajar Kota Binjai, mentoring. Mentoring adalah kegiatan meningkatkan ruhiyah pelajar muslim dari berbagai sekolah yang tergabung dalam organisasi Kerohanian Islam (Rohis). Kegiatan mentoring ini dilakukan setiap seminggu sekali dan yang menjadi kakak/ abang pementor adalah orang-orang yang dimanajemen baik oleh MY Club Binjai. Sesuai namanya, orang-orang yang menjadi kakak/ abang pementor seluruh sekolah binaan MY Club berusia 18 sampai dengan 25 tahun. Ya, masih muda, sehingga tidak ada kecanggungan antara yang dibina dengan yang terbina. Hal itu justru menciptakan kekuatan persaudaraan antara keduanya. Bahkan hampir sebagian besar pengurus MY Club Binjai adalah mahasiswa di berbagai universitas Kota Medan.

Adapula kegiatan lainnya, yaitu jalan-jalan/ rekreasi alam (rihlah), Aksi Tolak Hari Valentine, Hijab Days, Kajian Rutin Rohis, Malam Bina Iman dan Taqwa, Olahraga (riyadhoh), dan lainnya. Dalam waktu dekat, MY Club Binjai juga akan mengadakan MY Club Festival yang akan diikuti oleh seluruh anggota Rohis yang ada di Binjai dan sekitarnya. Sekolah yang dibina MY Club Binjai terdiri dari siswa SMP, SMA, MA, maupun SMK. Diantaranya SMPN 1 Binjai, SMAN 1 Binjai, SMAN 2 Binjai, SMAN 3 Binjai, SMAN 4 Binjai, SMAN 5 Binjai, SMAN 6 Binjai, SMAN 7 Binjai, MAN Binjai, SMKN 1 Binjai, SMKN 2 Binjai,  SMK Kesehatan Binjai, dan SMK Putra Anda Binjai. Semua sekolah tersebut masing-masing memiliki organisasi Rohis, dan setiap kegiatan mereka selalu dibantu oleh kakak/ abang MY Club Binjai.

“Muslim Youth Club Kota Binjai menyadari pentingnya sebuah pengelolaan pendidikan dan pembinaan yang intensif, kontiniu, dan terevaluasi demi menjadikan pemuda Binjai terhindar dari perilaku menyimpang remaja serta  pemuda yang sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan hadits seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya,” ucap Muhammad Yusuf Fadli yang menjadi Ketua MY Club Binjai.

Kota Binjai sebagai kota yang berpenduduk 252.652 jiwa dengan 14.633 siswa tertampung di sekolah yang tersebar di 31 sekolah pun belum semua siswa muslim yang dapat tergabung dalam Rohis. MY Club Binjai berharap ke depannya mampu memkasimalkan program kerja yang ada, sehingga tercipta pelajar muslim yang dapat dijadikan contoh pelajar sekarang ini. Seperti yang ditambahkan oleh Muhammad Yusuf, “Sekarang ini kami tidak sedang berbicara soal berapa banyak siswa yang tergabung dalam Rohis dan mengikuti mentoring, namun kami sedang memikirkan dan mengoptimalkan pelajar muslim yang berkualitas. Biarpun sedikit, namun berkualitas”.

Logo Muslim Youth Club Binjai
Logo Muslim Youth Club Binjai

Misi MY Club saat ini adalah terus melakukan monitoring Rohis se-Kota Binjai demi mewujudkan kemajuan yang komprehensif dan berkesinambungan. Hal itu dilakukan dengan cara melibatkan para siswa yang bergabung dalam Rohis untuk melakukan kegiatan recruting, pembinaan, secara bertahap melalui Fornusa Kota Binjai (Forum Rohis Nusantara) serta mengarahkan para siswa untuk terlibat aktif dalam isu keumatan yang bersifat lokal, nasional dan internasional sebagai bentuk rasa ukhuwah berbangsa dan bernegara. Yang pada akhirnya, akan terwujud iklim positif  bagi dunia pendidikan remaja di Kota Binjai karena pendidikan dan pembinaan yang kita lakukan mendapatkan hasil yang kita inginkan.***(E-01/Muhammad Rizky Ananda)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *