IBX5A49C9BC313D6 Mengenal Seni Budaya Jepang Melalui Ikebana Sogetsu - Cerita Medan

Mengenal Seni Budaya Jepang Melalui Ikebana Sogetsu

Ikebana Sogetsu

Indonesia adalah negara yang terbentang dari barat hingga ke timur. Sedangkan Jepang adalah negara yang membentang dari selatan hingga ke utara. Perbedaan wilayah tentunya menghadirkan beragam perbedaan, salah satunya adalah perbedaan budaya. Cukup banyak budaya dari negeri sakura ini yang terkenal hingga ke mancanegara seperti, upacara minum teh, seni beladiri kendo dan judo, origami, sumo, anime atau manga hingga kesenian merangkai bunga yang dikenal dengan nama Ikebana. Di Indonesia khususnya kota Medan tidak sedikit masyarakat yang menggemari seni merangkai bunga ini.

The Cityhall Club yang bernaung dibawah Grand Aston Cityhall Hotel and Serviced Residences Medan secara rutin menggelar kegiatan seni merangkai bunga Ikebana. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Konsulat Jepang untuk kota Medan. Selain untuk memperkenalkan kesenian merangkai bunga yang syarat akan manfaat bagi masyakarat, kegiatan ini juga merupakan bentuk persahabatan antara kedua negara. Kelas Ikebana bahkan langsung diajarkan oleh Nyonya Morikawa Miyoko, selaku istri dari Konsulat Jendral Jepang untuk kota Medan.

Morikawa Miyoko

Kelas merangkai bunga ini merupakan kali kelima diadakan di The Cityhall Club, pada hari Rabu tanggal 30 November 2016 mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai. Peserta cukup membayar IDR 225,000,- untuk mengikuti kelas ini. Biaya tersebut sudah termasuk bunga, snack dan pelatihan merangkai bunga.

peserta-antusias-mengikuti-kelas-ikebana

“Kegiatan merangkai bunga ini merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati oleh member The Cityhall Club dan juga masyarakat kota Medan. Itulah mengapa kita secara rutin mengadakan kelas merangkai bunga ini, dan ini sudah merupakan kelima kalinya. Antusias masyarakat masih sangat tinggi mengikuti kelas ini. Tentunya selain melatih keterampilan masih banyak manfaat lainnya yang didapat dengan merangkai ikebana. Bila ditekuni dengan seksama, seni merangkai Ikebana ini bahkan bisa menjadi pemasukan tambahan untuk ibu-ibu rumah tangga,” ucap Grace Fiffien selaku Direktur Club The Cityhall Medan.

Tak seperti kegiatan merangkai bunga pada umumnya. Merangkai bunga di Jepang menggunakan beberapa objek alami yang kemudian dipadupadankan dengan bunga. Seperti batu, ranting, daun, atau mungkin kaca pun bisa dipakai untuk merangkai bunga. Di awal kemunculannya,rangkaian Ikebana cukup sederhana. Hanya 3 tangkai bunga yang disusun simetris. Bunga utama dalam Ikebana adalah bunga yang lebih tinggi atau lebih panjang. Sedangkan dua bunga lainnya harus lebih pendek dan diletakkan di kanan-kiri bunga utama. Ikebana diperkirakan sudah dikenal masyarakat Jepang sekitar abad ke-6.

“Untuk aliran ikebana sendiri cukup banyak, saat ini yang kita fokuskan adalah ikebana sogetsu. Prinsip aliran ini biasanya mengikuti hidup gaya kontemporer. Dalam aliran ini alat untuk meraih nuansa kehidupan terdapat dalam kehidupan beragam tanaman serta bunga yang berwarna-warni.  Aliran ini juga sekaligus menjadi wadah untuk mengekpresikan kebebasan berkreasi. Kedepannya jika peserta sudah menguasain elemen-elemen dalam aliran sogetsu ini, kita juga akan membuka aliran ikebana lainnya,” tambah Grace Fiffien selaku Direktur Club The Cityhall Medan.

Morikawa Miyoko

Bagi wanita Jepang menguasai ilmu ikebana tidak hanya berarti menguasai ilmu untuk menghias ruang tetapi juga merupakan persiapan untuk sebuah pernikahan. Sebagian wanita yang dibesarkan di keluarga yang berkecukupan atau pun kelas atas biasanya mempelajari Seni Ikebana yang juga dipandang sebagai simbol wanita yang sesungguhnya. Tidak hanya bagi wanita Jepang, menguasai kesenian juga merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh perempuan Indonesia. Disamping itu ada banyak manfaat yang didapatkan dengan berlatih kesenian atau merangkai bunga. Salah satunya adalah menghilangkan stress dan mengembangkan kreatifitas. Bagi masyarakat kota Medan yang belum berkesempatan untuk mengikuti kelas merangkai bunga, dapat mengikuti kelas ini dipertemuan selanjutnya. Untuk informasi mengenai kelas ikebana dapat menghubungi nomer 061 – 455 7000.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA