Memajukan Industri Kreatif Indonesia Melalui Komik Strip Digidoy

  • Whatsapp
Komik Strip Digidoy
Komik Strip Digidoy

Industri kreatif kini kian menunjukkan eksistensinya melalui tangan-tangan kreatif karya anak bangsa. Terkhusus Kota Medan, kota penuh pesona dan talenta berbakat di berbagai bidang. Modeling, film, musik, dan berbagai macam bidang kreatif lainnya sukses mengirimkan kandidat pemuda-pemudi Kota Medan untuk bersaing ke tanah air maupun negeri seberang. Tuntutan ekonomi modern sebagai masuknya jalur Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat tantangan baru bagi anak – anak muda Indonesia khususnya Medan untuk semakin berinovasi menghasilkan Mahakarya agar terus dapat menguasai pasar Indonesia agar tak kembali dijajah oleh bangsa asing sejak jalur MEA dibuka.

Adalah dua orang pemuda Medan bernama Dodi dan Arief yang memiliki semangat untuk menjawab tantangan tersebut di dunia industri kreatif yang kian marak, dengan menetaskan karya bernama Digidoy. Berangkat dari ide – ide segar dan tangan – tangan ajaib yang dimiliki keduanya ini saling bersinergi untuk membuat dua karakter komik bernama Digi yang merupakan karakter makhluk luar angkasa dan Doy yang merupakan anak Medan yang juga sahabat Digi di bumi. Dimana pada akhirnya, keduanya bersinergi dalam komik strip di tahun 2014 yang mereka beri nama Digidoy. Komik strip ini juga bertujuan untuk merepresentasikan kearifan lokal Kota Medan ke dunia melalui cerita – cerita yang disajikan Digidoy yang termasuk cerita horror, action, dan lainnya.

Read More

“Karakter di komik itu ada dua awalnya, ada Si Digi sama Si Doy. Jadi komik ini menceritakan tentang mereka berdua. Terus, karakter komik nambah dua lagi tapi nama tetap Digidoy. Memang ada kekurangannya karena namanya gak terkesan Medan kali. Tapi, ada juga kelebihannya namanya bisa jadi lebih meluas ke luar Medan juga makanya tetaplah dibuat Digidoy,” terang Dodi, salah satu founder Digidoy.

Dodi juga menerangkan alasan mereka memilih untuk menampilkan komik dalam bentuk komik strip karena mudah untuk dinikmati siapa saja termasuk yang bukan pecinta komik sekalipun. Komik yang habis dibaca hanya dalam satu halaman ini pembaca dan penikmatnya bisa lebih luas daripada komik strip karena komik series biasanya hanya dinikmati oleh para penggemar komik series itu sendiri saja. Ide komik strip muncul bertujuan untuk mengajak orang – orang di luar pecinta komik untuk ikut menikmati dan melihat komik – komik yang disajikan. “Ya jadi kan, sebelumnya orang – orang yang gak suka sama komik pun bisa jadi tertarik karena lihat di satu halaman socmednya muncul tentang komik strip yang biasanya juga mengangkat topic sehari-hari jadi mereka bisa jadi tertarik dan ikut baca komik strip selanjutnya,” tutur pria berkacamata ini.

Digidoy sendiri dapat dinikmati via social media seperti Official Line, Instagram, Facebook, Twitter, dan juga Web yang setiap minggunya up to update. Setiap satu kali update, maka serentak semua materi publikasi akan di update di semua platform social media yang dimiliki Digidoy. Untuk situs web sendiri, pihak Digidoy masih mencari platform yang cocok yang tak hanya menampilkan Digidoy saja tapi diharapkan juga dapat berkolaborasi dengan para komikus lain. Untuk beberapa tahun ke depan, Dodi juga memiliki keinginan untuk membesarkan Digidoy dengan cara dapat membuat karya baru yang tak hanya komik, namun juga dapat menelurkan animasi, komik series yang nantinya akan merajai toko – toko buku, dan yang terpenting adalah berkolaborasi dengan talenta – talenta kreatif lain yang diwadahi oleh Digidoy untuk memajukan industri kreatif di Kota Medan.

Video Sejarah Komik Strip Digidoy

Sebagai penggagas di industri kreatif, Dodi juga berpesan pada masyarakat luas khususnya anak muda Medan untuk berani unjuk gigi dan tidak perlu malu – malu untuk menunjukkan karya yang dimiliki. “Posting saja ke social media, jangan malu intinya. Social media itu media yang paling mudah dan murah untuk menampilkan karya kita,” tutup Dodi di akhir wawancara.***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *