Medan Universal MTB Club, Budayakan Hidup Sehat

  • Whatsapp
Medan Universal MTB Club, Budayakan Hidup Sehat
Medan Universal MTB Club Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat jarang dilakukan oleh generasi muda. Bukan salah siapapun jika malas berolahraga sudah menjadi budaya orang Indonesia. Untuk keluar dari rumah beberapa meter saja menggunakan kendaraan, apalagi kalau harus melakukan olahraga rutin? Hal ini memang sudah menjadi dampak pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak kendaraan dipasarkan maka semakin banyak orang yang berbondong-bondong membeli dan mengendarainya. Boleh-boleh saja, tapi apa salahnya setiap minggu luangkan waktu untuk berolahraga. Bukan hanya memelihara tubuh sehat namun akan berdampak positif untuk lingkungan bukan?

MUMTBC (Medan Universal MTB Club) adalah satu dari sekian banyak komunitas anak muda di Medan, namun berbeda dengan komunitas lain, MUMTBC merupakan komunitas bersepeda yang sangat mendukung pola hidup sehat. Namanya saja sudah komunitas bersepeda, selain rutin bersepeda, semua anggota MUMTBC pasti memiliki tubuh sehat serta juga bertubuh atletis. Bayangkan saja, bersepeda rutin bahkan sampai bermil-mil jarak yang ditempuh.

Read More

Berawal dari hobi sembari mengisi kekosongan hari di akhir pekan ditambah lagi identitas sebagai anak perantauan yang jauh dari keluarga, 4 sekawan Rudi, Dirman, Robi, Malik menjadikan bersepeda sebagai salah satu daftar kegiatan dalam agenda kegiatan mereka. Melihat banyaknya komunitas berkualitas di Medan, hal ini kemudian mendasari munculnya ide bagi 4 sekawan tersebut untuk juga membuat sebuah komunitas di Medan, namun komunitas yang sangat jarang, yakni komunitas bersepeda. Komunitas bersepeda belum terbentuk, dikarenakan jumlah anggota yang hanya mereka ber-4 saja.

Maka terbentuklah MUMTBC (Medan Universal MTB Club) pada malam takbiran Hari Raya Idul Adha tahun 2015. Sebelumnya komunitas ini masih berdiri dengan nama Medan Utara MTB Club, namun karena banyaknya antusias para pemiliki sepeda yang berasal dari penjuru Medan, nama Medan Utara dianggap tidak relevan. Akhirnya seluruh pemilik sepeda yang mulanya jarang menggunakan sepedanya dengan alasan malas, jenuh, tidak ada teman tidak lagi berpikir panjang jika ingin bersepeda karena sudah memiliki wadahnya di MUMTBC.

Kepengurusan MUMTBC ini hanya terdiri dari 1 divisi Humas, diketuai oleh Rudi. Bendahara dan Sekretaris diamanahkan kepada Wiwik dan Suci, Sedangkan Amanah Ketua diberikan kepada Salim.

Medan Universal MTB Club, Budayakan Hidup Sehat

“Sebenarnya banyak orang di Medan yang punya sepeda, cuma jarang-jarang dipakai, bermacamlah alasannya, makanya MUMTBC juga sebagai salah satu wadah penampung para bikers sepeda,” ujar Suci selaku sekertaris MUMTBC. Banyak manfaat yang dirasakan oleh Suci selama sudah 1 tahun lebih bergabung dalam MUMTBC. “Jadi punya banyak teman bahkan keluarga baru, saya dan Suci sebagai anggota wanita termuda merasa terayomi oleh anggota lain yang usianya jauh diatas kami, banyak mendapat ilmu serta melatih sopan santun saat bertata krama dengan orang tua,” itulah manfaat lain dari bersepeda menurut Putri disamping mendapat tubuh prima.

Kegiatan utama yang dilakaukan MUMTBC sudah pasti bersepeda, namun yang patut diacungi jempol adalah rute bersepedanya. Bukan main, rute bersepeda yang dipilih adalah jalur tracking yang extrim, mengingat banyak juga anggota wanita MUMTBC. Jalur extrim tentu menjadi kekhawatiran bagi kita yang belum terbiasa, namun bagi para wanita-wanita tangguh, jalur curam, berbatu dan berlumpur sudah makanan sehari-hari. Jalur terjauh adalah rute Medan menuju Langkat tepatnya Palaruga, semua anggota mengkayuh pedal sepeda penuh seharian mulai dari Medan sampai Palaruga tanpa bantuan mobil sedikitpun. Banyak keuntungan lainnya yang didapat, MUMTBC juga pernah menjadi anggota marshall Pocari Sweat di ajang kompetisi lari.

Medan Universal MTB Club, Budayakan Hidup Sehat
Medan Universal MTB Club goes to Pelaruga, Binjai

Bukan hanya bersenang-senang dengan bersepeda, MUMTBC juga sangat pro terhadap momen bersejarah di Indonesia, misalnya saja peringatan Hari Sumpah Pemuda. Melalui sepeda, MUMTBC membangkitkan semangat kepahlawanan masyarakat dengan mengayuh sepeda sekaligus membuka mata para pengendara agar tidak terus-terusan memberikan polusi di Medan. Untuk satu hari ataupun satu jam saja. Dalam sebulan, MUMTBC melakukan tracking berjarak puluhan kilometer sebanyak 2 kali, sedangkan selalu mengadakan perjumpaan rutin seminggu sekali pada minggu pagi di Lapangan Merdeka Medan. “Untuk anak Medan yang ingin bergabung silakan langsung DM (Direct Massage) akun instagram @mumtbc,” tambah Suci di akhir sesi wawancara pada Tim Cerita Medan.

Budayakan hidup sehat, tubuh sehat, pikiran juga sehat. Karena saat semua Sumber Daya Manusia sehat, Negara pun maju. Ayo hidup sehat!***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *