Manfaat Diam Bagi Otakmu

  • Whatsapp

Manfaat Diam Bagi Otakmu

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk saling bercerita dengan teman-temannya. Bahkan, banyak dari kita menganggap bahwa berbicara itu sangat baik bagi emosi kita. Apalagi ketika kita tengah ditimpa suatu permasalahan yang membutuhkan solusi dari orang yang terdekat dengan kita. Dengan berbicara dengan orang lain, tentunya akan membuat kita merasa lebih lega dan merasa beban yang kita hadapi itu lebih ringan.

Read More

Dengan berbicara tentunya membuat kita lebih mudah untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan. Bagaimana orang akan tahu tentang perasaan kita jika itu tidak terucap dari mulut kita? Namun, ternyata diam juga memiliki beberapa manfaat bagi otak, loh. Ternyata manusia membutuhkan keheningan dalam hidup. Bunyi yang didengar manusia terlalu banyak hingga dapat dianggap sebagai polusi akustik. Bahkan Islam pun mengajarkan lebih baik diam daripada harus mengucapkan hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan terkadang membuat orang lain sakit hati karena ucapan kita. Mengurangi kadar bunyi yang didengar dalam satu hari dapat memberikan ketenangan bagi otak, berkut akan kami rangkum manfaat diam bagi otak.

1. Regenerasi Sel-sel Otak

Penelitian pada tahun 2013 yang terbit di jurnal Brain, Structure and Function menganalisa respon dari otak tikus pada berbagai macam suara yang berbeda dalam keheningan. Dengan mengejutkan, tikus diberi waktu selama 2 jam di keheningan nyatanya mengembangkan sel-sel yang ada di otak bagian hippocampus yakni bagian otak termasuk ingatan, emosi dan cara belajar. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa regenerasi sel-sel otak manusia juga akan sama regenerasi dari otak tikus. Regenerasi sel-sel otak akan mudah terjadi jika manusia sedang dalam posisi diam dan dalam keheningan.

2. Membuat Otak Fokus Menerima Informasi

Ketika hening, tanpa ada gangguan suara, biasanya akan membuat kita lebih fokus dalam berpikir dan menerima informasi yang diberikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahkan, hasil penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa pada saat tidur otak lebih mudah dalam menerima informasi karena pada saat tidur kita dapat merasakan keheningan sehingga membuat kita lebih mudah fokus terhadap sesuatu.

3. Melepas Stress dan Beban Pikiran

Ketika kita merasa stress dan tengah memiliki beban pikiran, hal yang paling efektif mengatasinya adalah dengan menjauhkan diri dari segala keributan dan keramaian. Nah, inilah yang sering menjadi alasan mengapa orang Jakarta sering berlibur ke puncak ketika weekend. Ya alasannya cuma satu, yaitu untuk mendapatkan ketenangan dari udara sejuk yang ada di puncak.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Keadaan suara yang terlalu bising dapat memperlambat dan menghambat otak dalam mengembangkan kognitifnya. Jika dalam kondisi yang tenang, otak lebih mudah untuk berpikir dan belajar. Jadi kalau ingin mendapatkan proses belajar yang maksimal bagi anak, maka belajarlah ketika keadaan tenang dan tanpa suara yang membuat terganggu bagi otaknya untuk berpikir.

Itulah beberapa manfaat yang kamu peroleh jika kamu mampu berdiam. Namun, tidak selamanya diam itu juga baik bagi dirimu, loh, guys. Pasalnya, jika kamu sedang merasa kesal dengan seseorang maka, hendaknya kamu langsung mengungkapkan dengan orang bersangkutan. Bukan malah diam dan terus menyimpan dendam, ya.

Selain itu, diam juga tidak pelu menjadi alasan untuk tidak menjawab sapaan dari orang lain. Sesibuk dan seserius apapun hal yang kamu lakukan, hendaklah sesekali kamu melalukan komunikasi dan interaksi dengan orang sekitarmu sehingga tidak akan menyebabkan ototmu pegal karena berada dalam satu posisi yang kamu lakukan terus-menerus. Dan itu akan membahayakan bagi dirimu juga nantinya.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *