LPM Dinamika Gelar Pekan Kreativitas

  • Whatsapp

pekan-kreatvitas-lpm-dinamika-di-uin-su

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), Senin (07/11/2016) mengadakan Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa atau yang sering disingkat  dengan Pena Persma yang dimulai sejak tanggal 7-12 November 2016 di halaman Aula UIN Sumatera Utara.

Read More

Pena Persma merupakan pelatihan yang diadakan untuk seluruh Pers Mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Pena Persma mempunyai rangkaian acara diantaranya Pekan Kreativitas, Workshop Kepenulisan dan Motivasi, acara terakhir  dan sekaligus acara puncak yaitu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional. Acara Pena Persma juga mengadakan berbagai perlombaan bagi masyarakat umum baik dari kalangan anak-anak, pelajar, maupun mahasiswa.

Pekan Kreativitas merupakan wadah bagi warga, pelajar serta mahasiswa dalam menunjukkan bakatnya. Pekan Kreativitas merupakan program wajib LPM Dinamika yang diadakan di setiap tahunnya. Acara tahunan yang selalu dinantikan para jurnalis mahasiswa Sumatera Utara ini diisi dengan berbagai stand dari para sponsor dan pedagang apa saja yang ada di Kota Medan. Stand bazar yang mengisi Pekan Kreativitas selama 4 hari ke depan diantaranya stand Tupperware, accessories, Rumah Burger, Rumah Zakat, Agromedia, Kedai Faiza, Lembaga Pendidikan, Obat Herbal, Venus, Wardah, Pop Mie, Tora Bika, Blue Bird, Indosat Ooredoo, Vitacimin, Tora Bika, Zoya, Wardah, Bank BRI, Teh Sosro, Madani Hotel Medan, Pawyca, Syahpira, Sophie, Exito X Prime Production, On The Stage,  serta Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Medan

Selain menjadi pengisi stand Pekan Kreativitas, beberapa diantaranya juga merupakan sponsor dari acara Pena Persma, seperti Indosat Ooredoo, Vitacimin, Tora Bika, Zoya, Wardah, Bank BRI, Teh Botol Sosro, Madani Hotel Medan, Pawyca, Blue Bird, Syahpira, Sophie, Exito X Prime Production, On The Stage,  dan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Medan. Bazar yang difasilitasi oleh LPM Dinamikan dilaksanakan selama Pekan Kreativitas berlangsung, 4 hari berturut-turut.

Di hari pertama ada dua lomba yang akan dilangsungkan, yaitu lomba fashion show muslimah tingkat pelajar/ mahasiswa dan lomba mewarnai tingkat TK. Sedangkan lomba foto on the spot diadakan dari pertama dan kedua. Kemudian di hari Rabu akan diadakan lomba cipta & baca puisi. Dan di hari terakhir, hari Kamis, akan diadakan lomba ranking satu yang terbuka bagi seluruh mahasiswa UIN SU secara gratis.

Ahmad Azwar Batubara, selaku ketua panitia Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa memaparkan bahwa pada tahun ini ada peningkatan antusiasme dari para pelajar atau mahasiswa. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya jumlah peserta yang ikut dalam setiap lomba yang diadakan. “Contohnya saja lomba cipta dan baca puisi, kita targetkan 50 peserta. Dan ternyata melebihi target yang kita tetapkan,” ucap Ahmad Azwar.

Menurut paparan manager lomba pada Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa, Dewi Suci Khairani bahwa lomba mewarnai diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari TK Nurul Ilmi, Muhammmadiyah, Al- Ulum, Khairin Kids, dan Ayu School. Lomba mewarnai ini diikuti oleh anak berumur 5-7 tahun.

Sedangkan lomba cipta & karya pada hari Rabu, diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari  UIN SU, UNIMED, USU, UMN, MAN 1 Medan, MAS TPI Medan, SMA Teladan Medan, Al Washliyah, dan MAN 3 Medan. Lomba fashion show muslimah diikuti oleh 62 peserta yang berasal dari SMK Penerbangan, Al- Washliyah, SMA Teladan, SMK Eria,  SMA Aktif Dewi Maya, MAL UIN, UMN, UNIMED, UIN. Sedangkan untuk lomba foto on the spot diikuti oleh 30 peserta yang didominasi oleh pelajar dari berbagai SMA di Sumatera Utara.

Selain itu, pada Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa ini akan diadakan diadakan Workshop Kepenulisan dan Motivasi di hari Rabu yang akan dibawakan oleh penulis Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi. Di hari itu juga akan ada acara pembukaan Pelatihan Nasional Pers Mahasiswa secara resmi. Jadi, bagi kamu yang ingin berjumpa dengan Ahmad Fuadi dan meraih ilmu yang disampaikannya, silakan mengunjungi kampus UIN Sumatera Utara di hari Rabu, ya.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *