Kepala Sekolah Kunci Sekolah Bermutu

  • Whatsapp
Kepala Sekolah Kunci Sekolah Bermutu
Kepala Sekolah Kunci Sekolah Bermutu

Mutu sebuah sekolah dikomandoi oleh Kepala Sekolah itu sendiri. Kepala Sekolah yang berlatarbelakang sekolah negeri maupun sekolah swasta terus berlomba dan bersaing untuk memajukan sekolah yang dikelola.

Kadisdik Toba Samosir (Tobasa), Lalo Hartono Simanjuntakmenyebutkan dua faktor penentu keberhasilan siswa dalam pendidikan, yaitu siswa itu sendiri dan guru. “Mengubah cara belajar siswa dan mengubah cara mengajar guru akan memengaruhi keberhasilan siswa di masa depan,” tegas Lalo.

Read More

Dewasa ini, Mendikbud sedang memikirkan bagaimana caranya memperbaiki segala kesalahan sistem yang berlaku pada guru di seluruh Indonesia. Baik itu sistem belajar mengajar maupun kurukulum. Sebab, tidak sedikit sekolah di Indonesia yang masih mempraktikkan kurikulum berbasis KTSP. Maka dari itu, Kepala Sekolah ditutut cerdas dan pro aktif dalam merancang program sekolah yang sesuai dengan era sekarang ini.

Dinas Pendidikan Toba Samosir mengirimkan 120 Kepala Sekolah seluruh Toba Samosir untuk dilatih kepemimpinan mengikuti program USAID PRIORITAS. Program USAID PRIORITAS merupakan program lima tahun yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Pelatihan ini dibawakan langsung oleh USAID PRIORITAS yang telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Toba Samosir sejak tahun 2013. Ini adalah program yang sengaja dirancang khusus agar siswa di Indonesia mampu menerima pendidikan berkelas dunia.

Sebab kepemimpinan Kepala Sekolah yang akan berperan penting menjaga mutu sekolah yang dipimpin. Hal yang terjadi di Indonesia sekarang adalah degradasi budaya membaca. Maka, Kepala Sekolah juga harus berpikir cerdas dalam menjalankan sebuah program pembudayaan membaca di kalangan siswa. “Itu sebabnya kepala sekolah perlu dilatih,”ujar LaloHartono.

Berbagai materi pelatihan yang disampaikan terdiri dari “Cara PengembanganSekolah Secara Menyeluruh (Whole school development).”Baik itu pengembangan melalui pembelajaran ataupun manajemen sekolah.Kepala Sekolah Tobasa juga diharapkan mampu menguatkan peran serta masyarakat dalam menunjang peningkatan mutu sekolah yang terukur serta berbasis data.

Core bussines sekolah adalah pembelajaran, itu sebabnya pembelajaran jadi prioritas program. Karena model pembelajaran terus berkembang sesuai zaman, maka kapasitas Kepala Sekolah harus pula terus ditingkatkan. Tujuannya agar mereka bisa mendesain program sekolah yang sesuai tuntutan zaman,” terang Juru Bicara USAID PRIORITAS Sumatera Utara, Erix Hutasoit.

120 Kepala Sekolah yang menjalankan pelatihan tergabung dalam Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) untuk SD dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk SMP. Lalo menambahkan, “Pelatihan baru bisa disebut berhasil jika dipraktikkan. Karena itu KKKS dan MKKS harus menindaklanjuti dampak pelatihan serta melaporkannya secara periodik.”***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *