IBX5A49C9BC313D6 KBBI sebagai Wadah Berbagi Relawan Sejati - Cerita Medan

KBBI Sebagai Wadah Berbagi Relawan Sejati

Komunitas Belajar Beramal Indonesia
Komunitas Belajar Beramal Indonesia

Menjadi relawan bukanlah hal yang mudah. Apa sebab? Pasalnya tidak semua orang memiiki sifat yang rela dan ikhlas ketika harus berbagi dengan orang yang membutuhkan. Bahkan, orang yang dikatakan mampu pun belum tentu dapat ikhlas untuk menyumbangkan hartanya untuk setiap kegaiatan amal yang dilakukan para penggerak komunitas. Oleh karena itu, para pemuda yang tergabung dalam komunitas sosial ini dapat diapresiasi dan diacungi jempol.

KBBI disini bukanlah singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, namun KBBI adalah singkatan dari Komunitas Belajar Beramal Indonesia. KBBI sendiri dibentuk pada tanggal 9 September 2013. Founder dari KBBI ini merupakan salah satu mahasiswa jurusan PGMI UIN Sumatera Utara, M. Rizqi Hidayat, S. Pd. I.

Saat ini, KBBI sudah memiliki jumlah anggota 100 orang yang terdiri dari kalangan mahasiswa. Anggota komunitas ini didominasi dari kalangan mahasiswa UIN SU, kemudian menyusul Unimed, UMN, USU, dan Potensi Utama.

Komunitas Belajar Beramal Indonesia, satu diantara sekian banyaknya komunitas anak muda Kota Medan yang membanggakan. Pasalnya, komunitas ini dibentuk dengan tujuan memberikan pendidikan bagi para anak jalanan dan anak yang kurang mampu dalam memperoleh pendidikan.

KBBI dibentuk berdasarkan kesadaran dari para pemuda yang ingin memperbaiki pendidikan Indonesia. Sedangkan nama KBBI sendiri dibentuk karena mengikuti filosofi dari kamus KBBI,  mereka beranggapan bahwa KBBI dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi masyarakat seperti layaknya kamus KBBI.

Di komunitas KBBI ini, para anggota dibagi atas 4 divisi, yaitu Divisi Pendidikan, Divisi Keuangan, Divisi Humas, dan Divisi Cinta Lingkungan. Masing-masing divisi tersebut memiliki tanggung jawab dan program kerja yang saling mendukung. Divisi Pendidikan bertanggungjawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, seperti pencarian anak-anak yang ingin dididik sampai dengan Rumah Singgah yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Divisi keuangan bertanggungjawab atas segala bentuk pembiayaan, baik itu dalam setiap event  yang diadakan KBBI maupun program kerja lainnya. Sedangkan Divisi Humas bertanggungjawab atas segala bentuk kesekretariatan dan segala proposal yang akan diberikan kepada para donatur. Dan terakhir Divisi Cinta Lingkungan, divisi ini bertanggungjawab atas segala lokasi yang akan dijadikan studi alam bagi anggota KBBI. Studi alam disini bermaksud untuk melihat potensi-potensi alam yang masih asri. Lokasi tersebutlah yang dapat dijadikan sebagai tempat bagi anggota KBBI untuk melakukan berbagai kegiatan komunitas, seperti pengukuhan anggota baru misalnya.

Pada awal pembentukan KBBI, KBBI hanya berfokus kepada pendidikan saja. Karena pada masa itu, pendiri KBBI masih berdasarkan kepada kamus KBBI itu sendiri. Dimana kamus KBBI itu sering digunakan dalam dunia pendidikan. Nah, begitu juga dengan komunitas KBBI ini, mereka masih mengutamakan pendidikan dalam setiap kegiatannya. Karena bagi mereka pondasi utama dalam setiap kehidupan ini adalah pendidikan. Jika setiap warga negara memperoleh pendidikan yang layak, maka bisa disebut sejahtera pula seluruh kehidupan masyarakat di negeri ini.

Kini semakin bertambahnya usia komunitas KBBI, para anggota KBBI berniat untuk memperbesar ruang lingkupnya yang kini tengah merambat kepada aksi sosial sigap bencana alam. Namun, berkaitan dengan hal itu tentunya KBBI juga harus menambah anggota dan mempercepat pergerakan dalam menjalankan setiap visi dan misinya.

Tidak hanya berkiprah di bidang pendidikan, KBBI juga pernah ikut ambil alih dalam penanggulangan bencana alam. Seperti pada saat gencarnya asap yang mengganggu sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Kota Medan. KBBI ikut turun tangan dalam kegiatan amal untuk membagikan masker kepada pengguna jalan.

Jika para pembaca berniat untuk memberikan donasi berupa buku, ilmu, dan sebagainya, silakan langsung saja datang di Rumah Singgah KBBI di Jl. Mangaan I, Lingkungan 19, Gg. Bahagia atau di Desa Sambirejo Timur, Jl. Makmur, Gg. Manfaat.

Sejauh ini, KBBI sudah eksis di berbagai sosial media. Fanspage Facebook bernama Komunitas Belajar Beramal Indonesia dan Instagram @KBBI_Medan. Untuk mengetahui lebih jauh apa saja kegiatan yang dilakukan oleh KBBI, silakan diikuti sosial medianya, ya.***(CM-05/ Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA