Hanya Coretan Tanpa Sadar, Namun Bermakna

  • Whatsapp

Hanya Coretan Tanpa Sadar, Namun BermaknaSebuah gaya tulisan atau bentuk tulisan sangat erat kaitannya dengan psikologi seseorang, oleh karena itu ilmu tentang tulisan atau yang biasa disebut grafologi banyak diminati oleh masyarakat untuk digali lebih dalam dengan tujuan untuk membaca atau mengenali kepribadian seseorang. Gaya tulisan tersebut berasal dari pikiran bawah sadar. Maka bisa dikatakan bahwa tulisan bisa mengungkapkan berbagai perasaan emosi si penulisnya. Sistem saraf di otak yang menggerakkan tangan untuk menulis dipengaruhi keadaan psikologis seseorang yang bisa mengungkap banyak tentang kepribadian orang tersebut.  Inilah yang menjadi alasan mengapa ilmu grafologi erat kaitannya dengan psikologi dan kepribadian seseorang.

Karena kemampuan melihat kepribadian seseorang melalui membaca tulisan seseorang maka ilmu grafologi inicpun masuk kecdalam salah satu cabang ilmu dari ilmu psikologi manusia. Tulisan tangan bisa mengungkap ratusan elemen dari kepribadian serta karakter seseorang. Dari mulai respon emosinal, intelektualitas, energi, motivasi, kepercayaan bisa terbaca hanya dari tulisan. Disamping itu, kebanyakan orang sering memiliki kebiasaan untuk mencoret – coret tulisan atau suatu bentuk saat sedang menelepon, mencari ide, saat meeting, dan kegiatan lainnya saat kamu sedang melamun atau bosan. Tanpa disadari, kegiatan ini juga memiliki makna terpendam yang juga berkaitan dengan psikologis seseorang. Apa saja? Berikut kami rangkum untuk kamu.

Read More

  1. Figur Manusia

Jika kamu sering menggambar orang-orang kecil, kamu mungkin merasa tidak aman dan tidak berdaya atau mencoba untuk menjauh dari beberapa tanggung jawab. Menggambar bentuk orang sederhana dengan garis dan lingkaran menunjukkan bahwa kamu tidak stabil secara emosional dan merasa perlu untuk mengisolasi diri dari orang lain.

  1. Mata

Gambar mata mewakili isi hati dari sang pembuat gambar. Mata besar menunjukkan kepribadian yang ekstrovert, mata yang sedang menatap melambangkan perasaan di awasi dan mata tertutup dapat menunjukkan penolakan untuk melihat ke dalam diri sendiri.

  1. Tanda Tangan

Orang yang sering membuat tanda tangan adalah pribadi yang egosentris dan arogan. Mencoret-coret tanda tangan kamu sendiri tanpa berpikir selama percakapan atau saat mencoba memecahkan masalah, mengungkapkan kepribadian egois. 

  1. Lingkaran dan Cincin

Bentuk lingkaran yang tergabung atau ditarik dalam satu sama lain, menunjukkan kebutuhan untuk menemukan kesatuan. “Saya merasa ditinggalkan di dunia ini,” itulah yang corat-coret kamu katakan tentangmu. Jika kamu menggambar lingkaran secara tidak sadar, ini mungkin berarti bahwa kamu membutuhkan seorang teman dan perhatian.

  1. Hewan

Jenis hewan yang kamu gambar bicara banyak tentang emosi dan kepribadianmu. Harimau atau serigala mengungkapkan kemarahan terpendam yang tersembunyi, sedangkan gambar rubah menunjukkan bahwa kamu mungkin ingin melakukan sesuatu licik. Gambar seekor tupai menunjukkan bahwa kamu membutuhkan perawatan dan perlindungan, singa biasanya digambar oleh mereka yang merasa superior dan lebih baik dari orang lain. Jika kamu menggambar hewan yang sama dalam beberapa waktu, itu berarti kamu membandingkan diri kamu dengan karakter hewan tersebut secara tidak sadar dan mencoba untuk meniru karakternya.

  1. Spiral, Garis bergelombang, dan bentuk lingkaran

Masalah orang lain tidak banyak berpengaruh pada kamu. Kamu mungkin mengalami sedikit krisis emosional dan terlalu banyak khawatir tentang hal-hal di lingkaran perhatianmu. Kamu perlu untuk mengontrol perilaku kamu untuk menghindari ledakan amarah terhadap orang lain.

  1. Kotak, Berlian, dan Tokoh Geometris Lainnya

Kamu memiliki tujuan dan keyakinan yang kuat dan sering mengungkapkannya kepada orang lain. Kamu keras kepala dan tergesa-gesa, kamu biasanya terlalu banyak berpikir dan berhati-hati, dan hal ini adalah sesuatu yang perlu diperbaiki dari sifat kamu.

  1. Panah

Panah melambangkan vektor, arah kamu dalam hidup. Jika panah menunjuk ke atas maka kamu berorientasi ke orang lain, jika menunjuk ke bawah, kamu berfokus pada diri sendiri. Panah ke kiri berarti bahwa kamu terjebak di masa lalu, dan jika menunjuk ke kanan, kamu melihat ke masa depan.

  1. Bintang

kamu ingin menjadi pusat perhatian dan ingin semua mata tertuju padamu ketika kamu berjalan ke sebuah ruangan. Jika bintang-bintang mu menarik memiliki terlalu banyak sudut atau digambar terpisah dari pusat, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita depresi.

  1. Bunga, Awan, dan Matahari

Menggambar bunga ceria dan matahari sambil berbicara di telepon menunjukkan bahwa kamu puas dengan apa yang sedang terjadi dalam hidup dan berfantasi tentang hal-hal baik yang menunggu di masa depanmu. Coretan ini mengungkapkan sikap positif kamu dan fakta bahwa kamu berada dalam semangat yang baik.

  1. Rumah kecil dan Kotak

Bentuk simetris mengungkapkan cinta kamu terhadap keteraturan dan kebiasaanmu untuk benar-benar merencanakan dan memperhitungkan segala hal. Kamu tahu persis apa yang kamu inginkan, tujuan hidupmu telah ditetapkan dan kamu akan berdiri berdasarkan pendapatmu sendiri.

  1. Papan Catur

Sepertinya baru-baru ini kamu menemukan dirimu dalam situasi yang sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Jika gambar seperti ini selalu hadir, kemungkinan kamu mungkin sedang berhadapan dengan beberapa masalah tersembunyi yang ada hubungannya dengan ketidakmampuan untuk mengatasi situasi tertentu. Atau kamu mencoba untuk menemukan diri dan misimu dalam hidup dan memiliki keraguan tentang langkah yang kamu pilih.

  1. Pola Sarang Lebah

Prioritas nomor satu kamu adalah untuk menjaga perdamaian dan harmoni dalam hidup, dan kamu juga ingin menetap dan mungkin memulai sebuah keluarga.

Itulah beberapa makna dari sebuah coretan-coretan yang biasanya kamu gambar/ tuliskan tanpa sadar. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *