Gerakan 100 Gerobak Yuspiner Sumut

  • Whatsapp

yuspiner-sumut

Sabtu (5/10/2016), Yuspiner Sumut mengadakan gerakan 100 Gerobak Yuspiner Sumut yang akan diserahkan kepada para janda dan anak yatim piatu. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan bantuan materiil dan dukungan moral kepada mereka. Launching 100 gerobak ini diadakan di berbagai daerah Kota Medan. Tidak hanya Yuspiner Sumut, acara ini juga didukung oleh beberapa organisasi Kota Medan diantaranya Medanku Society dan S3 (Sedekah Seribu Sehari).

Read More

Untuk launching gerobak pertama diadakan di Jl. Iskandar Muda Baru, Kelurahan Sei Putih Timur II, Medan Petisah. Gerobak pertama diberikan kepada Hotna Sari Pane sebagai bentuk bantuan Yuspiner dalam rangka membantu peluang usaha. Tidak hanya gerobak saja yang diberikan kepada para fakir miskin dan janda, tetapi pihak Yuspiner juga memberikan uang dan lokasi penjualan yang strategis sebagai modal dalam menjalankan usaha yang nantinya akan dipilih oleh penerima gerobak. Untuk memastikan bahwa mereka tidak menyalahgunakan gerobak yang telah diberikan, setiap 3 bulan sekali pihak Yuspiner akan menjalin silaturrahim kepada para penerima bantuan.

Dalam launching kali ini, founder Yuspin Sumut, Asri Wahyuni, menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak sebulan yang lalu. Dimulai dengan survey lokasi dan orang yang berhak menerima bantuan. Pihak Yuspiner Sumut juga bekerjasama dengan Kepala Lingkungan untuk membantu dalam memilih orang yang akan diberikan bantuan.

Pihak Yuspiner juga sudah menyiapkan surat perjanjian yang akan disetujui oleh penerima gerobak, sebab akan ada 5 pasal yang harus ditaati oleh penerima bantuan. Tentunya surat perjanjian ini dibuat untuk menjaga kenyamanan antara Yuspiner dengan para penerima bantuan, dan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan terjadi. Pemberian 100 gerobak ini akan dilakukan secara bertahap dan dilakukan di berbagai tempat Kota Medan yang sebelumnya telah disurvey oleh pihak Yuspiner Sumut.

Salah satu pasal yang terdapat dalam surat perjanjian adalah gerobak yang diberikan oleh pihak pertama (Pihak Yuspiner) kepada pihak kedua tidak boleh dirusak/ dihancurkan. Apabila ada pihak lainnya yang berusaha merusak gerobak tersebut, maka pihak kedua wajib melaporkan kepada pihak pertama.

Yulia Syahfitri, yang menjabat sebagai Humas Yuspiner Sumut juga menjelaskan kepada penerima gerobak agar tidak putus asa dalam usaha yang akan dilakukannya. Yulia juga memberikan masukan tentang apa saja yang harus dilakukan oleh penerima gerobak nantinya. Gerobak yang didonasikan bisa digunakan untuk gerobak sayur, gerobak warung kopi atau semacamnya. Dengan memberikan arahan dan masukan kepada para penerima bantuan tentunya membuka mindset mereka untuk menjadikan setiap peluang sebagai kesempatan berusaha.

Hotna Sari Pane, sebagai penerima gerobak pertama ini merasa sangat berterima kasih kepada pihak Yuspiner Sumut yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya dalam menerima amanah untuk menggunakan gerobak sebagai awal mula modal usahanya. “Mudah-mudahan saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” ujar Hotna Sari Pane.

Yuspiner Sumut merupakan gabungan seluruh anggota Yuspin yang berjualan secara online. Berawal dari sekadar penjual online, kini para Yuspiner bergabung menjadi sebuah UKM. Gabungan Yuspiner Sumut diresmikan pada  tanggal 8 Mei 2016.

Saat ini, anggota Yuspiner Sumut mencapai 150 orang yang berdomisili di berbagai Sumatera Utara. Yuspiner Sumut tidak hanya melakukan kegiatan berjualan online, tetapi Yuspiner Sumut juga ikut bergerak dalam kegiatan sosial kemanusiaan seperti mengadakan open donasi untuk masyarakat yang membutuhkan.

Asri Wahyuni menambahkan bahwa, “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan ke masyarakat untuk bersama-sama bisa membantu kegiatan sosial yang diadakan Yuspiner Sumut. Gerobak-gerobak ini nantinya dijadikan sebagai media mereka untuk memperbaiki kehidupan mereka dengan usaha mereka sendiri.”

Setiap acara yang dilaksanakan Yuspiner murni dari anggota Yuspiner itu sendiri, tanpa ada bantuan finansial dari pihak luar. Namun, pihak Yuspiner Sumut tidak menutup kemungkinan bagi para donatur yang ingin mendonasikan harta dan kontribusinya dalam setiap kegiatan sosial yang akan dilakukan Yuspiner Sumut. (CM-02/Dwi Andriani Lestari)

Video : Gerakan 100 Gerobak Yuspiner Sumut

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *