Gathering Nasional Relawan Turun Tangan, Kolaborasi untuk Negeri

  • Whatsapp

Gathering Nasional Relawan Turun Tangan, Kolaborasi untuk Negeri

Gathering Nasional relawan Turun Tangan merupakan acara tahunan oleh komunitas Turun Tangan yang diikuti oleh seluruh relawan Turun Tangan di Indonesia. Tahun ini Kota Medan menjadi tuan rumah gathering nasional 2016, Jum’at (25/11) di LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Sumatera Utara, Jalan Bunga Raya No. 96 Kelurahan Asam Kumbang, Sunggal. Gathering nasional diadakan selama 4 hari, mulai 24-27 November 2016. Hari pertama merupakan penyambutan oleh tuan rumah Turun Tangan Medan kepada relawan Turun Tangan dari luar Kota Medan. Perlu diketahui bahwa saat ini, Turun Tangan sudah memiliki 52 ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Read More

banner 300250

“Semangat Kolaborasi, Sehati untuk Negeri” adalah tagline yang diangkat pada gathering nasional tahun ini. Acara tahunan ini menjadi wadah bertemunya seluruh relawan Turun Tangan di seluruh Indonesia untuk sama-sama berdiskusi, menyampaikan ide serta gagasannya agar sama-sama bersinergi menanam kembali pola pikir yang akan bermanfaat untuk Negeri. “Tujuan dilangsungkannya gathering nasional ialah menularkan semangat, ide dan pergerakan dari setiap daerah,” ujar Ahmad Azhar Can Aritonang selaku panitia.

Bukan hanya menjadi wadah berkumpulnya ide pergerakan baru saja, gathering nasional menjadi etalase berbagi informasi daerah masing-masing relawan Turun Tangan, berbagi pengalaman, memperluas jaringan dan membentuk pola pikir baru karena saling menularkan semangat dengan berbeda-beda sudut pandang. Sampai saat ini, Turun Tangan sudah tersebar hingga ke-17 kota di Indonesia, yaitu Aceh, Lhokseumawe, Medan, Binjai, Pekanbaru, Palembang, Banten, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Banjarmasin, Palu, Ambon dan Kendari. Antusias anak muda ternyata sudah mulai terbangun, terbukti dengan banyaknya relawan yang hadir dari berbagai kota di luar Medan, ada sekitar lebih dari 140 orang relawan, terdaftar sebagai peserta gathering nasional termasuk ditambah lagi dengan relawan-relawan dari komunitas lain. Turun Tangan mengajak masyarakat untuk tidak hanya urun angan namun juga turun tangan.

Banyak sekali pembicara yang dihadirkan untuk memberikan paparan serta cara bagaimana menggerakkan orang-orang baik lewat sosial media serta menularkan virus-virus semangat agar menjadi agen perubahan sosial, di antaranya M. Alfatih Timur selaku CEO dan Co-Founder KitaBisa.com, Lia Toriana selaku Manajer Youth Departemen Transparency International Indonesia, Antonio S. P selaku Research and Advocacy Staff Foresty and Plantation Sector dan terakhir Tengku Adri selaku founder Nyfara Foundation. Gathering nasional bukan hanya acara yang diperuntukkan bagi relawan Turun Tangan namun juga terbuka untuk komunitas lain yang ingin bergabung dan sama-sama bersinergi. Masing-masing komunitas diperkenankan membawa maksimal 3 orang anggotanya.

Nantinya masing-masing relawan Turun Tangan yang berasal dari luar Kota Medan akan dipersilahkan untuk mencuatkan ide-ide yang akan diterapkan di daerah asalnya. Banyak sekali ide-ide yang sudah didengungkan yakni Ruang Sinau Turun Tangan Malang, Olimpiade Sekolah Rakyat (OSR) Turun Tangan Surabaya, Swara DPR Turun Tangan Bandung, Kelas Negarawan Banjarmasin dan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Turun Tangan Pusat.

Di hari ke-3, Sabtu, (26/11/2016) anggota relawan Turun Tangan diajak terjun menuju daerah pengungsian korban Gunung Sinabung untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa trauma healing dan bakti sosial. Gerakan-gerakan seperti inilah yang dibutuhkan Indonesia, tidak hanya melepaskan semua beban di bahu pemerintah namun juga ikut berperan aktif. Dimulai dengan mengubah pola pikir jaman dahulu dengan sudut pandang baru yang diiringi dengan kemajuan di era global. Pemerintahan dan masyarakatnya harus saling bergandengan untuk sama-sama memperbarui Indonesia dan didahului oleh permasalahan di daerah-daerah.***(CM-04/Chairunnisa)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60