BP2M Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa FEB USU

  • Whatsapp

buku-aktiva-untuk-peserta

Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh BP2M (Badan Pengurus dan Pengembangan Musholah) kembali diadakan di Aula FEB USU (Fakultas Ekonomi Bisnis Universita Sumatera Utara), Jum’at, (11/11/16). Apalagi kalau bukan kegiatan Aktualisasi Training Islam Versi Alam atau kerap disebut sebagai Aktiva. Kegiatan kali ini diawali dengan penyambutan para peserta Aktiva dengan dikumandangkannya musik merdu khas angklung. Kemudian dilanjutkan dengan sejuknya lantunan Tilawah Al-qur’an yang menjadi pembukan terhangat untuk para peserta. Selanjutnya diisi dengan kata-kata sambutan yakni diawali kata sambutan oleh Satriadi selaku ketua Aktiva, sambutan juga disampaikan oleh Ketua BP2M, Wakil Dekan FEB USU juga tak ingin ketinggalan serta kata sambutan lainnya oleh pihak bersangkutan yang juga mengisi acara pertama Aktiva

Read More

Diadakannya Aktiva yakni sebagai pelatihan kepemimpinan untuk para mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis USU. Para mahasiswa diberikan materi-materi kepemimpinan, menjadi seorang pemimpin bukan hanya mampu mengatur manajemen namun juga harus mampu mengatur semua bidang baik dunia maupun akhirat. Aktiva juga sekaligus sebagai ajang pencarian anggota baru BP2M FEB USU.

Banyaknya minat mahasiswa FEB USU tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi BP2M sebagai pihak penyelenggara. Terlihat antrian panjang sudah memenuhi area pintu masuk Aktiva. Setelah menandatangani daftar hadir, peserta akan dibekali dengan buku berisi materi tentang Islam. Terlihat jelas rona semangat dari wajah para peserta untuk mengikuti Aktualisasi Tranning Islam Versi Alam. Kenapa dikatakan versi alam? Karena kegiatan Aktiva dilakukan selama 3 hari, rangkaian kegiatan dilakukan di 3 lokasi berbeda, yakni Gedung Aula FEB USU pada hari pertama, Asrama Haji sebagai lokasi ke-2 dan Sibolangit adalah lokasi terakhir diselenggarakannya Aktiva sekaligus sebagai puncak acara Aktiva. Mahasiswa akan dilatih jiwa kepemimpinannya di alam terbuka, dengan begitu akan terlihat sosok kepemimpinan dari para mahasiswa dalam mengatasi setiap masalah yang timbul antar hubungan manusia dengan alam serta manusia dengan manusia.

pembukaan-aktiva

Pada hari pertama, para peserta Aktiva dibentuk menjadi beberapa kelompok yang dipimpin oleh M. Iqbal Harefa selaku Master Of Trainer. Mereka yang sudah disatukan dalam kelompok yang sama akan tetap menjadi satu kelompok sampai acara dihari terakhir. Dihari ke-2, Aktiva diadakan di Asrama Haji, Jalan A.H Nasution Kecamatan Medan Johor. Dihari k-2 barulah para peserta akan disuguhkan dengan materi-materi untuk kemudian didiskusikan dan menjadi bekal pelajaran saat sampai di rumah. AKTIVA bukan hanya membentuk dan melatih kepemimpinan para peserta namun juga mencoba menanamkan komitmen para peserta sebagai muslim sejati. “Komitmen Muslim Sejati” merupakan salah satu materi yang dibawakan oleh Ust. Turino. Materi yang cukup menarik untuk dibahas bersama-sama, serta menjadi cambuk bagi kita semua sebagai seorang muslim.

“Urgensi Pendidikan Islam”, materi ke-2 yang disampaikan oleh Ust. Krido Wardoyo. Jelas sekali, judul materi sudah mampu menjelaskan maksud yang akan disampaikan. Melalui acara ini Aktiva mencoba membentuk pemimpin-pemimpin dengan tameng pendidikan Islam yang kuat. Iman yang kuat pasti mampu menghadang serta menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Materi yang diberikan kepada para peserta tidak berhenti sampai materi ke-2 saja, masih ada materi yang tidak kalah pentingnya yakni ”Together We Change Our Future” yang dikuakkan oleh pembicara terakhir yaitu Ust. Latief Khan. Dalam materi disebutkan bahwa, “Marilah bersama-sama kita mengubah masa depan kita,” begitu kata Ust. Latief. Apapun yang dilakukan bersama-sama akan terasa ringan, terlebih lagi jika para pemuda-pemuda dengan akhlak terpuji, kepemimpinan serta iman yang kuat bersatu mengubah masa depan, maka tidak ada yang tidak mungkin.

Semua materi-materi yang sudah diberikan kepada para peserta diharapkan akan menjadi pelajaran yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Aktiva hari ke-3 diadakan di Sibolangit, Sibolangit dipilih menjadi tempat puncak acara Aktiva bukan tanpa alasan, sudah dijelaskan sebelumnya mengapa acara terakhir diadakan di alam. Sesuai namanya, Aktualisasi Islam Training Versi Alam, pastilah menjadikan alam sebagai salah satu lokasinya. Rangkaian kegiatan di hari terakhir ini pasti akan sangat dinanti-nanti oleh para peserta. Bukan hanya menantikan perjalanannya namun juga setiap momen yang akan dilewati bersama.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *