BEM UISU Lahirkan Broadcaster Muda Medan

  • Whatsapp
BEM UISU Lahirkan Broadcaster Muda Medan
BEM UISU Lahirkan Broadcaster Muda Medan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UISU mengadakan lomba casting presenter dan reporter pada hari Jum’at, (18/11/2016) di Aula kampus UISU. Lomba ini diikuti oleh pelajar dan mahasiswa Medan. Lomba yang bertajuk “Broadcast Class” ini dilatarbelakangi atas dasar keinginan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UISU untuk menciptakan minat dan bakat mahasiswa untuk mengikuti dunia pertelevisian hal ini berbanding lurus dengan pernyataan yang disampaikan oleh Wian Rivandra, selaku ketua panitia acara Broadcast Class.

Lomba Casting Presenter dan Reporter dimulai sejak pukul 09.30-14.30 WIB di Gedung Aula UISU. Lomba ini merupakan tahap awal sebelum melakukan seminar Broadcast Class yang akan diadakan pada tanggal 3 Dessember 2016 mendatang. Lomba ini diikuti oleh 30 orang peserta yang didominasi oleh mahasiswa yang berasal dari kampus UISU.

Read More

Amirul Mukmin Nasution, selaku juri dari Image Media Indonesia yang merangkap sebagai penyelenggara acara Broadcast Class bekerjasama dengan BEM dan beberapa media partner yang berkaitan dengan acara Broadcast Class, memaparkan bahwa diadakannya acara ini untuk dapat menciptakan minat profesi dalam pertelevisian membangun komunikasi dalam dunia kerja. Acara ini juga beralasankan karena mencari cara bagaimana supaya masyarakat UISU mengenal dan memahami bahwa bukan hanya jurusan sosial atau jurnalis yang dapat bergabung dalam dunia pertelevisian, tetapi mahasiswa dari berbagai jurusan juga berhak bergabung dalam pertelevisian, baik itu menjadi News Anchor, Reporter dan lain sebagainya.

Lewat lomba yang diadakan BEM UISU ini, diharapkan agar mahasiswa tertarik untuk terjun dalam dunia pertelevisian dan mengetahui benar tentang dunia pertelevisian. Lomba Broadcasting ini diadakan sebelum diadakannya seminar broadcast, yang merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan dari Broadcast Class yang diadakan oleh BEM UISU.

“Sebelumnya kan kita udah ada Lembaga Pers Mahasiswa, cuma kita merasa ini penting. Apalagi saat ini Mahasiswa secara tidak langsung menjadi jurnalis di media sosial. Makanya kita membuat wadah bagi mahasiswa untuk mendalami ilmu tentang pertelevisian. Dan nantinya 10 peserta terbaik akan kita rekomendasikan kepada i-News,” ujar Aidil, selaku Humas BEM.

Melalui lomba ini, kita tahu sejauh mana pemahaman mahasiswa tentang reporting dan presenting. Dan beberapa dari liputan peserta akan dijadikan bahan dalam seminar yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2016 mendatang. Sebelum dimulainya perlombaan presenting dan reporting ini, para peserta dilatih dan diberikan pengarahan bagaimana cara penyampaian berita yang benar.

Dalam perlombaan ini, ada beberapa kriteria yang harus dinilai oleh para juri yang berasal dari Image Media Indonesia, yakni meliputi cara baca, intonasi, suara, dan ekspresi peserta para saaat live report. Hal yang tidak masuk dalam penilaian adalah masalah pakaian atau busana yang digunakan oleh peserta lomba. Para juri berusaha memberikan kebebasan kepada peserta tentang kostum yang mereka gunakan pada saat lomba live report.

Harapannya adalah, bagi mahasiswa yang tidak tahu menjadi tahu. Kita akan coba bantu dengan media partner yang kita kenal untuk kita rekomendasikan dalam dunia jurnalistik. Lomba casting reporter dan presenter ini akan dilanjutkan pada tanggal 30 November sampai 2 Desember 2016. Para panitia masih menerima dan menunggu peserta yang berminat untuk mengikuti rangkaian acara Broadcast Class ini sampai tanggal 30 Desember nanti.

“Harapannya semoga setelah acara ini minat mahasiswa terhadap dunia pertelevisian Indonesia. Dan semoga setelah terpilihnya beberapa orang nanti dapat menjadi jurnalis yang baik dan jujur,” ucap Wian Rivandra.

Sejauh ini sudah 200 orang peserta yang tercatat sebagai peserta dalam acara Broadcast Class ini. Jadi, buat kamu yang merasa tertarik dan ingin mendalami dunia jurnlistik silahkan hubungi Humas acara di 081377180002 untuk dapat berpastisipasi sebagai peserta dalam acara Broadcast Class. Don’t miss it, guys.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *