IBX5A49C9BC313D6 Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Rayakan Anniversary YAC - Cerita Medan

Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Rayakan Anniversary YAC

Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Rayakan Anniversary YAC
Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Rayakan Anniversary YAC

YAC (Youth Awareness Community), sebuah organisasi non profit yang sudah genap menginjak usia 1 tahun sejak pembentukannya pada 7 november, namun perayaan baru akan diadakan Sabtu, (12/11/2016). Kiprahnya dalam dunia sosial, mendonasikan pengetahuan dan kesukarelawanan, serta berdidikasi untuk memajukan pendidikan di Medan.

Dalam rangka perayaan hari lahirnya, Youth Awareness Community tidak terlalu muluk-muluk merancang kegiatan megah dan mewah sebagai penghargaan terhadap kerja keras mereka melakukan banyak kegiatan sosial. Berkomitmen dengan visi dan misi, Youth Awarness Community merayakan hari jadi YAC ke-1 bersama anak-anak Panti Asuhan Padang Bulan, Jalan Harmonika Baru No. 76, Padang Bulan Selayang II, Medan Selayang.  Sungguh perayaan yang meginspirasi dan bermanfaat.

Kegiatan akan berlangsung mulai pukul 13.00 – 17.30 Wib. YAC tidak mengadakan kegiatan di Panti Asuhan namun acara diadakan di Aula Komplek Perumahan Ambasador Jalan Setia Budi, agar lebih leluasa dalam menjalankan semua rentetan kegiatan yang sudah direncanakan. Dimulai dari persiapan acara oleh semua anggota YAC pada pukul 13.00 lalu keberangkatan anggota YAC menuju komplek perumahan Ambasador dan langsung melakukan pembenahan terhadap lokasi acara. Pada pukul 14.00 Wib disusul dengan penjemputan anak-anak Panti Asuha Padang Bulan menuju lokasi acara. Penjemputan memakan waktu selama 1 jam, karena anak-anak panti pastilah melakukan persiapan terlebih dahulu ditambah lagi jarak tempuh dari Padang Bulan menuju Setia Budi yang macat di jam-jam rawan pada akhir pekan.

Sesampai anak-anak panti di lokasi acara disambut hangat oleh selurruh anggota YAC. Ice Breaking oleh Anitha Aka Bultak pada pukul 15.00 Wib menandakan telah dibukanya acara sebagai pemanasan bagi anak-anak Panti Asuhan. Tidak lama-lama, Ice Breaking hanya berlangsung selama 5 menit. Setelah itu acara dipimpin oleh Nanda selaku berperan sebagai MC (Master of Ceremony) dalam acara tersebut. Nanda yang notabene adalah seorang penyiar, memimpin jalannya acara merupakan hal biasa untuknya.

MC kemudian menyerahkan micropon kepada Nizar selaku ketua acara perayaan YAC untuk memberikan kata sambutan. Namun tidak lengkap rasanya acara perayaan kelahiran YAC bila tidak diisi kata sambutan oleh Nada selaku ketua YAC. Motivasi serta kalimat-kalimat menghibur pun tumpah dalam acara tersebut. Pasalnya anak-anak panti asuhan memang sangat membutuhkan kedatangan dari organisasi seperi YAC sebagai salah satu sarana penghibur yang mengedukasi. Canda-tawa, haru-sedih serta bangga dan kebahagian berbaur. Tak ada perbedaan yang membatasi kegiatan tersebut, semua sama. Perbedaan hanyalah terletak pada nasib kurang beruntung pada anak-anak Panti Asuhan tersebut. namun bukan tidak tidak mungkin kelak Indonesia dipimpin oleh salah satu dari mereka, Medan akan bangga pernah melahirkan mereka.

Perayaan hari jadi dilanjutkan dengan tradisi khas perayaan ulang tahun yakni pemotongan tumpeng oleh seluruh anggota YAC dan diiringi dengan do’a anak-anak Panti Asuhan. Do’a dari anak-anak Panti Asuhan lah yang begitu diharapkan, karena tidak ada doa tersuci selain do’a anak-anak yatim dan piatu. Diusia belia sudah terlantar tanpa kasih sayang orang tua, bahkan bukan terlahir tanpa ayah hanya saja sering kali kehadiran ynag tidak diharapkan oleh ke-2 orang tuanya, memaksa mereka harus berdiri sendiri.Keseruan dalam perayaan tak lantas membuat anggota YAC lupa untuk bersyukur dan sehat sejenak untuk sholat Ashar, anak-anak Panti Asuhan juga diajak untuk sholat.

Keseruan acara kembali dilanjutkan dengan melakukan Ice Breaking kembali oleh Anitha Aka Bultak. Mencoba memancing keriuhan anak-anak, dan jelas saja! Ice Breaking oleh Anitha berhasil memancing semangat anak-anak. karena hampir keseluruhan acara dipadati anak-anak, maka menceritakan kisah seputar legenda atau dogeng masyarakat akan menjadi salah satu daftar kegiatan menarik bagi anak-anak. dogeng dikisahkan oleh Merry selaku teman dari anggota YAC yang turut memeriahkan acara. dogeng yang dikisahkan tak begitu saja dilewatkan, tapi anak-anak haruslah benar-benar memahami alur cerira karena akan ada kuis untuk anak-anak sebagai cara untuk melatih kemampuan otan dan penalaran. Pastilah anak-anak yang berhasil menjawab kuis diberikan penghargaan berupa hadiah.

Selanjutnya, acara perayaan YAC ini, menyuguhkan permainan yang dipandu oleh 2 anggota YAC yakni Icut dan Reka. Polosnya senyum serta kekonyolan khas anak-anak sangat menggelitik perut.Keasyikan permainan ini membuat semua orang yang terlibat merasa lapar, acara pun dihentikan sejenak untuk makan dan dilanjutkan kewajiban melaksanakan sholat Ashar.

Sampai lah pada penghujung acara, pembagian bingkisan oleh anggota YAC kepada anak-anak, sekaligus menjadi momen yang paling dinantikan oleh anak-anak. senang bercampur malu-malu oleh anak-anak Panti Asuhan menjadi ciri khas dalam acara perayaan AnniversaryYAC. Kemudian anak-anak diantarkan kembali menuju Panti Asuhan Padang Bulan.***(CM-05/Chairunnisa)

KOMENTAR

BACA JUGA