Asparagus, Tanaman Segudang Manfaat Kaya Khasiat

  • Whatsapp

Asparagus, Tanaman Segudang Manfaat Kaya Khasiat

Asparagus adalah tanaman yang pada mulanya tumbuh seara liar di hutan, tumbuhan ini bisa memiliki tinggi hingga 3 meter. Namun sekarang pastinya sudah ditanam dan dikembangbiakkan oleh banyak orang mengingat tanaman ini merupakan salah satu jenis sayuran yang berharga cukup mahal. Asparagus juga merupakan tumbuhan yang memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Asparagus memiliki beberapa manfaat yang mungkin tidak begitu disadari oleh banyak orang, namun berbagai penelitian telah menemukan berbagai kandungan gizi yang ada pada tanaman ini. Sehingga tidak terkejut jika asparagus kini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan beberapa obat.

Read More

Tumbuhan ini mengandung zat untuk peremajaan dan tonik untuk saraf. Berguna dalam merawat kondisi seperti jerawat, sakit kuning, schistosomiasis dan kusta. Asparagus akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mendorong keseluruhan kemampuan fisik dan mental. Asparagus memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Tanaman ini ternyata bermanfaat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit seperti diabetes, eksim, gangguan ginjal dan juga prostat. Selain itu, asparagus juga mampu mencegah kanker, memerlancar peredaran darah dan juga mampu melepaskan kendungan lemak berlebih dalam darah. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat asparagus bagi kesehatan manusia yang akan kami rangkum untuk kamu.

  1. Asparagus sebagai Anti-inflamasi

Asparagus memiliki kandungan nutrisi yang merupakan anti-inflamasi, dalam asparagus terkandung zat-zat seperti saponin, flavonoid quercetin, rutin, dan laempferol isorhamnetin. Semua zat tersebut dipercaya mampu mengatasi penyakit-penyakit seperti arthritis, asma, dan bahkan penyakit autoimun.

  1. Asparagus sebagai Antioksidan

Di dalam asparagus juga terdapat kandungan Glutathione yang tinggi yang juga mengandung 3 asam amino yakni asam glumatic, glisin dan sistein yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mujarab bagi tubuh manusia.

  1. Asparagus dapat Mencegah dan Memerangi Sel Kanker

Asparagus memiliki kemampuan anti-inflamasi dan sifat antioksidan yang tinggi sehingga tanaman ini mampu memerangi sel-sel tubuh yang rusak dan juga selsel penyebab kanker dalam tubuh. Asparagus dikenal memiliki manfaat yang tinggi untuk memerangi kanker kandung kemih, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker lainnya.

  1. Asparagus untuk Kesehatan Jantung

Asparagus mampu melancarkan peredaran dalam tubuh dan juga melepaskan kandungan lemak berlebih dalam darah. Selain itu asparagus juga mampu menstabilkan kandungan gula dalam darah. Secara langsung maupn tak langsung, zat-zat dalam tanaman ini mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung manusia.

  1. Asparagus untuk Diet dan Pencernaan

Asparagus memiliki kandungan inulin yang mendorong pertumbuhan Bifidobacteria dan Lactobacillus yang meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi dalam tubuh serta menghambat gangguan-gangguan pada usus dan pencernaan. selain itu dalam satu cangkit asparagus, ternyata mengandung 11%  RDA serat dan 10% dari RDA protein yang mampu menstabilkan kondisi pencernaan, mencegah makan berlebihan, mempertahankan gula darah stabil dan mencegah sembelit.

Asparagus menawarkan berbagai manfaat besar untuk kesehatan, namun memiliki beberapa efek samping, salah satunya asparagus mengandung karbohidrat yang dikenal sebagai rafinosa. Untuk mencerna gula kompleks ini tubuh manusia membutuhkan ini untuk fermentasi. Selama ini proses mogok karbohidrat, gas akan diproduksi dalam tubuh. Efek samping lainnya terhadap kehamilan dan menyusui, asparagus dapat merubah keseimbangan hormon,  dan telah digunakan untuk pengendalian kelahiran. Selama kehamilan dan menyusui, sebaiknya membatasi konsumsi asparagus, dan tidak menggunakan obat dengan dosis tanpa konsultasi dengan dokter. Asparagus juga dapat menyebabkan alergi terhadap orang yang rentan terhadap reaksi alergi dari bawang, daun bawang. Bagi kamu atau keluarga yang memiliki penyakt batu ginjal juga memiliki efek samping tertentu, sebab asparagus mengandung purin. Purin memecah untuk membuat asam urat yang bisa terakumulasi dalam sebagai akibat dari kandungan purin tinggi dalam tubuh. Ini tidak menguntungkan bagi orang yang menderita komplikasi terkait asam urat seperti gout atau batu ginjal. Orang dengan asam urat atau kondisi diatas disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi asparagus.

Selain manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat asparagus lainnya yang mungkin belum diketahui banyak orang. Asparagus juga bermanfaat sebagai diuretik yang mampu mengatasi pembengkakan, arthritis, rematik, dan retensi air terkait PMS. Selain itu asparagus juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin K yang baik bagi tubuh yang mencegah terjadinya stroke dan juga penyakit jantung.***(E-01/Muhammad Rizky Ananda)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *