Alasan Mengapa Meraih Beasiswa itu Penting

  • Whatsapp

Alasan Mengapa Meraih Beasiswa itu Penting
Perubahan zaman sudah modern. Terbukanya kesempatan orang-orang asing masuk dan berkarier di Indonesia juga dapat menjadi ancaman tersendiri bagi generasi – generasi muda untuk mempertahankan negeri ini dengan kualitas anak–anak muda yang berprestasi dan memiliki daya saing internasional khususnya di bidang pendidikan dan pengetahuan yang menjadi cikal bakal generasi penerus untuk memajukan bangsa. Beasiswa, sebagai batu loncatan untuk meraih banyak ilmu yang juga dapat digunakan sebagai amunisi ini pun kian menjadi buruan para mahasiswa untuk terus mengupgrade kapasitas diri, terlebih kesempatan beasiswa ke luar negeri. Beasiswa juga tak lagi hanya diperuntukkan bagi kalangan tak mampu secara ekonomi, tetapi begitu banyaknya kesempatan beasiswa yang menerapkan standar tertentu untuk dapat lulus dan menikmati asyiknya menimba ilmu bersama orang–orang hebat kini dianggap penting. Hal tersebut dikarenakan beberapa alasan seperti yang akan kami rangkum pada artikel berikut ini.

  1. Menempuh Pendidikan ke Tingkat Lebih Tinggi
    Dengan beasiswa, kamu mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikanmu ke tingkat yang lebih tinggi, hal itu tentunya bisa menunjang kariermu di masa depan. Kamu juga bisa memilih jenis beasiswa seperti apa yang kira-kira bisa menunjang pendidikanmu. Ada tipe beasiswa penuh yang akan membayar seluruh biaya pendidikan dari awal sampai akhir, bahkan memberikan tunjangan setiap bulannya seperti beasiswa LPDP. Ada juga yang hanya membayar sebagian biaya pendidikan, untuk tipe beasiswa seperti ini, sebaiknya kamu bersiap mengumpulkan biaya untuk membayar sisa biaya pendidikannya.
  2. Memiliki Jaringan yang Lebih Luas
    Dengan mendapatkan beasiswa, kamu mempunyai peluang untuk memiliki jaringan yang lebih luas. Umumnya, para penerima beasiswa akan saling bertemu dengan penerima beasiswa lain dalam program yang sama, dengan demikian, kamu akan mempunyai jaringan pertemanan yang berisi orang-orang keren penerima beasiswa. Apalagi jika kamu menerima beasiswa ke luar negeri, kamu akan berkenalan dengan banyak penerima beasiswa lainnya yang berasal dari negara lain. Secara tidak langsung, kamu memperluas jaringanmu dengan calon pemimpin atau orang sukses masa depan.
  3. Melanjutkan Studi di Luar Negeri Tanpa Biaya
    Tentunya kamu sudah tahu bahwa melanjutkan pendidikan ke luar negeri memiliki banyak keuntungan. Dengan beasiswa, kamu yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri bisa meraihnya tanpa mengeluarkan biaya. Pendidikan di luar negeri juga membuat kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi. Ada banyak sekali beasiswa yang tersedia bagi mereka yang berminat melanjutkan studi di luar negeri. Mendapatkan beasiswa ke luar negeri memang tidak mudah, tetapi jika diusahakan dan dijalani, maka peluang keberhasilan meraih beasiswa pun akan semakin besar.
  4. Lebih Unggul dalam Persaingan untuk Mendapatkan Pekerjaan
    Jika kamu sudah menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dibanding lulusan lain. Mengapa demikian? Ini karena perusahaan percaya bahwa orang-orang yang telah mendapatkan beasiswa, berarti telah lolos beberapa tahapan seleksi yang sulit. Ada juga beberapa perusahaan yang menyediakan program beasiswa dan kemudian memudahkan penerima beasiswanya untuk bekerja di perusahaan tersebut seperti yang pernah dilakukan oleh salah satu perusahaan besar di bidang otomotif yang menyediakan program beasiswa tersebut di Indonesia.
  5. Menjadi Motivator untuk Para Pencari Beasiswa Lainnya
    Jika kamu menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu bisa menjadi motivator atau inspirator bagi pelajar yang juga bercita-cita untu mendapatkan beasiswa. Semua pengalaman, kerja keras, dan hasil yang kamu dapatkan bisa menjadi motivasi bagi orang lain. Selain itu, pengalaman yang kamu dapatkan bisa membantu orang lain untuk diterima dalam aplikasi beasiswa juga, loh. Secara tidak langsung kamu bisa membantu orang lain.

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu ‘kan bahwa begitu banyak manfaat yang berdampak positif bagi kesuksesan kamu di masa depan? Coba saja beberapa program beasiswa yang bisa kamu telusuri dari pameran edukasi ataupun internet atau info langsung dari kampus kamu. Selamat mengejar cita – cita!***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *