Akibat Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Sering Kamu Lakukan

  • Whatsapp

Akibat Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Sering Kamu Lakukan

Kebiasaan – kebiasaan yang dimiliki setiap orang memang berbeda – beda. Namun, dari kebiasaan – kebiasaan terebut tak jarang yang dapat merugikan tubuh baik secara kesehatan maupun secara tata krama. Resiko yang akan ditimbulkan dari kebiasaan – kebiasaan kecil yang kurang baik dapat mempengaruhi kesehatan tubuh ini juga perlu dihindari semaksimal mungkin. Berikut ini akan kakmi rangkum jenis-jenis kebiasaan buruk yang harus kamu hindari.

Read More

  1. Menggaruk Kulit Gatal karena Gigitan Nyamuk

Saat kulit kita tergigit nyamuk, maka akan muncul tonjolan kecil yang menyebabkan rasa gatal. Akibatnya, tangan kita dengan refleks akan menggaruknya. Memang sih, awalnya terasa puas dan nikmat, tapi ternyata, sisa gigitan nyamuk yang kita garuk mempunyai dampak yang beresiko. Menurut seseorang entomologi diagnostik di Kampus Purdue, Tim Gibb, menggaruk sisa gigitan nyamuk bisa mengakibatkan infeksi kulit serta memperlambat proses pengobatan dan justru meningkatkan rasa gatal. Sudah gatalnya makin menempel, sisa gigitan nyamuk ini bakal lecet serta menyebabkan luka pada kulit.

  1. Menggigiti Kuku Bisa Menumbuhkan Kutil

Menggigit kuku dapat menyebabkan infeksi kulit di sekitar kuku. Hal ini terjadi karena pelindung antara kuku dan lipatan kuku pecah karena lembab. Organisme kemudian bisa masuk ke celah kuku, yang mengakibatkan infeksi bakteri atau jamur di jari. Selain itu, menggigit kuku juga dapat menyebabkan kutil kuku yang tumbuh di bawah dan di sekitar kuku tersebut. Kutil ini sulit untuk disembuhkan karena lokasinya yang ada di sekitar kuku. Kutil dapat merusak pertumbuhan kuku dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

  1. Mencabut Uban Bukanlah Ide yang Baik

Uban yang muncul sebaiknya memang jangan dicabut, karena bisa merusak folikel, saraf-saraf dan juga akar rambut. Jika akar rambut ini rusak nantinya dapat memicu terjadinya infeksi. Selain itu, kebiasaan mencabut uban juga bisa membuat rambut menjadi tipis yang menyebabkan rambut uban akan terlihat lebih banyak, meskipun sebenarnya jumlah uban yang muncul di rambut itu tetap. Tumbuhnya uban memang susah dicegah, jadi hadapi saja sebagai pengingat usia bertambah dewasa.

  1. Memencet Komedo dan Jerawat Memperparah Kondisi Kulit

Beberapa orang menganggap bahwa kebiasaan memencet jerawat atau komedo akan mempercepat penyembuhan. Padahal memencet jerawat justru akan membuat jerawat makin buruk. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memencet jerawat dapat menimbulkan jaringan parut. Jika kamu berjerawat, jauhkan tangan dari wajah karena minyak dan kotoran di tangan bisa membuat jerawat lebih buruk. Selain jaringan parut, memencet jerawat juga bisa menyebabkan iritasi kulit, perdarahan, infeksi dan meninggalkan bekas luka.

  1. Gatal Akibat Luka yang Mengering

Bekas luka yang sudah mulai mengering akan menimbulkan rasa gatal sebagai mekanisme alami penyembuhan. Kamu hanya diperbolehkan mengusapnya perlahan untuk menghilangkan keinginan menggaruk. Meski rasanya sungguh luar biasa ketika bekas luka tersebut digaruk, menggaruknya justru akan membuat luka baru muncul atau bahkan bekas luka ini akhirnya terinfeksi.

  1. Membasahi Bibir atau Menjilat Bibir Dengan Lidah

Saat bibir terasa mulai kering, tanpa sengaja lidah kita dengan sendirinya akan menjilat bibir dengan maksud agar untuk melembabkannya. Tapi pada kenyatanya, membasahi bibir dengan lidah nggak akan membuat kulit bibir jadi kembali lembab, justru sebaliknya. Air liur dari lidah memang sementara waktu bisa membasahi bibirmu, tapi air liur sangat cepat menguap sehingga bisa membuat bibir justru menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Sekarang sadarkah kamu atas kebiasaan – kebiasaan kecil ini? Sudah tahu efeknya, kan? Mulai sekarang, hindari hal – hal kecil seperti ini untuk kebaikan tubuhmu, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *