IBX5A49C9BC313D6 Air Terjun Tarunggang, Wisata Menenagkan di Balik Rimbunnya Pepohonan - Cerita Medan

Air Terjun Tarunggang, Wisata Menenagkan di Balik Rimbunnya Pepohonan

Air Terjun Tarunggang, Wisata Menenagkan di Balik Rimbunnya Pepohonan
Air Terjun Tarunggang

Siapa sangka kalau ternyata di balik pohon-pohon yang tinggi menjulang, terdapat air terjun setinggi 15 meter yang menakjubkan. Air Terjun Tarunggang namanya. Air Terjun Tarunggang ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Tepatnya terletak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jika Anda pernah mengunjungi wisata Danau Linting, maka wisata Air Terjun Tarunggang ini berada sebelum lokasi Danau Linting.

Tidak kalah dengan Danau Linting, Air Terjun Tarunggang ini juga memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini memiliki pasir putih yang membuat kita merasa tengah berada di pantai. Meski tidak memiliki air yang jernih, namun Air Terjun Tarunggang ini dapat dijadikan tempat rekreasi dan refreshing di kala penat. Pasalnya, Air Terjun Tarunggang ini masih jauh dari jamahan tangan-tangan usil manusia. Hal ini dibuktikan sulitnya akses menuju air terjun ini. Kita harus melewati hutan dari kebun-kebun untuk sampai ke air terjun ini.

Air terjun ini memiliki gua-gua kecil di pinggiran dindingnya. Selain itu, Air Terjun Tarunggang ini memiliki pasir putih yang membuat pemandangan air di sekitar air terjun menjadi selaras. Inilah yang menarik di wisata Air Terjun Tarunggang ini. Air Terjun Tarunggang ini sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar. Karena letaknya yang berada di balik pepohonan, maka masih jarang wisatawan mengetahui tempat ini. Selain itu, untuk menikmati air terjun secara dekat, kita harus memarkirkan kendaraan kita di dekat rumah warga, karena akses jalan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Kita harus turun ke bawah untuk menikmati keindahan alam ini.

Namun hendaknya Anda harus berhati-hati ketika mandi di tempat wisata ini. Nyatanya, keadaan di dalam air tidak setenang yang terlihat dari luar. Memang benar kata pepatah “Air Beriak Tanda Tak Dalam”. Pepatah inilah yang sering kita abaikan ketika tengah menikmati wisata air dan melupakan hal-hal yang bisa saja terjadi ketika kita tak benar-benar hati-hati.

Bagi Anda yang tidak mahir dalam berenang, jangan pernah mencoba untuk ikut mandi ke dalam air. Pasalnya, keadaan pasir di dalam air itu sangat sensitif. Ketika kita memijakkan kaki ke dalam air, maka otomatis kaki kita semakin masuk ke dalam pasir tersebut bak ibarat pasir penghisap, dia terus menerus membuat kita masuk ke dalam dan semakin tenggelam. Hal inilah yang terjadi ketika kami survey lokasi di tempat wisata ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika Anda berada di Air Terjun Tarunggang ini.

Karena Air Terjun Tarunggang ini terbilang baru dan belum ada yang memberi perhatian lebih kepada tempat wisata ini, jadi belum ada warga yang menyediakan ban atau segala peralatan untuk menikmati wisata air terjun ini. Jadi, buat kamu yang ingin bermain ke tempat ini, harap jaga diri kamu sendiri dan pikirkan juga keselamatanmu. Jangan hanya memikirkan kenikmatan sesaat tanpa memikirkan hal yang bisa saja mencelakakan nyawamu.

Kita tidak tahu kapan saatnya Allah mengajak kita kembali. Saat ruh dan jasad mulai tak sehati, dan perlahan ruh meninggalkan jasad yang tak akan berarti tanpa kehadiran sang ruh di sisi jasad. Jadi hati-hati kalau mau ke tempat wisata yang satu ini, ya. Jika kamu memang tidak pandai berenang jangan coba-coba ikut mandi di air terjun ini karena bisa saja kamu menjadi korban tenggelam di tempat wisata air terjun ini.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA