Tugu Becak Siantar Diresmikan 

  • Whatsapp
Tugu Becak Siantar Diresmikan 
Tugu Becak Siantar Diresmikan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), HT Erry Nuradi meresmikan Tuga Becak Siantar sekaligus perayaan HUT ke-10 BSA Owner Motorcycles Siantar (BOMS) di lapangan Adam Malik, Pematang Siantar, Sabtu (15/10/2016).

Becak Siantar yang sudah dikenal luas diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. “Becak Siantar kini menjadi ikon tersendiri bagi Kota Pematang Siantar. Peluang ini harus dimanfaatkan masyarakat, terutama para pengrajin dengan membuat aneka suvenir,” kata Gubernur Sumut.

Read More

Gubernur mengapresiasi pemerintah Kota Pematang Siantar, khususnya BSA Owner Motorcycles Siantar (BOMS) dan semua pihak yang telah bekerja keras bagi terbangunnya tugu becak siantar sebagai ikon Kota Pematang Siantar.

Pelestarian becak bermotor warisan kolonial Belanda, merupakan salah satu upaya untuk pengembangan pariwisata.

Becak Siantar
Becak Siantar

“Becak Siantar sudah dikenal di seluruh pelosok dunia, sebab BSA (Birmingham Small Army) dulunya digunakan sebagai kendaraan perang. Kini, Siantar satu-satunya berhasil merawat motor yang dijadikan becak pengangkut orang tersebut dan hanya tinggal 260-an unit saja di Siantar ini,” ujar Gubernur.

Gubernur menyebutkan, Kota Pematang Siantar yang dekat dengan Danau Toba merupakan potensial bagi pengembangan pariwisata khususnya kuliner dan aneka suvenir.

“Bisa saja, becak Siantar dioperasikan khusus mengangkut wisatawan menuju Parapat, Danau Toba pulang pergi. Ini memiliki ciri khas tersendiri,” tutur Erry seraya mengharapkan ke depan siapapun walikota Siantar terpilih dapat melanjutkan ide ini dengan membangun museum becak Siantar.***(CM-Ist/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *