Sisik Naga, Flora Herbal Atasi Kanker Payudara

  • Whatsapp
Daun Sisik Naga Foto : www.sehatsekali.com
Daun Sisik Naga Foto : www.sehatsekali.com

 

Indonesia sebagai negara kepulauan beriklim tropis memiliki banyak kekayaan alam. Flora adalah salah satunya, keberagaman flora di Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Ada sekitar 2 juta spesies flora di dunia yang telah diketahui dan 60% dari spesies flora tersebut berada di Indonesia. Keberadan flora memiliki banyak manfaat bagi kesehtan serta sangat  berguna untuk perkembangan dunia kesehatan di Indonesia.

Read More

Masyarakat awam seperti kita banyak yang tidak mengetahui manfaat luarbiasa dari keberagaman flora Indonesia. Ironinya flora tersebut hanya dijadikan tanaman penghias pekarangan saja. Terlihat sepele, bahkan banyak orang terkejut jika mengetahui bahwa tanaman yang ada dipekarangan rumahnya ternyata tanaman obat. Berikut tanaman dengan manfaat luarbiasa bagi kesehatan.

  1. Daun Bakung

Tanaman bakung ini sangat cantik apalagi menghiasi pekarangan, namun dibalik keindahannya tersimpan sejuta manfaat. Daun bakung mengandung flavonoid, saponin, dan tannin. Sementara itu pada umbi, akar, serta biji mengandung alkaloid likorin, krinin dan aseltilkorin. Efek farmokologis yang dimiliki oleh bakung, diantaranya sebagai peluruh kencing,antiinflamasi,mencegah pendarahan dan mengobati luka.

Daun bakung juga dapat mengobati borok pada rambut. Iris umbi bakung kecil-kecil lalu panaskan dia atas api kecil 1-2 menitatou sampai hangat. Lalu letakkan pada borok atau telapak kaki yang luka.

 

  1. Daun Cimplukan

Hampir semua bagian dari tanaman cimplukan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari akar, daun sampai buahnyapun bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Mengatasi tekanan darah tinggi, untuk mengatasi penyakit reumatik, mengobati masalah batuk rejan, mengobati bronchitis, mengobati penyakit gondongan, mengobati pembengkakan pada buah pelir untuk kaum laki-laki, mengobati influenza.

Cara mengonsumsinya cukup dengan merebus daunnya dengan air, lalu minum. Begitu juga dengan buahnya. Yang perlu diingat adalah, jangan menunda untuk mengkonsumsinya sampai satu hari satu malam, karena kandungan didalam rebusan tersebut akan rusak.

 

  1. Keji Beling

Daun keji beling sering terlihat sebagai tanaman pagar, bahkan dianggap sebagai semak mengganggu. Padahal daun ini bisa dimakan sebagai lalapan. Manfaat dan Khasiat Keji Beling sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol.

Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal.

 

  1. Bayam Duri

Bayam duri merupakan tanaman yang mudah tumbuh subur disembarang tempat. Namun sering juga dianggap sebagai semak berduri. Selain dapat dikonsumsi, bayam duri memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Menurut penelitian yang telah dilakukan mengenai kandungan dari bayam duri ini ditemukan beberapa kandungan kimia seperti amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin (A,C,K dan pirodoksin =B6).

Salah satu khasiat bayam duri yaitu mengatasi keputihan yang kerap terjadi pada wanita. Caranya, cuci bersih akar bayam, lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan gula batu seukuran kelereng. Rebus dengan air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi sama banyak untuk 2 kali, minum pagi dan sore hari. Selain mengatasi keputihan bayam duri juga mengatasi sakit gigi. Kunyah saja akar bayam duri yang sudah bersih.

 

  1. Benalu

Benalu merupakan parasit yang menumpang hidup pada tanaman lain. Benalu benalu dianggap sebagai tanaman pengganggu, serta membunuh ntanaman inangnya. Padahal disamping hal negatif, benalu juga memiliki hal positif. Benalu dapat mengobati beragam penyakit, salah satunya membunuh kanker dan menghilangkan tumor walupun diperlukan waktu yang lama.

 

  1. Sisik Naga

Sisik naga disebut sebagai tanaman epifit yaitu tanaman yang meggantungkan dirinya pada pohon lain. Tanaman sisik tumbuh subur menjalar pada pohon lain. Dianggap sebagai tanaman liar. Sisik naga memiliki banyak khasiat. Sisik naga dapat mengatasi kanker payudara dan sakit kuning, caranya mudah. Rebus sisik naga dengan air lalu minum 3 kali sehari.

 

  1. Daun ungu

Tanaman ini  tidak berbunga dan terdiri dari akar, batang serta dau, berwarna ungu dan ungu tua. Tinggi mencapai 2 M. tanaman ini mengandung Saponin, flavonoid, dan tanin. Tanaman daun ungu sering terlihat menghiasi pekarangan depan rumah. Ternyata tanaman ini berguna untuk mengobati wasir.

 

Caranya mudah, sediakan 20 gram daun segar direbus dengan 2 gelas air selama 25 menit. Hasil rebusan setelah dingin disaring dan diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Itulah informasi seputar tanaman herbal, mudah-mudahan dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari solusi herbal penyakit anda. Semoga cepat sembuh.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *