Perbedaan Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus

  • Whatsapp
Bahan Bakar Minyak
Bahan Bakar Minyak

 

Pada saat ini kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM)  di masyarakat semakin tinggi itu disebabkan permintaan akan pengguna kendaraan bermotor yang semakin tinggi di masyarakat. Hal ini juga menyebabkan beberapa  masalah yang timmbuul dalam perekonomian di tanah air. Akibat dari tingginya jumlah pengguna kendaraan bermotor membuat pemerintah membagi beberapa jenis BBM sesuai keadaan ekonomi masyarakat yaitu pembagian BBM subsidi dan juga non subsidi.

Read More

Seperti yang kita ketahui BBM subsidi adalah BBM yang khusus diperuntukkan kepada masyarakat kelas menengah kebawah. Sedangkan yang non subsidi dikhususkan untuk masyarakat kelas menengah keatas. Dan yang termasuk dalam BBM subsidi adalah jenis premium dan juga pertalite yang baru-baru ini di luncurkan PT Pertamina untuk kalangan menegah kebawah. Sedangkan BBM non subsidi seperti  Pertamax dan juga pertamax plus dikhususkan untuk pengguna kendaraan yang memiliki tingkat ekonomi kelas menengah ke atas.

 

Perbedaan Jenis BBM

Dari segi oktan yang dimiliki keempat jenis bb mini dapat dibedakan dengan kadar beberapa karakteristik yang dapat dilihat dan juga tak tak dapat dilihat oleh mata kita.

  1. Oktan

Dari kadar oktannya, premium memiliki kadar oktan paling rendah dengan BBM jenis lainnya yaitu sekitar 88 RON (Reseach Oktan Number). Pada BBM jenis Pertalite memiliki kadar oktan sebesar 90 RON. Sedangkan pada Pertamax kadar oktannya sebesar 92 RON, dan yang terkahir pada Pertamax plus kadar oktannya yang paling tinggi diantara keempat jenis BBM ini yaitu sebesar 95 RON.

 

  1. Warna BBM

Jika kita perhatikan lagi keempat jenis BBM ini juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok pada warna dari masing-masing jenis BBM ini. Pada premium warna kuning dan lebih jernih diantara jenis BBM lainnya. Pertalite memiliki warna hijau terang, sedangkan pertamax memiliki warna biru kehijauan dan yang terakhir pertamax plus berwarna merah. yang menyebabkan perbedaan warna pada setiap jenis BBM ini adalah perbedaan kadar oktan yang dimiliki oleh masing-masing  jenis BBM tersebut.

 

  1. Segi Ekonomi

Seperti yang sudah disebutkan tadi BBM memiliki bereapa jenis sesuai denggan segi ekonomi pengguna kendaraan bermotor. Setiap jenis BBM memiliki harga yang berbeda-beda pula seperti harga Premium berkisar antara Rp6.600 – Rp6.700 per liternya.  pada Pertalite sekitar Rp7.100 per liter, Pertamax Rp7.650 per liternya dan yang terakhir Pertamax Plus Rp8.550 per liternya.

 

  1. Segi Penggunaan

Dari segi penggunaan keempat jenis bahan bakar mini juga berbeda-beda untuk tiap mesin kendaraan bermotor. Bila kebanyakan orang mengetahui kalau premium merupakan BBM yang paling murah diantara keempat jenis BBM tadi namun bukan berarti premium tidak lebih bagus dari jenis BBM lainnya, sebab dari segi pembakaran BBM di dalam mesin juga memiliki perbedaan yang mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. Memang pembakaran pada oktan yang lebih tinggi lebih sempurna dibandingkan dengan yang lain namun bila sering mengganti dengan jenis BBM lainnya maka lama-kelamaan akan berpengaruh juga pada mesin kendaraan anda. Dan satu lagi menurut pengalaman pribadi kami penggunaan pertalite lebih bagus untuk jenis kendaraan 2 tak dibandikngkan 4 tak ataupun matic karena pembakarannya akan lebih bagus dan membuat mesin 2 tak jauh lebih awet.

 

Demikianlah beberapa perbedaan dari penggunaan keempat jenis BBM yang dikeluarkan oleh PT Pertamina yang sering kita gunakan untuk kendaraan bermotor kita. Kesimpulan yang bisa kami tarik adalah kita harus selektif untuk menggunakan bahan bakar ini untuk kendaraan kita karena apabila kita sering menggantinya maka akan sangat berpengaruh untuk mesin kendaraan kekamingan kita. Sekian dari kami terima kasih.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *