Mengenali Tanda – tanda Penyakit Serius Melalui Kaki

  • Whatsapp
Mengenali Jenis Penyakit Melalui Kaki
Mengenali Jenis Penyakit Melalui Kaki

 

Kaki merupakan organ penting bagi tubuh. Tanpa sepasang kaki kita tak dapat melakukan aktifitas dengan maksimal. Tapi tahukah kamu kita dapat mengidentifikasi berbagai penyakit serius dengan melihat kondisi kaki? Penyakit seperti jantung, gangguan jantung, diabetes, bahkan tiroid. Waspadai gejala penyakit-penyakit berbahaya dengan melihat tanda-tanda pada kaki seperti beberapa poin yang kami rangkum berikut.

Read More

  1. Kaki Kering

Masalah tiroid merupakan penyakit yang sering terdeteksi ketika kaki kita terlalu kering, terutama jika kamu sudah mencoba menggunakan pelembab dan itu tidak banyak membantu. Tubuh yang kekurangan hormon tiroid bakal mengalami masalah terkait sistem metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan beberapa problem serius yang ada hubungannya dengan tulang dan sistem syaraf.

Marlene Reid, seorang ahli dalam pengobatan kaki, mengatakan bahwa masalah tiroid bisa menyebabkan kekeringan dalam jaringan kulit. Ketika kita melihat kulit kaki mengalami pecah-pecah, atau juga cairan pelembab tidak membantu memperbaiki kondisi kulit dalam beberapa hari, ada baiknya kamu segera menghubungi ahli medis untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengapa kondisi tersebut terjadi.

 

  1. Jempol Botak

Jika jempol kakimu mengalami kebotakan, maka itu bisa berarti kamu tengah terkena gangguan jantung. Jika kamu melihat rambut halus yang ada di jempol kaki tiba-tiba menghilang, hal tersebut bisa menjadi tanda buruknya aliran darah yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang pembuluh darah.

Suzane Fuchs, seorang ahli bedah dari University Hospital di New York mengatakan bahwa tanda-tanda jika tubuh mengalami masalah pembuluh darah bisa dilihat dari berkurangnya pertumbuhan rambut di daerah kaki dan engkel. Lebih lanjut, jika pemindaian sinar X dilakukan terhadap kaki yang bermasalah dan terlihat arteri yang tegang, maka 99 persen dipastikan kondisi yang sama juga terjadi di daerah jantung.

 

  1. Bisul atau Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kadar gula yang tidak terkontrol yang bisa merusak sistem syaraf dan menyebabkan aliran darah kurang lancar, sehingga darah tidak mencapai bagian kaki. Jika kamu mengalami ini, besar kemungkinan kamu terkena diabetes. Ada banyak orang yang didiagnosa mengalami diabetes karena masalah yang timbul di kaki mereka. Tanda-tanda lain diabetes yang berhubungan dengan kondisi kaki antara lain mati rasa. Oleh karena itu, kamu disarankan menghubungi dokter untuk mendapatkan catatan lengkap mengenai kadar gula dalam tubuh.

 

  1. Jempol Kaki Bengkak

Jempol kaki bengkak bisa disebabkan oleh makanan yang kamu makan. Hal tersebut seringkali ditimbulkan oleh makanan yang mengandung purin, atau zat kimia khusus, yang biasanya terdapat dalam daging, ikan, dan beberapa jenis alkohol. Zat ini bisa menyebabkan dampak negatif pada tubuh, karena sanggup meningkatkan kadar asam urat.

Asam urat dalam kondisi normal bakal dikeluarkan melalui urin. Namun dalam kondisi tertentu, hal tersebut tidak terjadi pada beberapa orang dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Umumnya bagian tubuh yang mengalami pembengkakan adalah kaki dan engkel.

 

  1. Kaki Bengkok

Pembengkokan di bagian jempol atau jari kaki kerap diasosiasikan dengan dua penyakit kanker paru-paru atau penyakit jantung. Penyakit paru-paru dan jantung meyebabkan berkurangnya resistansi pembuluh darah, yang berarti aliran darah ke arteri kecil di jempol kaki dan ujung jari akan meningkat. Pada akhirnya ini akan berujung pada perubahan jaringan, yang membuat tampilan kaki berubah (lebih bundar, lebar, atau membesar). Segera hubungi dokter jika kamu mengalami masalah ini.

Beberapa gejala diatas merupakan tanda-tanda jika kamu memiliki masalah pada system tubuh. Jika kamu memiliki salah satu tandanya jangan tunda lebih lama untuk segera konsultasi dengan ahli medis ya. Semoga bermanfaat.***(CM-K1/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *