Mengenal Wisata Alam Di Kabupaten Toba Samosir

  • Whatsapp
Wisata Alam Toba Samosir
Wisata Alam Toba Samosir

 

Toba Samosir merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Utara. Toba Samosir juga hasil pemekaran dari kabupaten Tapanuli Utara. Toba Samosir ini juga salah satu kabupaten terbesar yang mengelilingi indahnya danau toba. Tak heran kalau Toba Samosir memiliki banyak tempat wisata yang tersebar di berbagai daerah di Kabupaten itu. Mulai dari wisata alamnya, tempat-tempat bersejarah sampai wisata kuliner pun banyak bisa kita jumpai disini.

Read More

Sebetulnya banyak spot wisata yang berada di beberapa kota atau kecamatan yang ada di kabupaten ini seperti di Kecamatan Balige, Lumban Julu Porsea dan lain-lain. Baiklah langsung saja kita cek beberapa spot wisata yang berada di Kabupaten Toba Samosir

  1. Makam Sisingamangaraja XII

Makam ini terletak di Desa Soposurung di Kecamatan balige. Makam ini merupakan salah satu spot yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya tidak terlalu jauh dengan spot wisata lainnya seperti museum TB Silalahi Center, kolam renang Aeros dan juga pantai tara bunga yang berada tidak jauh dari lokasi makam ini. Selain itu lokasi makam ini juga berdekatan dengan sekolah plus Yayasan Soposurung yang sudah sangat terkenal dari dulu.

 

  1. Museum TB Silalahi Center

Museum ini merupakan salah satu museum terbesar yang berada di Sumatera Utara, museum ini juga terdiri dari beberapa gedung yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang pribadi milik Letjen TNI Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Selain itu ada juga Museum adat yang berisi benda-benda dari berbagai kebudayaan batak dari berbagai adat batak yang ada di Sumaetara Utara. Selain itu masih banyak lagi yang bisa di temui di museum ini.

 

  1. Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul

Pantai ini merupakan pantai yang sedang naik daun di daerah Toba Samosir. Pantai ini juga telah banyak mengalami perubahan sehingga dapat menarik minat wisatawan. Selain tempatnya yang indah dan bersih pantai ini juga memiliki banyak fasilitas yang baik untuk memanjakan wisatawannya seperti tempat bermain anak, bananaboat dan lain-lain.

 

  1. Hutan Taman Eden

Tempat wisata ini berada  di Kecamatan Lumbanjulu. Lokasi wisata ini merupakan wisata yang juga sedang naik daun di daerah Toba Samosir karena memiliki keindahan dan keasria hutan yang masih bersih dan terawat. Di dalam hutan ini kita akan menemukan beragam jenis tumbuhan yang diantaranya meruapakan tumbuhan yang langka di Indonesia. Selain itu di hutan ini anda juga bisa menemukan gua kelelawar dan juga air terjun yang indah yang tepat berada di sisi luar dari gua kelelawar itu

 

  1. Air Terjun Binangalom

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang memiliki keunikan diantara air terjun yang ada di Sumatera UtaraAir terjun yang terletak di kecamatan lumban julu ini sangat unik karena merupakan satu-satunya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke pinggiran Danau Toba.

 

  1. Bukit Senyum Mottung

Buukit yang satu ini terletak di punggung pegunungan Danau Toba ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Ajibata dan harus ditempuh dengan berjalan kaki untuk bisa tiba di puncak bukit ini. Dari puncak bukit ini kita dapat melihat pemandangan danau toba yang cukup indah dan akan membuat kita tersenyum kagum. Maka dari itu lah bukit ini dinamakan Bukit Senyum Mottung.

 

  1. Jangga Dolok Village

Jangga Dolok merupakan sebuah desa adat batak yang sangat dijaga kelestariannya di dalam desa ini terdapat banyak jenis rumah adat batak khususnya batak toba. Desa inni terletak di kecamatan lumban julu tidak terlalu jauh dari pusat kota parapat.

Demikianlah beberapa spot wisata alam yang wajib anda kunjungi di kabupaten Toba Samosir dan masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa anda kunjungi di tiap daerah yang ada di Kabupaten Toba Samosir ini.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *