Dongeng Dan Cerita Rakyat Pengantar Tidur

  • Whatsapp
Cerita Rakyat Pengantar Tidur
Cerita Rakyat Pengantar Tidur

Dongeng atau cerita rakyat adalah salah satu warisan dari leluhur terdahulu yang sampai sekarang sampai sekarang masih terjaga eksistensinya.  Mengingat masih banyak buku anak yang terbit berisikan dongeng dan cerita rakyat. Para orang tua zaman dulu mengginakan dongeng dan cerita rakyat ini untuk mengajarkan kepada anak mereka tentan kebaikan dan kebijaksanaan. Juga menceritakan perilaku buruk yang tidak pantas ditiru melalui tokoh jahat dan perilaku baik yang wajib ditiru melalui tokoh baik. Sebelum teknologi secanggih sekarang ini, dongeng dan cerita rakyat ini selalu menemani anak-anak atau jadi pengantar tidur bagi anak-anak. Para orang tua pasti akan menceritakan kisah-kisah dari penjuru negeri kepada sang anak. Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan cerita rakyat ini. Tidak jarang di buku bacaan anak mauoun buku pelajaran sekolah dasar ditemukan dongeng dan cerita rakyat. Biasanya cerita-cerita ini tercantum dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia.

Kita sadar bahwa seharusnya dongeng dan cerita rakyat inilah yang harus dilestarikan agar tidak punah. Ini merupakan warisan leluhur yang wajib diwariskan kepada generasi selanjutnya. Mirisnya bahkan saat ini beberapa anak muda ada yang tidak mengetahui dongen dan cerita rakyat di negeri sendiri. Untuk itulah peran orangtua juga sangat diperlukan demi terjaganya dongeng dan cerita rakyat dari generasi ke generasi. Salah satu alternatif yang bsia dilakukan adalah dengan cara menceritakan kembali tentang dongeng dan cerita rakyat kepada anak saat akan menjelang tidur.  Ada beberapa dongeng dan cerita rakyat yang bisa dijadikan pilihan, diantaranya:

Read More

 

Bawang Merah dan Bawang Putih

Siapa yang tidak pernah mendengar kisah ini. Ini adalah cerita rakyat yang paling melegenda. Dahulu kala hiduplah keluarga sederhana yang terdiri atas Ayah, Ibu dan seorang anak perempuan yang bernama bawang putih. Hingga suatu hari Ibu bawang putih meninggal dunia. Ayah bawang putih menikah kembali. Ibu tiri bawan putih juga mempunyai seorang anak yang bernama bawang merha. Selama ayahnya pergi merantau, bawang putih selalu diperlakukan tidak baik oelh ibu tirinya dan saudara perempuannya tersebut. Hingga suatu hari Bawang ptuih menemukan ikan mas yang bisa berbicara di sungai yang selalu membantu pekerjaannya. Tidak sampai situ, Ibu tiri dan Bawang merah justru menangkap ikan emas tersebut dan memakannya. Melihat hal itu bawang putih semakin sedih, akhirnya tulang belulang ikan mas terbut tertanam oleh bawang putih hingga menjadi tanaman. Tanaman tersebur adalah tanaman obat yang nantinya akan digunakan oleh pangeran untuk mengobati sang Raja. Hanya bawang putih sajalah yang bisa mencabut tanaman tersbut. Akibat kebaikan hati bawang putih, akhirnya ia dipersunting oleh Pangeran.

 

Timun Mas

Cerita rakyat ini ebrkisha tentang sepasang suami istri yang sangat menginginkan seorang anak dan terus berdoa. Hingga akhirnya seorang Raksasa mendengar doa tersebut dan memberikan sebutir biji mentimun yang akan mengahsilkan seorang anak dnegan perjanjian bahwa jika nantinya anak tersebut telah dewasa, anak tersebut harus dikembalikan kepada sang Raksasa. Kemudian lahirlah seorang anak perempaun cantik dari tanaman timun tersebut yang akhirnya diberi nama Timun Emas. Setelah sang anak beranjak dewasa, Raksasa datang kembali untuk menagih janjinya terdahulu. Orang tua memerintahkan Timun Emas supaya melarikan diri dan terhindar dari kejaran Raksasa. Hingga akhirnya Raksaa tersebut dapat dikalahkan dan Timun emas hidup bahagia bersama kedua orang tuanya.

 

Malin Kundang

Cerita ini berasal dari daerah Padang. Alkisah Hiduplah seorang anak dengan ibunya. Suatu hari karena kemiskinannya sang anak yang bernama Malin Kundang merantau ke negeri sebarang dengan harapan akan membawa harta yang belimpah saat kembali pulang. Setelah kepergaiannya sang Ibu selalu menunggu kehadiran sang anak kembali ke rumah. Hingga suatu hari sang Anak telah kembali dengan membawa seorang istri dan telah menjadi kaya raya. Namun sungguh amat disayangkan, ketika sang Ibu datang untuk menemui anaknya, Malin Kundang justru tidak mengakui Ibunya tersebut. Hingga akhirnya sang Ibu mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

 

Banyaknya cerita rakyat yang bisa dikemas dalam bentuk cerita pengantar tidur kepada anak menjadikan kita harus memilki dan mengetahui berbagai judul cerita rakyat. Selain tiga cerita rakyat lainnya yang diatas, ada beberapa cerita rakyat lainnya yang bisa disuguhkan diantaranya : Keong Mas, Lutung Kasarung, Danu Toba, Timun mas, Cindelaras, Lagenda Batu Menangis, Sangkuriang, Malin Kundang,  Danau Situ Bagendit, Asal usul Danau Singkarak, Asal Usul Salatiga dan masih banyak cerita lainnya.***(CM-D2/Weny Maya Sari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *