Bachelor Party, Trend Kekinian Calon Pengantin

  • Whatsapp
Bachelor Party
Bachelor Party

 

Era digital yang serba modern yang terjadi saat ini, membuat banyak orang tak bisa lepas dari teknologi. Sosial media adalah wadah paling menyenangkan untuk berbagi momen-momen penting bagi penikmatnya. Sosial media telah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini. Kalo nggak update ya kuno. Sebagai contohnya, Bachelor Party atau pesta lajang untuk calon pengantin mulai menjadi trend yang cukup hits di kalangan masyarakat Indonesia masa kini. Tak jarang kita lihat begitu banyak foto-foto di dunia digital yang terdapat momen-momen pesta lajang ini diunggah di media sosial. Terlebih sudah banyak party planner yang menyediakan jasa ini.

Read More

Bachelor party atau pesta lajang ini berasal dari Amerika, yang lalu masuk ke Indonesia pada tahun 80an. Di Negara asalnya sendiri, pesta ini dibuat oleh teman-teman dekat sang calon pengantin untuk sang pengantin dengan tujuan sebagai kado pesta terakhir merayakan masa lajang sebelum mereka menikah. Di kebudayaan barat ini, pesta lajang jauh lebih ekstrim dibandingkan dengan di Indonesia. Pesta ini dirancang agak lebih “nakal” karena kebudayaan di negeri barat yang lebih bebas dibanding Indonesia. Adanya DJ, Penari Striptease, minum-minuman beralkohol, dan banyak makanan yang akhirnya tak jarang mengarah pada acara mabuk-mabukan. Biaya juga tak sedikit dikeluarkan. Semua dengan tujuan untuk memuaskan sang calon pengantin melepas ‘nakal’ nya masa lajang sebelum mereka menikah. Tapi, ini tak menjamin jika saat sudah menikah kenakalan semasa lajang tidak dilakukan lagi bukan?

Beberapa kejadian juga terjadi di Amerika, calon pengantin wanita terpaksa dibatalkan rencana pernikahannya dengan calon pengantin prianya hanya karena adegan tak lazim yang dilakukan sang calon pengantin wanita dengan pria lain saat pelaksaaan pesta lajang yang videonya ditemukan di gadget salah satu teman sang calon pengantin pria.

Namun berbeda dengan di negeri barat, Indonesia punya konsep sendiri dalam pelaksanaan bachelor party. Mengingat Indonesia menganut budaya ketimuran, orang Indonesia lebih menjaga kesopanan dalam melaksanakan pesta lajang. Syukurnya, keseruan momen pesta lajang ini diterjemahkan lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Pesta lajang di Indonesia sendiri lebih kepada menjadi wadah reuni sang pengantin bersama teman-teman dekatnya untuk bercengkrama mengenang masa-masa lajang bersama teman-teman sang calon pengantin. Melepaskan rindu hanya dengan makan-makan, minum-minum, dan ngobrol ngalor-ngidul. Tak lebih dari itu. Nah, mungkin adopsi konsep yang seperti inilah yang lebih aman dan baik bagi semua pihak, tanpa merugikan pihak manapun.

Beda daerah, beda pula kebudayaannya. Jika di Amerika pesta lajang ini identik dengan kegiatan yang “lebih” dari sekedar pesta dengan segala aksesorinya yang cukup merogoh kocek. Bukan hanya pesta yang sekedar mementingkan sebuah pertemuan untuk melepas rindu dengan teman dekat yang mengutamakan keakraban. Tentu pesta lajang versi Indonesia ini mengalami perubahan konsep, meski beberapa orang mengadopsi persis konsep dari luar negeri. Biaya juga tak banyak dikeluarkan jika dibandingkan dengan versi Amerikanya.

Nah, sudah tau kan sejarahnya perayaan yang kini menjadi gaya hidup sebagian besar orang Indonesia ketika akan melaksanakan pernikahan? Penting atau tidaknya acara ini tergantung pendapat masing-masing. Tapi jika tujuannya baik hanya untuk sekedar reuni dan tidak menggunakan terlalu banyak dana untuk pelaksanaannya, mungkin momen ini dirasa cukup sweet untuk diberikan sebagai kado persiapan pernikahan bagi sang calon pengantin. Menurut kamu gimana?***(CM-K1/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *