6 Manajemen Stress yang Harus Kamu Pahami

  • Whatsapp
Manajemen Stress
Manajemen Stress

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya stress, stress biasanya terjadi karena kita tidak bisa memecahkan masalah yang sedang kita hadapi mulai dari masalah di dalam pekerjaan, masalah asmara sampai masalah hidup yang tidak ada habisnya. Bahkan beberapa ahli mengatakan stress juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya apabila seseorang sering mengalami stress tersebut. Ada berbagai cara yang dapat menghilang kan stress yang dialami setiap orang salah satunya dengan manajemen stress.

Banyak orang yang belum mengetahui tentang manajemen stress. Menurut beberapa sumber manajemen stress merupakan kemampuan penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh manusia secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul. Karena tanggapan (respon). Tujuan dari manajemen stress itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik (source : Wikipedia.com). Jadi dengan kata lain manajemen stress merupan cara yang digunakan untuk mengurangi ataupun menghilangkan tingkta stress seseorang.

Read More

Sebenarnya manajemen stress adalah strategi yang dilakukan untuk mengatur stress dengan cara merubah pola pikir dan juga sudut pandang anda. Ada beberapa cara efektif yang dapat digunakan untuk menghilangkan stress, berikut ulasannya.

 

Belajarlah Cara Terbaik untuk Merelaksasikan Diri

Dengan cara ini anda akan bisa mengendalikan tingkat sress yang anda alami yaitu dengan cara meditasi dan latihan pernafasan. Anda juga harus mampu menjernihkan pikiran anda dalam situasi apapun agar terhindar dari stress.

 

Jangan Mempermasalahkan Hal-hal yang Sepele

Dari hal sepele biasanya dapat timbul permasalahan yang bisa membuat kita tertekan dan stress, jadi dari sekarang cobalah untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal sepele yang dapat memicu terjadinya stress. Piikirkanlah hal-hal positif yang dapat membantu anda untuk mengurangi tingkat stress.

 

Jangan Membebani Diri Sendiri

Di dalam kehidupan sehari-hari anda pasti sering mengeluh tentang pekerjaan yang sedang anda lakukan. Jadi mulai sekarang  coba lah kerjakan setiap pekrjaan dengan baik atau dengan lebih selektif memperhatikan beberapa prioritas agar pekerjaan anda terasa lebih ringan.

 

Ubah Cara Pandang

Ini merupakan metode yang cukup efektif dalam menghadapi stress karena ddengan cara ini kita akan lebih mudah dalam menyelasikan permasalahan yang sedang kita hadapi.

 

Istirahat yang Cukup

Kurangya istirahat juga sangat mempengaruhi kinerja otak kita apabila kita tidak memperoleh istirahat yang cukup maka otak kita akan mudah leleah dan akhirnya akan mengakibatkan stress. Jadi mulai sekatrang cobalah untuk melakukan pola istirahat yang baik.

 

Cari Bantuan  Apabila Masalah Tak Mampu Dipecahkan

Cara ini merupaka salah satu yang paling penting untuk dilakukan apabila kita mengalami stress. Jika stress menempatkan anda dalam keadaan yang tidak teratasi atau mengganggu kegiatan anda coba lah anda mencari bantuan dengan orang-orang terdekat anda seperti orang tua dan teman-teman anda untuk membantu memberi solusi yang baik untuk memecahkan masalah yang sedang anda alami.

Demikian lah beberapa penjelasan singkat tentang manajemen stress dan juga strategi yang dapat digunakan untuk memgatasi stress yang sering terjadi di dalam kehidupan kita, semoga penjelasan ini dapat mudah dipahami oleh pembaca dan berguna untuk kita semua. Terima kasih.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *