5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

  • Whatsapp
5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa
5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Film merupakan karya visual yang berisi video ataupun serangkaian gambar yang menghasilkan sebuah cerita. Kualitas suatu film juga bukan hanya ditentukan dari cara pengambilan gambar yang tepat tetapi juga pemilihan tokoh serta cerita yang berkualitas sehingga dapat menarik bagi masyarakat luas. Semua itu juga tergantung bagaimana suatu industri film mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk sebuah film. Menilik kembali dunia perfilman Indonesia, bisa dikatakan bahwa dunia perfilman Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari era 80an, era 90an hingga era 2000an. Perfilman Indonesia tahun 80an sempat merajai beberapa bioskop di negeri sendiri. Banyak bisokop yang bertaburan dikala itu, namun memasuki awal tahun 90an perfiliman Indonesia menurun sehingga film-film Hollywood dan luarlah yang justru menjadi raja di Negeri sendiri. Hingga akhirnya awal tahun 200an perfilman Indonesia bangkit kembali.  Diawali dengan munculnya Film anak Petualangan Sherina kemudian disusul film horor Jelangkung hingga film remaja romance Ada Apa dengan Cinta. Sederat Film tersebut telah berhasil membangkitkan kembali perfilman Indonesia. Tahun ke tahun dunia perfilamn semakin membaik terbukti dnegan diadakannya Festival Film Indonesia yang mengahdirkan sederat Film terbaik setiap tahunnya. Bahkan untuk beberapa Film tertentu telah mencapai jumlah penonton yang fantastis sepanjang masa. Film-film apakah itu, berikut adalah daftar film terlaris sepanjang masa.

 

Read More

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss

Film yang diperankan oleh Abimana Aryasatya sebagai Dono, Vino G. Sebastian sebagai Kasino dan Tora Sudiro sebagai Indro ini telah mencapai jumlah penonton 6.064.000 pertanggal 30 September 2016 dan telah menempati posisi pertama sebagai film terlaris sepanjang masa menggeser film Laskar Pelangi. Kebangkitan kembali komedi Indonesia ini telah membuktikan bahwa masyarakat masih menantikan berbagai film bergenre komedi. Terlebih Warkop DKI telah memiliki nama dihati seluruh masyarakat Indonesia, mengingat bahwa Warkop DKI merupakan legenda komedi tanah air. Karena itulah kehadiran kembali film ini akhirnya mendapat sambutan yang luar bisa dari masyarakat Indonesia.

 

Laskar Pelangi

Setelah 8 tahun terhitung dari tahun 2008 menduduki posisi pertama sebagai film terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton 4.631.841 Laskar Pelangi kini telah menduduki posisi kedua setelah tergeser oleh film Warkop DKI Reborn. Film yang diangkat dari novel fenomenal karya Andrea Hirata ini tahun 2008 telah berhasil merebut hati masyarakat Indonesia kala itu.

 

Habibie dan Ainun

Menempati posisi ketiga film terlaris sepanjang masa, film karya Sutradara Faozan Rizal ini juga tidak kalah fenomenal. Filam yang diliris pada tanggal 20 Desember 2012 ini telah berhasil merebut 4.488.889 juta hati penonton Indonesia. Dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari film ini berkisah tentang perjalan cinta Presiden ketiga Republik Indonesis B.J Habibie dan istrinya Hasri Ainun Habibie.

 

Ada Apa dengan Cinta? 2

Posisi keempat film terlaris sepanjang masa ditempati oleh film fenomenal yang merupakan film sekuel dari Ada Apa dengan Cinta yang liris tahun 2002 ini telah berhasil mencapai 3.665.509 juta penonton. Film ini perdana tayang pada 28 April 2016. Masih dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga, film ini menceritakan kembali kisah cinta Rangga dan Cinta yang telah tertunda selama 14 tahu setelah kembalinya Rangga dar New York. Film ini seperti ajang film reuni bagi kelahiran 80an dan 90an mengingat film Ada Apa dengan Cinta sukses besar di tahun 2002.

 

Ayat-ayat Cinta

Film bergenre religi ini berhasil menempati posisi kelima sebagai film terlaris sepanjang masa. Berhasil merebut hati 3.581.947 penonton film yang dibintangi oleh Ferdi Nuril, Rianti Cartwright,  dan Zaskia Adya Mecca. Film karya Sutradara Hanung Brahmantyo ini merupakan adaptasi dari novel terlaris karya Habiburrahman El Sirazy yang tayang perdana tahun 2008. Film ini merupakan film religi pertama dengan jumlah penonton yang fantastis kala itu.

Dari deretan 5 film terlaris sepanjang masa masih banyak lagi film Indonesia lainnya yang berkualitas dan telah merebut jutaan hati penonton Indonesia diantaranya diposisi keenam film terlaris sepanjang masa ditempati oleh My Stupid Bos dan disusul di posisi ketujuh Ada Apa dengan Cinta. Terbukti dari jutaan masyarakat Indonesia yang menonton layar lebar menandakan bahwa dunia perfiliman Indonesia semakin baik setiap tahunnya dan menajdi raja di negeri sendiri. Semoga nantinya para insan perfiliman Indonesia selalu menghasilkan karya berkualitas demi kelangsungan film Indonesia yang lebih baik lagi.***(CM-D2/Weny Maya Sari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *