XL Mulai Siapkan Layanan 4.5G

  • Whatsapp

 

 

Logo XL
Logo XL

Demi memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, PT XL Axiata Tbk (XL) terus memaksimalkan teknologi jaringan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas layanan internet cepat. Sambil terus XL kini juga mulai mempersiapkan layanan 4.5G. Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik.

 

“Secara teknologi, kami sudah siap untuk mulai menyediakan layanan 4.5G. Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G. Target kami, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan,” jelas Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono.

 

Dibandingkan 4G, teknologi 4.5G sendiri secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

 

Rahmadi melanjutkan, teknologi “4T4R” merupakan pengembangan dari versi “2T2R”. Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman Data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz. jadi, selain kecepatan, juga akan diperoleh kestabilan koneksi internet yang lebih baik juga.

 

Menurutnya, dengan penerapan teknologi ini, XL berarti sudah siap melangkah lebih maju ke implementasi 4.5G. Kesiapan yang dimiliki XL lainnya antara lain berupa telah ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi juga akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz. Teknologi 4T4R saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya.

 

 

Pengembangan 4G terus berlanjut

Saat ini, pelanggan XL di 86 kota di berbagai daerah telah dapat menikmati layanan 4G LTE. Layanan internet cepat tersebut ditopang antara lain oleh lebih dari 6.500 unit  BTS 4G LTE. Jumlah BTS khusus 4G ini adalah yang terbanyak di antara operator 4G GSM. Instalasi BTS 4G oleh XL ini masih akan terus berlangsung, bukan hanya dalam perluasan wilayah layanan, namun juga untuk peningkatan kualitas. Tidak ketinggalan, XL juga menginstalasi perangkat pemancar High Capacity SmallCell di dalam gedung-gedung di kota-kota 4G untuk meningkatkan kualitas layanan di dalam ruangan. Itu semua disesuaikan dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan di setiap area, dan dimanfaatkannya layanan 4G untuk mendukung berbagai aktivitas pelanggan. Hingga Agustus 2016, jumlah pelanggan 4G mencapai sekitar 8 juta pelanggan.

 

Beberapa kota yang baru saja mendapatkan layanan internet cepat XL 4G LTE adalah antara lain Kabupaten Karawang, Cilegon, Kabupaten dan Kota Serang, Kab Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Batu.

 

Secara nasional, pelanggan 4G XL meningkat sekitar 10% di bandingkan periode dari triwulan pertama 2016. Sementara itu pertumbuhan jumlah penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan juga terus naik. Saat ini sekitar 53% pelanggan telah menggunakan smartphone. Dengan semakin luas cakupan layanan 4G, serta semakin terjangkaunya harga ponsel 4G, XL yakin akan terus tumbuh jumlah pelanggan 4G. Target XL, dapat meraih 9 juta pelanggan 4G hingga akhir 2016 nanti.

 

Upaya XL meningkatkan penggunaan kartu SIM 4G di kalangan pelanggan juga dilakukan melalui penggantian kartu secara mudah. Selain dengan menyediakan layanan kedatangan petugas ke kantor-kantor atau lokasi yang diminta pelanggan, pesan melalui beberapa toko online, XL juga telah menyediakan sistem penggantian SIM secara mandiri. Pelanggan bisa menggantinya sendiri tanpa datang ke XL Center atau ke petugas XL. Saat ini, sebanyak 8 juta pelanggan telah beralih ke kartu SIM 4G.

 

Dari sisi trafik Data, XL mengalami pertumbuhan trafik data yang terbesar dibandingkan para kompetitor. Kenaikan trafik Data XL secara total mencapai sekitar 1.500 TB, per semester pertama 2016. Ini meningkat sekitar 123% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, khusus trafik Data 4G, mencapai 395 TB.

 

Untuk mendorong pertumbuhan pelanggan 4G tersebut, XL antara lain meluncurkan kembali program Shopping Point, yang meringankan pelanggan untuk memiliki smartphone 4G. Program ini memberikan point kepada pelanggan yang membeli paket Combo Xtra untuk berlangganan selama setahun. Point tersebut kemudian bisa dipakai sebagai potongan harga smartphone 4G pilihannya dan asesoris lainnya. XL menggelar program menarik ini di seluruh kota 4G XL, bekerjasama dengan 8 partner penyedia ponsel terkemuka, yang memiliki jaringan toko di berbagai kota. Selain itu, XL juga telah meluncurkan program
“XL Go”, berupa paket berlangganan untuk layanan Mifi.

 

Di sisi pengembangan produk digital untuk menarik pelanggan 4G, XL juga terus mengembangkan produk layanan yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang beralih ke layanan 4G. XL akan terus mengembangkan layanan video dan film melalui aplikasi Tribe, serta layanan musik Yonder. Selain akan terus menambah koleksi, keduanya juga menggandeng komunitas penggemar film dan musik untuk lebih nyaman dalam menggunakan kedua aplikasi. Pada Tribe antara lain telah diproduksi dua film pendek karya sutradara terkemuka Indonesia yang hanya bisa disaksikan di Tribe. Sementara itu pada Yonder, awal September 2016 ini, akan digelar konser besar “Merayakan Karya Iwan Fals”, seorang legenda musik Indonesia dengan jutaan penggemar segala usia.

 

Peningkatan kualitas layanan Data juga terus dilakukan di berbagai layanan digital yang sudah ada. Layanan-layanan tersebut, antara lain XL Tunai, Internet of Thing, Gudang Aplikasi, Elevenia, XmartCity, XCloud, dan lain-lain.***(CM-PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *