Tetap Produktif Meski Musim Hujan

  • Whatsapp
Tetap Produktif Meski Hujan
Tetap Produktif Meski Hujan

Iklim Indonesia yang tropis, dan hanya ada 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Rentang waktu untuk musim kemarau adalah bulan 4 sampai dengan bulan 8, dan dilanjutkan dengan musim hujan mulai bulan 9 sampai dengan bulan 3. Tetapi, semakin hari waktu untuk kedua musim ini tidak lagi teratur. Banyak perubahan yang terjadi akibat pengaruh beberapa faktor. Misalnya seperti faktor pemanasan global yang sangat berpengaruh pada keadaan bumi.

Musim hujan identik dengan air, lembab, dingin, dan mendung. Karena sifat musim hujan yang seperti ini memaksa beberapa usaha tidak bisa dilakukan ketika musim hujan. Misalnya seperti petani akan menghitung waktu penanaman agar nanti ketika panen tidak bertemu dengan musim hujan untuk mendapatka hasil karena petani membutuhkan matahari untuk menjemur padi. Lalu setelah musim berganti menjadi musim hujan, petani tidak menanam. Dan beberapa profesi lain yang harus menyesuaikan dengan musim Indonesia terutama musim hujan. Tetapi meskipun demikian, banyak hal yang bisa dilakukan. Membuka usaha yang bertujuan positif dan produktif tentunya.

Read More

  1. Usaha Perlengkapan Hujan Untuk Tubuh

Meskipun musim hujan, masih ada di luar sana yang harus tetap menjalankan tugas dan profesinya. Mereka harus tetap keluar rumah dan melewati hujan untuk sampai ke tujuan mereka. Manfaatkan situasi ini secara positif. Kamu bisa buka usaha dagang barang-barang perlengkapan hujan. Payung dan jas hujan akan sangat dibutuhkan bagi mereka pejalan kaki. Atau jas hujan bagi mereka pengendara sepeda dan sepeda motor. Baju hangat yang pasti sangat dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Bahkan sepatu hujan pasti dibutuhkan saat situasi seperti ini. Banyak cara untuk menjualnya, jika kamu merasa akan merugikan untuk membuka toko karena sifat usaha kamu ini sementara, kamu bisa menjualnya secara online. Atau menawarkan langsung dengan cara mendatangi rumah mereka.

  1. Menjual Makanan dan Minuman

Musim hujan yang dingin biasanya akan mengundang perut keroncongan. Ambil keuntungan tanpa merugikan orang lain. Bahkan, kamu bisa membantu mereka yang membutuhkan. Kamu bisa buka usaha makanan dan minuman yang sesuai dengan musim hujan. Misalnya kamu menawarkan minuman hangat yang mampu mengembalikan stamina pembeli. Minuman hangat jahe misalnya. Selain membantu menghangatkan tubuh, juga menyehatkan tubuh. Minuman lainnya seperti bandrek, kopi, susu, coklat panas, dan masih banyak lagi minuman hangat yang bisa kamu sajikan.

Selain minuman untuk menghangatkan tubuh, kamu bisa sajikan makanan yang cocok pada saat musim hujan karena biasanya dingin pada musim hujan akan menyebabkan perut keroncongan. Banyak variasi, seperti jagung bakar, gorengan, makanan pedas, dan lain sebagainya. Kreatifitas kamu dituntut disini, dimana kamu harus memikirkan bagaimana rasa dan makanan yang kamu sajikan bisa memuaskan pembeli ketika musim hujan. Cari resep yang sehat, bergizi, dan juga enak. Misalnya adalah makanan pedas. Meskipun pedas kamu harus tetap membuat makanan menjadi makanan sehat dan bergizi. Pedas akan mengundang diri kita menjadi semangat mengingat musim hujan kebanyakan orang akan bermalas-malasan.

  1. Buka Usaha Laundry

Hujan dengan langit mendung dan cuaca dingin dengan intensitas matahari yang sedikit. Dengan kondisi seperti ini, pasti akan banyak yang mencari usaha cuci pakaian. Karena pakaian akan menajdi berbau lembab ketika dijemur tetapi tanpa matahari. Lagi-lagi kamu punya kesempatan untuk memanfaatkan situasi yang seperti ini. Orang akan malas mencuci pakaian mengingat jemuran mereka tidak akan gampang kering. Usahakan kamu menawarkan kepada mereka yang belum menggunakan mesin cuci.

Itu adalah beberapa saran yang bisa dijadikan usaha yang menghasilkan saat musim hujan bagi kamu yang menganggur karena profesi kamu harus menyesuaikan dengan cuaca. Tidak menutup kemungkinan juga bagi kamu yang ingin mencari sampingan atau ingin menambah uang kantong. Tetapi ingat untuk tidak merugikan pihak lain.***(CM-Ist/Grace Elvioretha)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *