Ternyata Nangka Mampu Sehatkan Tulang

  • Whatsapp
Manfaat Buah Nangka
Manfaat Buah Nangka

 

Untuk yang suka dengan buah kuning yang satu ini, pasti tau khasiat jika mengonsumsinya. Namun tidak sedikit juga orang tidak mengetahui manfaat buah nangka yang sangat rahasia. Nangka atau dalam bahasa ilmiah Artacarpus Heterophyllus tergolong salah satu tumbuhan serbaguna. Khasiat buah nangka kaya akan kandungan energi yang tinggi, yaitu sebanyak 106 kalori untuk setiap 100 gramnya. Begitu juga dengan kandungan karbohidrat yangt dimiliki buah nangka mencapai 27,6 gram dan protein sebanyak 1,2 gram. Kandungan inilah yang menjadikan buah ini layak sebagai buah untuk berbagai alternatif. Sebagai buah yang memiliki kandungan dan nutrisi ada baiknya kita mengupas lebih dalam manfaat dari buah nangka. Berikut beberapa manfaat jika mengonsumsi buah nangka :

  1. Menepis kanker

Ternyata buah kuning ini mampu melawan kedatangan kanker pada tubuh, lho! Kandungan fitonutrien pada buah nangka inilah penyebabnya yang mampu memperlambat radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu buah nangka juga mampu meningkatkan fungsi kerja sel-sel lain di dalam tubuh.

 

  1. Memperbaiki fungsi pencernaan

Untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan ada baiknya untuk mengkonsumsi buah nangka sebagai solusinya. Serat yang terdapat dalam nangka ternyata mampu membersihkan saluran pencernaan serta menjauhkan dari konstipasi.

 

  1. Menambah sistem imun

Nangka salah satu buah yang mengandung vitamin C dimana kandungan tersebut dapat menambah anitivirus dan antibakteri pada tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan fungsi organ lainnya. Sistem kekebalan tubuh yang sehat akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan juga infeksi.

 

  1. Menyehatkan Kulit

Mengkonsumsi nangka ternyata mampu memperlambak radikal bebas yang menyebabkan penuaan diri karena nangka mengandung antioksidan yang sangat tinggi. misalnya saja polusi, sinar UV, asap, debu dan beberapa hal lain yang sifatnya datang dari luar tubuh yang dapat mempercepat penuaan dini. Buah nangka sangat baik untuk orang yang sedang mengalami penuaan tubuh.

 

  1. Menyehatkan Tulang

Kalau kebanyakan orang berpikir mencegah osteoporosis dengan cara mengkonsumsi susu, ternyata mengkonsumsi nangka mampu menjadi solusi kedua. Nangka juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang sehingga dapat menjadi solusi untuk menghindari terjadinya osteoporosis. Tidak hanya itu, kandungan kaliumnya bisa membantu mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal.

 

Itulah beberapa manfaat dari buah nangka. Buah nangka dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi juga mampu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Banyaknya kandungan vitamin A dan vitamin C sangat berguna meningkatkan daya tahan tubu dan menjaga kesehatan mata. Buah nangka juga memiliki kandungan lain jika di jadikan sebagai menu lain seperti :

  • Buah nangka yang masih muda juga banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran, seperti sayur lodeh yang enak.
  • Daun tanaman ini di rekomendasikan sebagai obat antidiabetes karena ekstrak daun nangka memberi efek hipoglikemi.
  • Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI.
  • Daun pohon nangka sebagai Obat luka luar.
  • Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran yang mengandung albuminoid dan karbohidrat.
  • Sedangkan biji nangka dapat digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
  • Biji nangka dapat diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).
  • Khasiat kayu sebagai antispasmodic dan sedative.
  • Daging buah sebagai ekspektoran.
  • Daun sebagai laktagog.
  • Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai antiinflamasi.
  • Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
  • Kandungan kimia dalam kayu adalah morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, dan tannin.
  • Selain itu, dikulit kayunya juga terdapat senyawa flavonoid yang baru, yakni morusin, artonin E, sikloartobilosanton, dan artonol B.
  • Bioaktivitasnya terbukti secara empirik sebagai antikanker, antivirus, antiinflamasi, diuretil, dan antihipertens

Demikianlah tulisan tentang manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh, agaknya hal ini mungkin penting bagi anda, semoga dijauhkan dari segala macam penyakit ya.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *