Tampil Cantik dengan Daun Binahong

  • Whatsapp
Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong

 

Banyak kaum awam yang belum mengenal tentang binahong atau yang lebih dikenal dengan nama daun gondola ini. Tanaman yang memiliki nama latin Bassela Rubra Linn. Tanaman ini aslinya berasal dari negeri gingseng Korea. Ciri-ciri dari tanaman ini bentuknya yang menjalar dan bisa mencapai 6 meter, daun yang berbentuk hati, bentuk batang yang silindris tekadang membentuk semacam umbi-umbian yang melekat di ketiak daun dengan bentuk yang tak beraturan.

Read More

Tanaman ini biasanya dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi, tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit berat . sama hal nya di Indonesia sebetulnya tanaman ini sudah banayk dibudidayakan namun belum begitu banyak orang yang mengetahui manfaat yang diberikan oleh tanaman ajaib ini.

Daun Binahong ini memiliki dua manfaat besar bagi tubuh manusia yaitu dapat digunakan untuk kecantikan dapat juga digunakan untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun binahong ini memiliki protein tinggi, anti mikroba, Saponis, Asam Akrobat, dan total fenol yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

  1. Binahong untuk Kecantikan

Daun Binahong ini sangat bermanfaat untuk kecantikan khususnya untuk kulit wajah. Kebanyakan orang pasti memiliki masalah dengan kulit wajah salah satunya adalah masalah jerawat, seperti jerawat batu dan jerawat-jerawat kecil yang biasanya menyebabkan plek hitam dan lubang-lubang kecil diwajah. Daun Binahong ini bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat yang sangat menyebalkan ini.

Untuk mengghilangkan jerawat dengan daun Binahong hal yang harus dilakukan adalah dengan cara menggiling hingga halus beberapa helai daun Binahong hingga halus. Apabila daun sudah digiling halus untuk dijadikan masker di wajah. Selain itu daun Binahong juga dapat direbus untuk diambil airnya, air rebusan dapat digunakan untuk mencuci wajah agar pori-pori di wajah menjadi kecil dan dapat juga untuk mengencangkan kulit wajah. Apalagi untuk kaum hawa ramuan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan meningkatkan kepercayaan diri para kaum hawa.

  1. Binahong untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan daun Binahong ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia karena banyak mengandung senyawa-senyawa yang sangat berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa macam penyakit dan cara mengolah daun ini antara lain:

  1. Mengatasi Gangguan Maag

Maag  adalah penyakit yang menyerang system pencernaan manusia. Maag biasanya disebakan kurang teraturnya pola makan seseorang seperti telat makan dan sering memakan makanan sembarangan bila terus dibiarkan penyakit ini akan semakin parah. Daun Binahong merupan salah satu solusi untuk mengobati gangguan maag ini cara mengolah pun tidak begitu sulit cukup dengan merebus daun Binahong kemudian air rebusan daun Binahong harus diminum rutin agar penyakit maag yang diderita dapat sembuh total.

 

  1. Meredakan Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu lemak yang menumpuk system peredaran darah pada tubuh manusia. Apabila lemak ini semakin menumpuk maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Salah satu cara untuk mengurangi penumpukan itu adalah dengan cara mengonsumsi daun Binahong yang sudah direbus hingga airnya susut dan berubah menjadi agak kental. Air dari rebusan itu dapat diminum setiap hari untuk menurun kadar kolesterol di dalam darah.

 

  1. Luka atau borok

Dengan tanaman Binahong kita juga dapat mengobati luka kecil hingga borok yang dapat disembuhkan dengan cepat. Cara mengolanya pun sederhana cukup dengan meremas-remas daun Binahong hingga lembut dan mengeluarkan lendir kemudian tempelkan daun ke luka ataupun borok setelah itu tunggu hingga luka menjadi kering.

 

Itu adalah beberapa manfaat dari tanaman ajaib yang bernama Binahong ini dan masih banyak lagi manfaat tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Begitu banyak manfaat dari tumbuhan herbal ini karena tidak memiliki efek samping seperti obat-obat kimiawi. ***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *