Singapura Kampanyekan Donor Darah Dengan Cara yang Unik

  • Whatsapp
Donor Darah
Donor Darah

 

Pernahkah kamu mendonorkan darah? Tahukah kamu jika kegiatan ini dapat membantu bahkan menyelamatkan hidup seseorang. Darah merupakan penting dalam tubuh seorang manusia, akan berdampak bahaya jika sesorang mengalami kekurangan darah. Banyak faktor yang mempengaruhi dimana seseorang sangat membutuhkan transfuse dari demi melanjutkan hidupnya. Salah satu contohnya adalah, jika seseorang mengalami kecelakaan hingga mengeluarkan darah yang sangat banyak, berarti ia sudah kehilangan darah tersebut sehingga cara untuk mengembalikannya adalah dengan bantuan dari darah orang lain.

Read More

Donor darah pun terus digiatkan diseluruh dunia, tak hanya ketika ada yang membutuhkan saja, tapi juga merupakan kegiatan rutin untuk amal dan diadakan diseluruh belahan bumi.

Kesadaran akan pentingnya mendonorkan darah lantas turut mendorong masyarakat bahkan negara  untuk sama-sama merealisasikannya. Pemerintah Singapura pun memiliki cara unik dalam hal mengkampanyekan donor darah, baik kepada masyarakatnya dan juga dunia yakni menhilangkan huruf A,B dan O. Pasti akan sedikit membingungkan jika dalam susunan alphabet tak memiliki ketiga huruf tersebut, apa alasannya dihilangkan? Huruf-huruf tersebut merupakan simbol dari golongan darah manusia sehingga diharapkan dapat mendorong warganya agar mau mendonorkan darah mereka.

Kegiatan bertajuk ‘International Missing Type Campaign’ dan oleh The Singapore National Parks Board. Singapore Biotanic Garden merupakan salah satu tempat di Negeri Singa yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini pun dipilih untuk menjadi media kampanye dimana ketiga huruf tersebut dihapuskan. Selain itu, terdapat juga puluhan gedung perkantoran dan organisasi beserta rumah sakit, sekolah dan instansi pemerintah.

Kamapanye tentang donor darah ini diharapkan talk hanya mampu mendorong warga lokal singapura saja untuk membagi darah mereka, tapi juga masyarakata dunia. Darah-darah tersebut juga ditujukan kepada setiap orang do negara-negara lain yang membutuhkan.

Khusus untuk masyarakat Singapura, diprediksi 25% dari total keseluruhan masyarakatnya akan berumur sekitar 65 tahun pada tahun 2039. Maka dari itu kemungkinan besar jumlah permintaan darah akan semakin besar sehingga dibutuhkan pasokan yang cukup untuk memenuhi segala permintaan akan darah.

Bagi kalian yang baru pertama kalinya mendonorkan darah, maka tak perlu ada cemas, sebab donor darah nyatanya juga memiliki manfaat positif bagi tubuh si pendonor seperti berikut ini.

  1. Menjadi sarana melakukan tindakan amal demi kemanusiaan, ternyata dalam satu kali mendonorkan darah kita sudaha dapat membuat tiga orang terbantu, sebab didalam darah terdapat tiga bagian yang dapat dibedakan sesuai denga kebutuhan seseorang yaitu, sel darah merah, plasma dan juga platelet. Tahukah kamu? sel-sel darah merah yang terdapat didalam tubuih kita hanya mampu bertahan selama kurang lebioh 100 hari dan hanya akan menjadi terbuang sia-sia jika tidak didonorkan.

 

  1. rutin mendonorkan darah mampu mengurangi resiko tubu terserang oleh penyakit berbahaya. Sebut saja kanker ataupun serangan jantung dimana penyakit-penyakit tersebut sangat mengancam jiwa maka dengan mengikuti donor kita dapat mengurangi kemungkinan tersebut dialami tubuh. Selain kedua penyakit berbahaya tersebut, orang yang sering mendonorkan darahnya lebih kecil kemungkinannya terjangkit openyakit struk baik itu kecil maupun besar.

Namun, tak semua orang dapat menyumbangkan darah mereka karena harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan terlebih dahulu. Masalah kesehatan dan ketahanan fisik menjadi pertimbangan utama, jangan sampai darah yang harusnya diperuntukkan untuk kesembuhan seseorang malah menjadi sebaliknya.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *