Polresta Medan Jadi Polrestabes Medan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting
Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting

Polresta Medan kini berganti status jadi Polrestabes Medan atau Polres Metro. Peningkatan status ini sejak 23 September 2016 dan berlaku juga pada 500 Polres lainnya di Indonesia.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting membantah bahwa peningkatan status menjadi Polrestabes Medan ditenggarai karena tingkat kriminalitas yang tak ada habisnya di ibukota Provinsi Sumut ini.

Read More

Menurut Rina, peningkatan status ke Polrestabes itu lantaran Kota Medan termasuk kota besar. “Kalau tetap Polresta, tetap segitu saja personelnya. Tidak ada penambahan. Jadi ke Polrestabes ini, jumlah personel lebih banyak,” kata Rina, Minggu (25/9/2016).

Namun Rina mengaku tak ingat penambahan jumlah personel tersebut. Dia menjelaskan, peningkatan status ke Polrestabes ini berdasarkan Surat Keputusan (Skep) Kapolri Nomor Kep 960/IX/2016 tentang peningkatan Polresta ke Polrestabes.

Menurut dia, jumlah penambahan personel akan dilakukan dan Polda Sumut sejauh ini tengah menyusun daftar susunan personel. Itu dilakukan berdasarkan Peraturan Kapolri No 23/2010 tentang susunan organisasi tata kerja pada tingkat Polres dan Polsek.

“Jadi, Tipilogi naik dari Polresta ke Polrestabes itu akan diikuti dengan jumlah personel dan pangkat,” tambah Rina.

Menurut Rina, Polrestabes masih tetap dipimpin oleh Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto. Sementara, untuk jabatan Kepala Satuan, mulai dari Reserse Kriminal, Reserse Narkoba, Intelkam, Lalu Lintas hingga Sabhara, akan diisi oleh pejabat yang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). “Pengisian personel itu kewenangan Pak Kapolda,” ujarnya.

Disoal penambahan Polsek, sebut Rina, itu akan dilakukan secara bertahap. Rina membenarkan, jika sudah Polrestabes Medan, sejatinya 1 kecamatan dipegang oleh 1 polsek.

Sementara, pengamat hukum, Teguh Syuhada Lubis mengingatkan, agar polisi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Soalnya, Polresta Medan sudah naik menjadi Polrestabes. Selain itu, tindak kriminalitas juga harus berkurang.

“Peningkatan status ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan. Sebab, Kota Medan ini penuh dengan kompleksitas masalah, baik tingkat kriminal jalanan dan lainnya. Jangan hanya perubahan status tapi tak dibarengi dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Teguh.***(CM-Ist/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *